3 Cara Mengkonsumsi Madu Untuk Kecantikan dan Bibir Kering

Posted on
3 Cara Mengkonsumsi Madu Untuk Kecantikan dan Bibir Kering
5 (100%) 11 votes

cara mengkonsumsi madu untuk kecantikan dan waktu yang tepat

Bagaimana Cara Mengkonsumsi Madu dengan Benar ? Meminum madu sangat bagus untuk kesehatan tubuh kita. Madu memiliki khasiat yang sangat banyak misalnya meningkatkan metabolisme tubuh, mengurangi risiko terkena serangan jantung, mencegah dan mengobati diabetes, sumber nutrisi yang lengkap, dan lain sebagainya.

Selain untuk kesehatan, madu juga memiliki manfaat untuk kecantikan seperti mengecilkan pori-pori wajah, menghaluskan wajah, membasmi jerawat serta menangkal radikal bebas. Oleh sebab itu madu banyak digunakan sebagai bahan pencampur produk perawatan kecantikan. Untuk dapat hasil yang baik harus menggunakan madu asli, banyak di daerah di Indonesia yang jual madu asli, sehingga tidak sulit untuk mendapatkannya.

Cara Mengkonsumsi Madu Menurut Dokter

Untuk mendapatkan manfaat madu secara maksimal, Dr dr Anna Khuzaimah selaku kepala dari Balai Kesehatan Tradisional Masyarakat (BKMT) memiliki tips untuk mengkonsumsinya.

Menurutnya, yang pertama dilakukan saat mengkonsumsi madu adalah dicampur dengan air hangat atau air dingin dahulu agar madu menjadi lebih mudah untuk dicerna oleh tubuh manusia. Jangan menggunakan air yang terlalu panas dan juga terlalu dingin.

Hal ini dikarenakan akan merusak beberapa kandungan pada madu walaupun tidak semua kandungan dan manfaat pada madu rusak. Campurkan satu sampai dua sendok madu ke dalam satu gelas air putih lalu aduk secara merata kemudian meminumnya.

“Jika orang mau menggunakan madu dengan dicampur-campur dengan tujuan untuk mendapatkan manisnya sebetulanya tetap boleh. Manfaat nutrisi dari madu tersebut yang bermanfaat bagi tubuh akan tetap ada, namun juga akan ada beberapa kandungan lainnya yang tidak dapat diserap dengan baik.

Jika ingin memperileh fungsi madu yang maksimal, maka sangat disarankan untuk mencampurnya dengan air putih,” jelas dr Anna seperti yang dikutip dari DetikHealth.

Cara Mengkonsumsi Madu untuk Kecantikan

Madu juga sangat bermanfaat bagi kecantikan. Madu memiliki khasiat untuk wajah dan bibir. Madu juga bermanfaat untuk kecantikan kulit. Bahan alami ini sudah dibuktikan sejumlah wanita. Syaratnya, harus rajin digunakan. Berikut ini sejumlah manfaat madu untuk kecantikan wajah dan bibir:

Memutihkan Kulit Wajah

Cara mengkonsumsi madu untuk memutihkan kulit wajah adalah :

  1. Caranya yaitu dengan mencampurkan satu sendok makan madu, oatmeal, almond dan teh air lemon ke dalam satu wadah.
  2. Setelah itu aduk campuran tersebut hingga merata.
  3. Setalah itu usapkan secara halus ke permukaan wajah dengan menggunakan jemari.
  4. Kemudian diamkan selama lebih kurang 10 menit. Hingga ramuan meresap ke permukaan kulit. K
  5. emudian basuh wajah dengan air hangat dan dikeringkan dengan handuk halus.

Menghilangkan Jerawat dan Noda Bekas Jerawat

Bekas jewarat juga bisa dihilangkan menggunakan madu. Caranya cukup sederhana yaitu:

  1. Dengan menyiapkan madu dalam kondisi hangat.
  2. Lalu oleskan pada bagian noda jerawat.
  3. Diamkan saja selama 2-3 jam.
  4. Setelah itu basuh dengan air hangat dan keringkan dengan handuk halus.
  5. Agar memperoleh hasil yang maksimal lakukan hal ini setiap hari.

Mengobati Bibir Kering

Cara konsumsi madu untuk mengobati bibir kering adalah:

  1. Siapkan satu sendok makan madu.
  2. Panaskan madu hingga berbusa.
  3. Usapkan madu hangat itu pada bagian bibir yang kering.
  4. Diamkan kurang lebih selama 20-30 menit, bilas bibir dengan air bersih.
  5. Lakukan perawatan ini secara rutin selama seminggu.

Waktu yang Tepat Meminum Madu

Adapun waktu yang dianjurkan untuk mengkonsumsi madu yaitu:

  1. Pagi Hari

Pada pagi hari, setelah bangun tidur. Dianjurkan meminum satu sdm madu dan air putih. Haal ini dikarenakan ketika kita bangun tidur, perut masih dalam keadaan kosong dan belum ada zat-zat kimiawi yang masuk ke dalam tubuh.

  1. Siang Hari

Saat siang hari. Boleh sebelum dan boleh juga sesudah makan. Akan tetapi harus ada jeda waktu minimal 30 menit. Hal ini dikarenakan terkadang kita tidak menyadari kandungan kimiawi yang terdapat dalam makanan yang kita makan. Hal sepele tersebut terkadang membuat 1 sdm madu yang telah dikonsumsi sebelum atau sesudah makan menjadi sia-sia. Oleh sebab itu, sangat penting untuk memperhatikan jeda makan ketika hendak mengkonsumsi madu.

  1. Malam Hari

Pada malam hari, sama seperti siang hari, mengkonsumsi madu dapat dilakukan sebelum atau sesudah makan dengan memperhatikan jeda waktu.

Akan lebih baik lagi jika mengkonsumsi madu ketika hendak tidur.  Caranya dengan mengkonsumsi madu 1 sdm dan mminum air putih. Hal ini dikarenakan saat kita tidur, metabplisme tubuh kita bekerja dan menyerap apa yang telah tubuh konsumsi selama satu hari tersebut.