Cara Membuat Arang Batok Kelapa Berkualitas

Posted on
Cara Membuat Arang Batok Kelapa Berkualitas
5 (100%) 8 votes

cara membuat arang batok

Cara Membuat Arang Batok Kelapa – Arang sangat sering kita jumpai dimanapun, ditempat jual jagung bakar, sate, ayam bakar, dan hal lain – lainnya yang masih berhubungan dengan bakar membakar.

Jika bicara tentang arang, arang banyak sekali jenis bahan asalnya, ada yang dari kayu dari tempurung / batok kelapa. Nah di artikel ini Joann akan membahas arang yang bahan dasarnya dari batok / tempurung kelapa.

Kedengaranya mudah ya membuat arang itu apalagi membuatnya dari batok kelapa, tapi kenyataannya untuk menghasilkan arang yang kualitasnya bagus tidak bisa sembarang asal jadi atau asal – asalan.

Arang batok / tempurung kelapa yang berkulitas memiliki daya ikat karbon yang tinggi dan kadar airnya yang rendah, sehingga dapat menghasilkan / membuat pembakaran yang sempurna. Ada beberapa cara untuk membuat arang batok / tempurung kelapa yang hasil dan kualitasnya bagus yaitu dengan cara :

  1. dengan menggunakan lubang,
  2. dengan menggunakan dapur pengarangan, dan
  3. dengan menggunakan drum / Kiln.

Di indonesia cara membuat arang ini banyak menggunakan cara drum sebagai alat untuk pembakaran. Karena harga drum terbilang murah dan juga efektif sebagai tempat pembakaran dan pembuatan arang.  Hanya dengan bermodalkan sebuah drum yang memiliki volume 200 L.

Untuk membuat arang batok kelapa terlebih dahulu batok kelapa yang akan dijadikan arang dan sudah dipilih dikeringkan terlebih dahulu dan dipotong atau dibelah kecil – kecil, sehingga proses pembkarannya cepat tanpa asap dan dapat memenuhi drum sampai merata.

Cara Membuat Arang Batok / Tempurung Kelapa dengan Menggunakan Lubang

  1. Buatlah lubang terlebih dahulu pada tanah yang kering, dalamnya kurang lebih 1- 2 meter, lebarnya 75, dan panjangnya 100 cm.
  2. Batu bata dimasukkan ke dasar lubang agar api dapat bertahan lama.
  3. Kemudian susun kayu yang sudah kering atau dikeringkan kemudian di bakar.
  4. Setelah api tersebut membesar, batok kelapa yang sudah dikeringkan dan dipotong atau dibelah kecil – kecil dimasukkan kedalam lubang hingga mencapai ¼ dari kedalaman lubang.
  5. Ketika tempurung atau batok yang dimasukkan kedalam lubang sudah terbakar semua, kemudian dikeluarkan dari lubang dan dimasukkan lagi batok kelapa yang baru.
  6. Cara diatas diulangi secara terus menerus hingga batok kelapa yang disiapkan habis.

Ketika sudah selesai proses pembuatannya, lubang yang dibuat ditutup dengan pelepah pisang atau kayu agar tidak terjadi hal – hal yang tidak diinginkan.

Baca juga:

  1. Cara Membuat Pupuk Kompos dari Daun Kering
  2. Cara Membuat Trichoderma Cair Sendiri
  3. Cara Membuat Briket dari Serbuk Kayu Gergaji

Cara Membuat Arang Batok Kelapa dengan Menggunakan Dapur pengarangan

Dapur pengarangan merupakan ruang pengarangan yang terbuat dari bahan campuran pasir, semen dan batu bata yang dibuat diatas tanah dan tutupnya terbuat dari plat besi atau dari seng.

