Cara Mengolah Keladi Tikus

Posted on
Cara Mengolah Keladi Tikus
5 (100%) 9 votes

cara mengolah keladi tikus

Cara Mengolah Keladi Tikus – Tanaman keladi tikus adalah tanaman yang dapat tumbuh diketinggian 1000 mdpl. Tanaman yang memiliki nama latin Typhonium flagelliforme memiliki banyak manfaat, seperti bisa menjadi obat penyakit kanker

Tentang Keladi Tikus

Tanaman keladi tikus memiliki ciri – ciri tersendiri bagi agan – agan semua yang penasaran akan bagaimana bentuk dari tanaman ini seperti apa. Berikut ciri – cirinya :

  1. Tanaman ini memiliki daun yang sangat lonjong dengan ujung daunnya yang meruncing tajam dan panjangnya hanya berkisar 16 – 17 cm.
  2. Berdaun tunggal berwarna hijau dan tersusun rapih di sekitar roset. (Seperti daun talas).
  3. Kelopak pada bunga berbentuk lonjong dan warnanya kuning. Untuk panjang bunganya adalah 4 – 8 cm. Ujung bunga mempunyai bentuk seperti ekor tikus.
  4. Jika anda menyentuh tanaman ini secara langsung tanpa pengaman apapun maka akan menimbulkan efek gatal.

Tanaman keladi tikus banyak diolah menjadi berbagai makanan, seperti jus, keripik, kapsul dan obat herbal alami lainnya. Kali ini Joann akan membahas bagaimana cara mengolah tanaman keladi tikus.

Tanaman keladi tikus akan sangat banyak ditemukan pada musim penghujan. Jika dalam mengumpulkan daun keladi tikus dalam keadaan segar maka dosis dapat dikurangi hingga 30 gr / pembuatan.

Zat penyembuh banyak ditemukan di umbinya dari pada di daunnya. Bila yang akan kalian gunakan adalah keladi tikus yang sudah kering, hindari pemakaian untuk daun yang sudah dikeringkan.

Cukup ambil umbinya saja. Karena keefektifan daun keladi tikus yang telah dikeringkan sudah mengurang dan rendah dalam pengobatan kanker.

Baca juga:

  1. Cara Mengolah Kunyit Putih
  2. Cara Mengolah Daun Kenikir Untuk Asam Urat
  3. Cara Mengolah Daun Kelor untuk Kolestrol

Air Peras / Jus Keladi Tikus

cara mengolah keladii tikus untuk obat

Cara membuat jus keladi tikus adalah berikut :

  1. Ambillah tanaman Keladi Tikus yang masih segar sebanyak 50 gr sampai akar – akarnya.
  2. Pilihlah bagian yang dapat dimanfaatkan dan buang yang tidak diperlukan, seperti daun – daun yang sudah usang, menguning, membusuknya ujung umbi, dll.
  3. Cuci dengan air yang mengalir sampai bersih.

Setelah selesai memilih tanaman yang akan dijadikan jus, maka lanjut ke tahap selanjutnya..

  1. Tumbuklah daun – daun yang sudah dipilih tadi dengan lumpang batu hingga lembut atau betul – betul lumat. Ingat, untuk menghindari pemakaian alat yang terbuat dari metal terutama yang mudah berkarat seperti alumunium.
  2. Berikan air secukupnya.
  3. Kemudian, peras dan saring
  4. Jus / air Keladi Tikus sudah siap untuk diminum.

Dosis Konsumsi Keladi Tikus

Selalu perhatikan dosis, jika untuk menyembuhan penyakit kanker, jangan berlebihan dalam mengkonsumsinya dan harus selalu dengan takaran atau dosis yang telah ada, seperti :

  1. 3 x sehari dengan 50 gr tanaman keladi dan diminum setiap pagi, siang, sore / malam dengan kurun waktu yang konsisten.
  2. Minumlah air atau jus tadi ½ jam sebelum makan. Bagi yang mempunyai gangguan atau penyakit  maag maka  diminum ½ jam setelah makan.
  3. Bagi wanita hamil yang kandungannya kurang dari 4 bulan dilarang minum Jus / air perasan Keladi Tikus.

Manfaat Keladi Tikus

  1. Menurut penelitian yang dilakukan oleh Setyo Nurwaini dan kawan – kawan yang merupakan mahasiswa Fakultas Farmasi Universitas Muhamaddiyah Surakarta (UMS), menyatakan bahwa kandungan berupa antiradikal berperan sangan penting untuk mengurangi resiko terkena penyakit degeratif seperti kanker, diabetes melitus, dan jantung.
  2. Meningkatkan sistem untuk kekebalan tubuh agar tidak mudah terserang dan tertular penyakit.
  3. Kandungan anti implasi pada keladi tikus berfungsi untuk mengobati pembengkakan yang terjadi pada kulit.
  4. Melawan tumbuh dan berkembangnya sel kanker pada tubuh, karena adanya kandungan ribosome inacting protein pada tanaman keladi tikus.
  5. Melancarkan sirkulasi darah dalam tubuh.
  6. Akar tanaman keladi tikus berkhasiat untuk melegakan tenggorokan karena sakit batuk.
  7. Mengurangi efek samping dari kemoterapi.

Efek Samping Perasan Keladi Tikus

Akan ada efek samping bagi yang akan mengkonsumsi air perasan atau jus keladi tikus, seperti terasa sedikit gatal di bagian tenggorokan. Untuk menanggulangi / menangani gatal ini bisa dengan menelan gula atau madu. Bagi yang menderita penyakit diabetes disarankan untuk menelan garam sebagai penawar rasa gatal.

  • Jus / air perasan Keladi Tikus tidak boleh disimpan hingga lebih dari 3 jam lamanya. Kenapa? Karena air tersebut akan mudah teroksidasi sampai akan rusak.
  • Untuk itu sangat tidak disarankan / dianjurkan membuat Jus / air perasan Keladi Tikus dengan skala banyak yang bertujuan untuk diminum beberapa kali, tetapi buatlah air perasan / jus tersebut hanya untuk sekali minum.
  • Pemberian air panas dalam pembuatan Jus / air perasan bisa mengurangi rasa gatal lohh. Tetapi perlu diingat bahwa jangan merebus tanaman Keladi Tikus karena akan mengurangi khasiatnya sehingga air / jus dari keladi tikus tidak manjur atau mujarab lagi.
Note

Demikianlah tadi informasi tentang Cara Mengolah Keladi Tikus  yang bisa kami berikan. Terimakasih atas kunjungannya. Jangan lupa share artikel ini supaya bisa bermanfaat juga bagi teman-teman kita. 🙂

Tinggalkan komentar sobat pada kolom yang sudah disediakan.

Artikel terkait: 

  1. Cara Membuat Teh Jahe
  2. Cara Membuat Teh Serai
  3. Cara Pemupukan Jagung
  4. Cara Mengolah Sarang Semut
  5. Manfaat Mangga Untuk Ibu Hamil