Manfaat Buah Tin Untuk Kesehatan

Posted on
Manfaat Buah Tin Untuk Kesehatan
5 (100%) 3 votes

manfaat buah tin untuk kesehatan

Nuansa.web.id – Manfaat buah tin | Buah tin terkenal sebagai buah super nutrition oleh para ahli karena, memiliki kandungan nutrisi dalam bentuk vitamin ataupun mineral yang cukup lengkap.

Namun sayangnya, di Indonesia pada umumnya hanya dijadikan sebagai oleh-oleh ibadah haji dan umroh atau masih jarang dikonsumsi secara rutin.  Budidaya buah tin di Indonesia sendiri sebenarnya sudah banyak, namun harganya terbilang masih cukup mahal.

Sebuah studi yang dikutip dari California Fig-s Advisory, Nutritional value per 100 g (3.5 oz) buah tin adalah:

Energi250 kcal 1040 kJ
Karbohidrat63.87 g
Gula47.92 g
Riboflavin (Vit. B2)0.082 mg 5%
Dietary fiber (serat)9.8 g
Vitamin C1.2 mg 2%
Kalsium162 mg 16%
Magnesium68 mg 18%
Vitamin B60.106 mg 8%
Iron2.03 mg 16%
Fosfor67 mg 10%
Zinc0.55 mg 6%
Lemak0.93 g
Folat (Vit. B9)9 μg 2%
Protein3.30 g
Potassium680 mg 14%
Niacin (Vit. B3)0.619 mg 4%
Pantothenic acid (B5)0.434 mg 9%
Thiamine (Vit. B1)0.085 mg 7%

Manfaat Buah Tin Untuk Kesehatan dan Pengobatan

  1. Mengatasi hipertensi dan jantung koroner

Penyebab tekanan darah tinggi adalah akibat dari penyempitan pembuluh darah. Jika kondisi ini tidak di tangani secara serius, maka penyakit jantung coroner ini akan muncul.

Kandungan senyawa mineral alami seperti magnesium, fosfor, omega 3, omega 6, dan fenol dalam buah tin, bisa menurunkan tekanan darah tinggi dan mencegah munculnya penyakit jantung koroner.

Baca juga:

  1. Cara Makan Buah Tin (Segar Dan Kering
  2.  Cara Membuat Manisan Buah Tin
  3. Cara Menanam Buah Tin Dari Biji Di Dalam Pot
  1. Mencegah serangan jantung

Tahukah kamu ?

Cegah jantung mulai dari sekarang bisa dengan mengkonsumsi buah tin.

Informasi yang kami dapat, bahwa di seluruh dunia serangan jantung menjadi penyakit mematikan. Bahkan akibat penyakit tersebut, 1 orang meninggal dunia kurang dari satu menit. 

Mengapa bisa terkena serangan jantung ?

kadar natrium dalam tubuh cukup tinggi bisa menjadi penyebab penyempitan pembuluh dan plak. Dampaknya adalah kinerja jantung semakin berat dalam mendistribusikan darah keseluruh tubuh.

Konsumsi buah tin minimal 1x sehari menurut pendapat para ahli bisa menurunkan resiko terkena serangan jantung mendadak. Sebabnya, buah tin mengandung kalium yang tinggi, senyawa ini yang bisa efektif menurunkan kadar natrium dalam tubuh. 

  1. Mencegah kanker mematikan

Kanker ada di urutan kedua setelah penyakit jantung dari jenis penyakit yang mematikan di dunia. Penyebabnya adalah radikal bebas yang paling disinyalir menjadi penyebab utama munculnya penyakit ini, namun tidak menutup kemungkinan juga terdapat faktor lain.

Beberapa jenis kanker yang tersebar di seluruh dunia, dan bisa di cegah pertumbuhannya dengan buah tin yaitu “kanker payu-dara, kanker serviks, kanker otak” Nuansa.web.id

Disamping itu, kandungan serat dalam buah tin juga dipercaya efektif mencegah kanker kolon (usus besar).

Sebenarnya apa yang dihasilkan dari radikal bebas ? radikal bebas bisa merusak jaringan sel kulit, sehingga dapat memicu aktifnya pertumbuhan sel yang tidak normal (sel kanker).

Dengan mengkonsumsi buah tin yang mengandung  polyphenol, sehinga bisa menjadi antioksidan untuk menangkal radikal bebas.

  1. Mencegah keropos tulang dan menguatkannya

Konsumsi buah tin secara rutin sangat baik untuk tulang. Dengan begitu, bisa mencegah datangnya penyakit tulang seperti penyakit osteoporosis.

Kalsium tinggi dalam buah tin bahkan disarankan oleh para ahli gizi dikarenakan bisa melebihi kandungan kalsium yang terdapat dalam susu.

Penyakit osteoporosis biasa mengenai seseorang dengan usia 30 tahun ke atas. Jadi sangat disarankan bagi seseorang dengan rentan usia tersebut perbanyak menambah asupan kalsium.

Bagaimana dengan usia muda (anak-anak) ? mengkonsumsi buah tin bisa membantu pertumbuhan tulang dan gigi secara optimal.

Manfaat Buah Tin Untuk Diet Sehat

Ada perbedaan cara memakan buah tin untuk menggemukkan badan dengan diet (menurunkan berat badan).

Bedanya adalah, jika sobat ingin menurunkan berat badan, silahkan konsumsi buah tin dan kombinasikan dengan susu.

Jika sobat ingin diet (menurunkan berat badan), sobat bisa mengkonsumsi jus buah tin saja tanpa ada tambahan susu.

Mengapa buah tin bisa dijadikan sousi diet ? menurut Dr. Oz, buah tin mengandung kandungan serat yang bisa mengikat lemak dalam tubuh dan membuangnya melalui sistem pencernaan.

Untuk mendapatkan hasil diet yang maksimal, silahkan terapkan konsumsi buah tin secara rutin dan olahraga yang rutin pula.

Manfaat Buah Tin Khusus Untuk Pria dan Wanita

  1. Mencegah kanker prostat

Bagi wanita dewasa kurun usia 30 tahun sangat rawan terserang kanker prostat. Oleh karena itu, mengkonsumsi buah tin bisa menjadi solusi efektif untuk mencegah munculnya penyakit tersebut.

Pasalnya, buah tin mengandung senyawa coumarins. Senyawa ini diyakini bisa membantu sobat dalam upaya pencegahan penyakit kanker prostat di usia lebih dari 30 tahun.

  1. Meningkatkan kekuatan pria ketika di ranjang

Kekuatan dan stamina selalu identik dengan seorang pria. Pada masalah ini, buah tin dipercaya mampu mengatasi kelemahan dalam stamina bagi seorang pria.

Boleh jadi, hasil dari terapi buah tin bisa menambah harmonis hubungan bagi suami istri. Tentunya dengan racikan yang pas seperti berikut ini:

  1. Ambil daging buah pada 2-3 buah tin yang masih segar.
  2. Rendam selama semalam daging buah segar tersebut dalam 1 gelas susu.
  3. Konsumsi ramuan herbal tersebut pada pagi harinya. Lakukan secara rutin selama satu bulan penuh.
  4. Silahkan rasakan hasilnya sendiri keperkasaan sobat.

Manfaat Buah Tin Untuk Kecantikan Secara Alami

  1. Merawat kesehatan dan kecantikan kulit

Tips merawat kecantikan dan kesehatan kulit adalah dengan mencegah radikal bebas yang bisa merusak sel-sel kulit.

Hal ini bisa dicegah dengan kandungan buah tin sebagai antioksidan yaitu coumarins. Selain mencegah kanker, kandungan ini juga mampu merawat kulit supaya tetap sehat.

Tak hanya merawat, kandungan vitamin C juga dapat mencerahkan kulit dan meregenerasi sel baru secara optimal.

Manfaat Buah Tin Untuk Ibu Hamil

  1. Baik untuk ibu sedang hamil dan baru saja melahirkan

Pertumbuhan janin dalam kandungan yang sehat dan selalu dinanti=nanti oleh setiap kaum istri, sangat lah penting di jaga. (Baca: 10 Manfaat Buah Tin Untuk Ibu Hamil)

Tentunya dengan asupan nutrisi vitamin dan mineral yang cukup. Hal ini ternyata bisa di temui pada buah tin.

Protein, serat, asam folat, kalsium dan berbagai mineral alami lainnya yang terdapat pada buah tin dipercaya dapat mengoptimalkan pertumbuhan janin dalam kandungan.

Terakhir, kandungan zat besi sangat baik bagi ibu setelah melahirkan. Sebab pada umumnya kekurangan banyak zat besi beserta darah yang keluar saat proses melahirkan.

Note

Demikianlah informasi tentang Manfaat buah tin untuk kesehatan yang bisa kami berikan. Terimakasih atas kunjungannya. Jangan lupa share artikel ini supaya bisa bermanfaat juga bagi teman-teman kita. 🙂

Artikel ini butuh kritik, saran dan tambahan dari sobat pembaca. Silahkan tinggalkan komentar sobat pada kolom yang sudah disediakan.

Kunjungi artikel terkait:

  1.  Cara Menanam Kentang Sendiri di Lahan Rumah yang Baik dan Benar
  2. Cara Mencangkok Pohon Jambu Air Yang Baik dan Benar
  3. Cara Menanam Kencur Yang Baik dan Benar
  4. Cara Menanam Alpukat dari Biji + Sambung Pucuk
  5. Cara Menanam Bunga Kertas Dengan Stek dan Pemangkasannya

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *