Cara Mengolah Ginseng Jawa

Posted on

cara mengolah ginseng jawa

Nuansa.web.id | Cara Mengolah Ginseng Jawa – Mungkin anda mengira hanya Korea Selatan saja yang mempunyai  ginseng, tapi ternyata tidak demikian. Pada kenyataannya di negara kita Indonesia juga mempunyai  jenis ginseng lokal yang biasanya dikenal dengan sebutan ginseng jawa atau ada pula yang menyebutnya som  jawa. Lalu sebenarnya apakah ginseng jawa ini serupa dengan ginseng khas Korea ? 

Cara Mengolah Ginseng Jawa
5 (100%) 4 votes

Tahukah kamu ?

Meskipun keduanya dikenal dengan nama yang serupa, ternyata tanaman ginseng  Jawa dan ginseng Korea memiliki beberapa perbedaan. Ginseng Jawa memiliki nama ilmiah Talinum paniculatum, Gaertn. Sementara itu, ginseng Korea memiliki nama ilmiah Panax ginseng. Berbeda dengan ginseng Korea yang pertumbuhannya tergolong sangat lambat, ginseng Jawa dapat dipanen akarnya setelah  6-7 bulan sejak awal penanaman. 

Jika dilihat ginseng Jawa memiliki daun yang bertekstur licin, tebal atau agak berdaging. Sedangkan bagian batangnya berbentuk bulat tebal, dan mengeras pada bagian pangkalnya. Dan mempunyai bunga dengan mahkotanya yang berwarna pink agak keunguan.

Baca juga:

  1. Cara Mengolah Sarang Semut
  2. Manfaat Mangga Untuk Ibu Hamil
  3. Manfaat Buah Tin Untuk Kesehatan

Tanaman ini dapat tumbuh dengan ketinggian rata-rata sekitar 20 – 40 cm, atau dapat juga mencapai ketinggian 1 meter. Serta yang menjadikan tanaman ini akrab disebut dengan nama ginseng adalah tanaman ini memiliki akar yang berbentuk umbi yang menyerupai ginseng apada umumnya.

Pada dasarnya tanaman herbal yang satu ini memanglah masih berkerabat dengan ginseng dan juga memiliki beberapa kandungan nutrisi serta senyawa yang hampir serupa dengan ginseng pada umumnya. Walaupun tidak dapat dipungkiri bahwa kadarnya tidak setinggi jika dibandingkan dengan  jenis ginseng super seperti ginseng merah yang populer. Berikut ini akan di ulas mengenai kandungan serta manfaat dari ginseng Jawa.

Kandungan Serta Manfaat Dari Ginseng Jawa

Tidak kalah dari manfaat ginseng pada umumnya, ternyata ginseng jawa juga memiliki banyak khasiat yang bermanfaat bagi kesehatan tubuh manusia. Adapun kandungan – kandungannya adalah sebagai berikut:

  1. Senyawa Saponin, tannin dan alkaloid : Memiliki sifat anti inflamasi dan anti biotik yang dapat mencegah kerusakan hati akibat infeksi, menghambat pertumbuhan sel kanker, dan mengikat kolesterol. Saponin juga mempunyai efek antiradang, sedangkan tannin mempunyai sifat mendinginkan, mempunyai aktivitas biologis sebagai pengkhelat ion logam, agen penggumpal protein dan antioksidan. Saponin yang terkandung dalam daun dan akar ginseng jawa juga terbukti ampuh dalam melancarkan sirkulasi darah sehingga dapat membantu menstimulasi fungsi produksi ASI semakin lancar.
  2. Senyawa lain yaitu genosida : menstimulasi produksi hormon testosteron sehingga membantu kinerja sistem seksual. Kandungan genosida juga berperan dalam menstimulasi pembentukan hormon endorfin yang penting untuk mendorong mood untuk fokus, bersemangat dalam pekerjaan dan siap untuk bersaing.
  3. Kandungan panaksinol : membantu menstimulasi fungsi seksual, untuk mengatasi keluhan disfungsi ereksi dan keluhan seksual lain.
  4. Kandungan sterol : mendorong perbaikan sistem sirkulasi darah dan melancarkan aliran darah. Aliran darah akan membaik dan memudahkan masuknya darah menuju otak. Otak akan mendapatkan suplai oksigen memadai yang memiliki peran sangat besar untuk kemampuan berpikir, konsentrasi dan analisa.
  5. Senyawa serat dalam ginseng jawa : ampuh mengatasi sejumlah keluhan kesehatan pencernaan, sebagai anti inflamasi yang baik untuk mengatasi radang lambung sekaligus membantu menetralkan kadar asam lambung dan menormalkan produksi enzim dalam sistem pencernaan.
  6. Kandungan siklofosfamid : dapat membantu mengentaskan keluhan diabetes dengan cepat.
  7. Vitamin C yang tinggi yang ada dalam daun ginseng : untuk membantu proses regenerasi sel dan mendorong perbaikan sel rusak, termasuk sel kulit, sehingga mereka yang rutin mengkonsumsi daun ginseng jawa akan merasakan efek kulit yang lebih sehat.
  8. Steroid dan Minyak atsiri : Dapat meningkatkan nafsu makan.
  9. Flavonoid mempunyai fungsi sebagi antiinflamasi, antibakteri, antioksidan, antialergi, antivirus, antitutagenik, antineoplastik, antitrombosis, dan aktivitas vasodilatasi.
  10. Vitamin A: Baik untuk menjaga kesehatan mata.

Lalu setelah kita mengetahui kandungan serta manfaat dari ginseng Jawa, bagaimanakah caranya mengolah tanaman ini agar dapat kita konsumsi ? dibawaah ini akan di jelaskan bagaiaman caranya mengolah tanaman dengan baik dan benar.

Cara Mengolah Tanaman Ginseng Jawa

cara mengolah ginseng jawa untuk obat

Tidak hanya bagian akarnya saja, ternyata seluruh bagian tanaman ginseng jawa dapat kita konsumsi, batang hingga daunnya. Untuk mendapatkan khasiat dari ginseng jawa ini sebenarnya tidaklah terlalu sulit tergantung dari penggunaan tanaman ini apakah untuk penyakit dalam atau hanya sebagai pengobatan luar.

Jika untuk penyakit dalam (termasuk untuk menambah stamina pria ataupun menambah nafsu makan dan melancarkan Asi) kita dapat:

  • Mengeringkan akar ginseng jawa lalu dihaluskan dan diseduh menjadi teh atau dapat juga mengolah bagian daunnya menjadi masakan seperti tumis, sayuran berkuah, dijadikan lalapan dan juga di rebus untuk diminum airnya.

Sementara untuk pengobatan bagian luar tubuh seperti luka, bisul, bengkak ataupun jerawat kita dapat:

  • Menggunakan bagian daun ginseng jawa dengan cara menghaluskannya dan mengaplikasikannya secara langsung pada area tubuh yang bermasalah.

Hal yang penting untuk diperhatikan dalam penggunaan Ginseng Jawa sebagai obat herbal tidak boleh dilakukan dengan sembarangan.

Terutama  dalam penggunaan bagian akar tanaman ini. Akar ginseng Jawa mempunyai sifat diuretik, yang dapat menyebabkan diare. Untuk menghilangkan sifat diuretiknya, Sebelum dikonsumdi harus dicuci dengan bersih, lalu dikukus selama 30 menit.

Setelah itu, keringkan, dan simpan dalam wadah kedap udara jika belum digunakan. Sedangkan untuk bagian daun perlu diwaspadai untuk tidak mengkonsumsinya secara berlebihan, karena dapat menyebabkan mual dan pusing akut.

Note

Demikianlah tadi informasi tentang Cara Mengolah Ginseng Jawa yang bisa kami berikan. Terimakasih atas kunjungannya. Jangan lupa share artikel ini supaya bisa bermanfaat juga bagi teman-teman kita. 🙂

Tinggalkan komentar sobat pada kolom yang sudah disediakan.

Kunjungi artikel terkait:

  1.  Cara Pemupukan Sengon
  2. Cara Memperbanyak Anakan Padi Ciherang
  3. Cara Pemupukan Padi Ciherang
  4. Pupuk Untuk Pohon Mangga Agar Cepat Berbuah
  5. Cara Membuat Pupuk Kompos dari Daun Kering

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *