Cara Mengolah Daun Kenikir Untuk Asam Urat

Posted on
Cara Mengolah Daun Kenikir Untuk Asam Urat
5 (100%) 5 votes

Cara Mengolah Daun Kenikir Untuk Asam Urat

Nuansa.web.idCara Mengolah Daun Kenikir Untuk Asam Urat | Asam urat merupakan penyakit yang menimbulkan rasa nyeri pada persendian. Gejala nyeri yang biasanya disertai dengan pembengkakan pada penyakit asam urat diakibatkan oleh tusukan kristal-kristal tajam yang terbentuk di persendian karena adanya  penumpukan zat asam urat.

Penyakit ini dapat terjadi pada semua persendian tetapi biasanya lebih sering dirasakan pada bagian jari tangan, pergelangan kaki, jari kaki, dan lutut.

Tahukah kamu ?

“Beberapa jenis makanan yang dapat meningkatkan kadar asam urat diantaranya adalah jeroan, daging merah, dan makanan laut. Untuk itu biasanya penderita asam urat dianjurkan untuk mengurangi makanan tersebut.

Selain itu, seseorang yang sering mengonsumsi minuman beralkohol, penderita obesitas, diabetes, hipertensi, atau penyakit ginjal kronik juga mempunyai resiko tinggi untuk terkena penyakit ini.” 

Lihat juga: 18 Makanan Untuk Penderita Asam Urat dan Kolesterol

Jenis pengobatan yang pada umunya dilakukan adalah mengonsumsi obat-obatan yang dapat meringankan gejala asam urat dan mencegah kambuhnya gejala-gejala tersebut.

Ada banyak cara untuk mengobati asam urat. Namun saat ini orang-orang cenderung lebih memilih pengobatan dengan herbal. Salah satu obat herbal yang dapat dimanfaatkan untuk menurunkan kadar asam urat adalah daun kenikir. Berikut penjelasan mengenai daun kenikir untuk obat asam urat.

Daun Kenikir Untuk Mengobati Penyakit Asam Urat

Daun kenikir atau dikenal juga dengan sebutan daun raja merupakan jenis sayuran yang sering dikonsumsi dalam berbagai olahan makanan seperti dijadikan lalapan, sebagai bahan campuran membuat urap, diolah menjadi sayur santan, dan masih banyak lagi.

Tidak hanya dikonsumsi sebagai makanan sehari-hari, ternyata dedaunan ini memiliki banyak manfaat bagi kesehatan salah satunya untuk mengatasi penyakit asam urat.

Daun kenikir dikenal kaya akan antioksidan serta beragam nutrisi dan senyawa penting lainnya yang dapat berguna untuk memelihara kesehatan tubuh dan mengatasi berbagai penyakit. Berikut akan dijelaskan mengenai kandungan dan manfaat daun kenikir.

Baca juga;

  1. Cara Mengolah Daun Kelor untuk Kolestrol
  2. Manfaat Buah Sirsak Untuk Kolesterol dan Kesehatan
  3. Cara Mengolah Ginseng Jawa

Kandungan Daun Kenikir

Berikut adalah kandungan daun kenikir, diantaranya :

  1. Saponin
  2. Flavonoid
  3. Terpenoid
  4. Mineral Polifenol
  5. Kalsium
  6. Kuersetin
  7. Hidroksieugenol
  8. Tokoferol
  9. Dan lain-lain

Manfaat Daun Kenikir Untuk Asam Urat

  1. Mencegah Peradangan

Manfaat daun kenikir untuk asam urat yang pertama adalah dapat mencegah terjadinya peradangan pada sendi sehingga penderita asam urat terhindar dari rasa nyeri dan sakit. Meskipun demikian penderita asam urat tetap harus menjaga pola makannya dengan menghindari makanan-makanan yang kandungan purinnya tinggi. Makanan yang mengandung purin tinggi dapat memicu terjadinya peradangan pada sendi.

  1. Menurunkan Kadar Purin

Manfaat daun kenikir untuk asam urat berikutnya adalah dapat membantu menurunkan kadar purin dalam tubuh sehingga dapat membuat kondisi penderita asam urat berangsur membaik.

Walaupun demikian hal ini tidak dapat terlihat manfaatnya secara cepat, namun apabila ramuan daun kenikir  dikonsumsi secara rutin dapat membantu menurunkan kadar purin secara bertahap. Kenikir akan bekerja seperti suplemen penurun asam urat yang akan mengurangi gejala sedikit demi sedikit.

  1. Menguatkan Persendian

Manfaat lain daun kenikir untuk asam urat yaitu mengatasi masalah-masalah pada persendian dan menguatkan persendian. Seperti yang telah diketahui penderita asam urat mengalami masalah dengan persendian yakni sering terasa sangat nyeri ketika asam urat kambuh.

Persendian akibat asam urat dan juga tulang yang dekat dengan persendian akan mudah rusak dan terganggu karena asam urat. Dengan mengonsumsi daun kenikir secara rutin dapat membantu mengatasi masalah yang terjadi pada persendian sehingga sendi akan berangasur membaik dan sehat.

Setelah mengetahui beberapa manfaat yang ada dalam daun kenikir, selanjutnya akan kami paparkan mengenai cara mengolah daun kenikir sebagai obat asam urat. Berikut pemparannya:

Cara Mengolah Daun Kenikir Sebagai Obat Asam Urat

Untuk mengolah daun kenikir sebagai obat asam urat, anda dapat mengikuti beberapa langkah berikut ini:

  1. Merebus Daun Kenikir

Cara pertama yang dapat dilakukan adalah dengan merebus daun kenikir dan meminum air rebusannya. Langkahnya sebagai berikut :

  1. Siapkan daun kenikir sebanyak 5 – 7 lembar. Pilihlah daun yang masih muda dan segar.
  2. Cucilah daun kenikir tersebut sampai bersih
  3. Kemudian Anda bisa merebus daunnya dengan 2 – 3 gelas air, lalu tunggu hingga mendidih
  4. Jika sudah mendidih, tiriskan daun dengan airnya. (Boleh ditambahkan madu jika ada)
  5. Setelah itu tunggu sampai dingin baru Anda bisa mengkonsumsinya.

Apabila Anda sedang melakukan diet purin mengonsumsi daun kenikir juga sangat baik untuk dilakukan. Anda bisa mengkonsumsi air rebusan daun kenikir sebelum makan untuk menetralkan zat purin yang ada dalam makanan tersebut, Anda dapat mengatur waktu sampai kapan akan mengkonsumsi daun kenikir. Jika Anda tidak yakin, Anda dapat berkonsultasi pada dokter terlebih dahulu apakah diperbolehkan atau tidak untuk mengkonsumsi kenikir saat sedang menggunakan obat medis.

  1. Membuat obat oles

Selanjutnya adalah membuat daun kenikir menjadi obat oles untuk asam urat  yang mengalami peradangan. Langkahnya adalah sebagai berikut :

  1. Pilihlah daun kenikir yang masih mudah dan bagus
  2. Cuci sampai bersih
  3. Kemudian tumbuk sampai tesktur nya sangat lembut
  4. Kemudian oleskan pada bagian yang terserang radang agar rasa nyeri nya berkurang.
Note

Demikianlah tadi informasi tentang Cara Mengolah Daun Kenikir Untuk Asam Urat yang bisa kami berikan. Terimakasih atas kunjungannya. Jangan lupa share artikel ini supaya bisa bermanfaat juga bagi teman-teman kita. 🙂

Tinggalkan komentar sobat pada kolom yang sudah disediakan.

Kunjungi artikel terkait:

  1. Cara Mengolah Buah Zuriat
  2. Manfaat Buah Sirsak Untuk Kolesterol dan Kesehatan
  3. Manfaat Mangga Untuk Ibu Hamil
  4. Manfaat Buah Tin Untuk Kesehatan
  5. [Fakta] Manfaat Jus Melon Untuk Kesehatan dan Kecantikan

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *