18 Makanan Untuk Penderita Asam Urat dan Kolesterol

Posted on
18 Makanan Untuk Penderita Asam Urat dan Kolesterol
5 (100%) 14 votes

makanan untuk penderita asam urat

Nuansa.web.id – Seorang penderita asam urat, harus sangat memperhatikan anjurkan konsumsi makanannya. Jangan sampai makanan yang dikonsumsi sehari-hari mengandung purin atau kadar asam urat (uric acid) yang jika menumpuk akan membuat otot-otot menjadi pegal dan kaku dan mengakibatkan nyeri yang hebat.

Saat makanan tinggi purin dikonsumsi, asam urat akan mengkristal dan menumpuk di persendian kita sehingga rawan terjadi inflamasi (peradangan) atau pembengkakan yang menjadi gejala asam urat.

Informasi makanan dan sayuran bagi penderita asam urat adalah himbauan supaya tidak berlebihan dalam menyantap makanan yang sebaiknya di hindari, dan perbanyaklah makanan yang dianjurkan.

Makanan Yang Harus Di Hindari

Bagi penderita asam urat sebaiknya menghindari daftar makanan yang tinggi purin seperti

  1. Olahan daging atau jeroan. Daging seperti daging sapi, daging kambing, daging domba atau babi. Jeroan seperti hati, ginjal dan otak.
  2. Olahan kepiting, bebek & jamur.
  3. Teri, sarden, mackerel dan paling penting jauhi kerang.
  4. Saus gravy &
  5. Bir

Lihat juga: Manfaat Buah Sirsak Untuk Kolesterol dan Kesehatan

Yang termasuk kategori makanan sedang kandungan purin :

  1. Ikan dan seafood
  2. Gandum dan oatmeal.

Yang termasuk kategori makanan rendah kandungan purin:

  1. Selai kacang dan kacang-kacangan.
  2. Mentega, keju dan telur.
  3. Minuman manis yang kaya kandungan gula.
  4. Minuman berkarbonasi.
  5. Coklat dan kakao.

Buah dan Sayur yang dianjurkan untuk penderita asam urat

  1. Tomat

Manfaat tomat untuk asam urat adalah membantu menghaluskan asam urat yang mengkristal pada sendi yang menjadi penyebab rasa nyeri.  Tomat yang dikonsumsi secara rutin akan mencegah peradangan sendi atau risiko asam urat yang lain.

  1. Daun seledri

Daun seledri membantu ginjal untuk mengeluarkan asam urat dalam darah. Seledri juga dapat melawan infeksi asam urat di persendian.

Daun seledri bisa anda konsumsi dengan dibuat jus, sup atau sebagai garnish makanan favorit.

Gizi Daun seledri sendiri diantaranya mengandung:

  • Vitamin B1
  • Vitamin A
  • Chlorine
  • Potassium
  • Asam folat
  • Inositol
  • Esensial

Kandungan diatas juga dapat mencegah resiko penyakit asam urat.

Lihat juga: Manfaat Jus Melon Untuk Kesehatan dan Kecantikan

  1. Brokoli

Manfaat brokoli adalah menurunkan kadar kolesterol pada tubuh manusia. Gizi brokoli mengandung kromium, potasium dan vitamin C sangat baik di konsumsi bagi penderita asam urat.

  1. Timun

Timun mengandung sedikit purin. Timun juga mempunyai efek diuretik yang bermanfaat untuk merangsang ginjal menghasilkan banyak urine. Nah manfaat ini lah yang bisa mengurangi resiko batu ginjal. Sehingga dengan mengkonsumsi timun secara rutin, kita dapat terhindar dari asam urat. (Baca: Cara Membuat Masker Mentimun )

  1. Kentang

Kentang mengandung zat anti radang (pottasium) dan vitamin B6 yang bermanfaat meringankan nyeri akibat pembengkakan pada asam urat.

Makanan ini sering dijadikan sajian khusus bagi penderita asam urat. Misalnya untuk menu makan, atau sekedar untuk sajian pagi hari.

Kentang juga rendah lemak, sehingga bisa menurunkan kolesterol dan efektif jika dikonsumsi untuk menjaga pola makan.

Lihat juga: Manfaat Teh Rosella

  1. Wortel

Selama ini wortel sangat dikenal untuk menjaga kesehatan mata bukan ? siapa sangka buah warna jingga ini jika dikonsumsi secara rutin bisa menurunkan kolesterol sehingga bisa mencegah resiko asam urat.

Sekedar informasi, wortel mengandung vitamin K, magnesium, folat dan juga serat yang cukup.

Cara konsumsinya, cukup dibuat jus, di kukus atau sebagai campuran sup.

Panduan konsumsi makanan bagi penderita asam urat

Setelah kita mengetahui seputar makanan yang dianjurkan, selanjutnya mari kita bahas tentang cara yang baik dalam mengkonsumsi makanan.

  1. Hal pertama yang perlu di perhatikan adalah pastikan asupan cairan dalam tubuh cukup sehingga terhindar dari pembentukan kristal di sendi.
  2. Cukupi kebutuhan cairan anda dengan minum air minimal 2-3,5 liter per hari. Sesuaikan dengan berat badan dan aktivitas sehari-hari.
  3. Penuhi sumber karbohidrat kompleks dengan konsumsi kentang dan beras merah.
  4. Konsumsi produk susu rendah lemak.

Setelah pola makan kita perbaiki, perhatikan berat badan anda, sering lakukan olahraga secara rutin dan teratur karena obesitas menjadi salah satu faktor penyebab asam urat.

Artikel menarik lainnya:

  1. Manfaat Mangga Untuk Ibu Hamil
  2. Manfaat Buah Tin Untuk Kesehatan
  3. 10 Manfaat Buah Tin Untuk Ibu Hamil
  4. Manfaat Susu Kedelai untuk Kesehatan dan Ibu Hamil [Terbukti]
  5. Manfaat Pisang Ambon Bagi Kesehatan Tubuh