  1. Buat lah dapur pengarangan atau lubang, kemudian diisi dengan batok kelapa hingga tingginya 30 cm, kemudian di bakar.
  2. Batok kelapa dimasukkan kembali sebanyak lapisan yang diatas jika lapisan di bagian atas sebelumnya sudah mulai terbakar.
  3. Ulangi cara pembakaran dan pengisian batok kelapa kedalam dapur pengaringan atau lubang secara terus – menerus hingga lubang tersebut terisi penuh.
  4. Kemudian, tutup lubang tersebut dengan rapat, bisa ditambahkan dengan tanah agar rapat.
  5. Ditengah – tengah lubang ditancapkan bambu atau balok kayu yang ukuran diameternya 15 hingga 20 cm secara tegak lurus.
  6. Cabutlah bambu atau balok kayu yang ditancapkan tadi sampai bagian tengah pada lubang membentuk lubang kecil.
  7. Kemudian siapkan daun atau sabut kelapa yang telah di basahi dengan minyak tanah dan sabut atau daun tersebut dimasukkan ke dalam tersebut hingga terbakar.
  8. Kemudian batok atau tempurung kelapa akan terbakar dari dasar ke atas.
  9. Jika semua balok atau bambu itu sudah terbakar maka dapur pengarangan atau lubang ditutup dengan rapat.
  10. Cara ini bisa berlangsung kurang lebih selama 5 sampai 7 hari.
  11. Tutup tetap harus dibuka kurang lebih 2 (dua) kali sehari agar asep yang didalam lubang keluar.

Cara Membuat Arang Batok Kelapa Menggunakan Drum

  1. Siapkan drum bekas yang volumenya 200 liter. Drum yang biasa digunakan adalah drum bekas bensin atau minyak tanah. Kemudian, dipotong bagian atasnya untuk dapat dibuka tutup dengan mudah. Tutup drum dilubangi sebesar 10 cm. Lubang ini akan dihubungkan dengan cerobong asap tingginya 30 cm.
  2. Tutup untuk cerobong bisa dibuat dari bahan seng yang bentuknya silinder setinggi 30 cm, dan cerobong tersebut ditempel dengan tutup drum.
  3. Kemudian buat lubang sebanyak 3 baris, yang dimana setiap barisnya ada 4 lubang berdiameter kurang lebih 13 mm yang jaraknya masing – masing 30 cm. Jadi jumlahnya 12 lubang.
  4. Masukkan hal – hal yang mudah terbakar seperti daun kering (pisang) atau kertas ke dasar drum. Kemudian, pada bagian tengah drum yang panjangnya 1 m dan diameternya 10 cm, diletakkan sebuah bambu atau kayu yang bentuknya tegak lurus.
  5. Setelah itu batok kelapa dapat dimasukkan kedalam drum hingga full atau penuh.
  6. Cabut batang kayu atau bambu secara perlahan-lahan hingga ditengah drum tersebut membentuk lubang.
  7. Tutup drum tersebut dan pasang cerobong asapnya.
  8. Lubang udara barisan paling bawah dibuka selama proses pembakaran dan lubang lainnya ditutup dengan tanah liat. Jika sudah terlihat bara merah dibagian bawah berarti proses pembakaran pada bagian bawah sudah selesai, kemudian ditutup.
  9. Ulangi cara nomor 8 hingga barisan paling atas. Pembakaran arang dikatakan selesai bila asap yang keluar melalui cerobong sudah tipis dan warnanya kebiruan dan semua lubang serta cerobong di tutup rapat. Pastikan udara tidak dapat masuk ke dalam drum dan agar tidak ada udara drum ditutup dengan tanah agar arang yang dibuat tidak jadi abu.
  10. Diamkan drum selama 6 jam atau sampai drum tersebut dingin. Setelah dingin, arang dikeluarkan dan dipisahkan antara arang mentah, arang dan abu.

Arang mentah yang dimaksud disini adalah batok kelapa yang belum sepenuhnya atau belum terbakar. Jika batok yang sudah menjadi arang warnanya akan berubah menjadi warna hitam mengkilap.

Arang juga bisa digunakan sebagai media tanam untuk tanaman seperti anggrek. Sebelum dimasukkan kedalam karung ada baiknya arang diayak terlebih dahulu agar abunya tidak ikut masuk.

Nah itulah tadi beberapa Cara Membuat Arang Batok Kelapa Berkualitas yang dapat Joann share di artikel kali ini. Semoga dapat bermanfaat buat kalian yang ingin mencoba peruntungan atau yang hanya ingin membuatnya tanpa harus membeli.  Sekian. Wassalamualaikum wr.wb.. Sayonaraa ^^)/

Kunjungi artikel terkait:

  1. Cara Membuat Bibit Bawang Merah
  2. Pupuk Untuk Pohon Mangga Agar Cepat Berbuah
  3. Cara Budidaya Jamur Tiram di Rumah
  4. Cara Menanam Melon Dari Biji
  5. Cara Menanam Daun Pandan Wangi

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *