Cara Membuat Bibit Pisang

Posted on
Cara Membuat Bibit Pisang
5 (100%) 7 votes

cara membuat bibit pisang

Nuansa.web.id – Benih pisang memang bisa tumbuh secara alami di samping indukannya. Namun untuk mendapatkan bibit pisang yang unggul, petani biasa untuk membuat bibit pisang sendiri.

Cara Membuat Bibit Pisang Unggul

Pisang yang bisa dibuatkan bibit adalah jenis-jenis pisang pada umumnya seperti pisang raja, pisang kepok, pisang muli dan lainnya.

Cara Membuat Bibit Pisang Teknologi Kultur Jaringan

cara membuat bibit pisang kultur jaringan

Definisi kultur jaringan adalah teknik yang digunakan untuk mempertahankan atau menumbuhkan sel tanaman, jaringan atau organ di bawah kondisi steril pada medium kultur nutrisi yang diketahui komposisinya.

Singkatnya adalah supaya sebuah tanaman ini bisa memperbanyak diri dan menjadi tanaman yang utuh atau lengkap kembali. Teknik ini memanfaatkan prinsip perbanyakan tumbuhan secara vegetatif.

Namun, metode ini lebih banyak diterapkan oleh perusahaan besar, alasannya karena metode ini membutuhkan biaya yang tidak sedikit.

Biaya tersebut untuk membuat kondisi aseptik dalam botol kultur dengan medium dan kondisi tertentu (kultur in vitro). Juga membutuhkan banyak sekali varietas lokal.

Baca juga:

  1. Resep dan Cara Membut Keripik Pisang [Rasa Unik]
  2. Manfaat Pisang Ambon Bagi Kesehatan Tubuh
  3. Manfaat dan Khasiat Buah Manggis

Cara Membuat Bibit Pisang Dengan Anakan Pedang

bibit pisang unggul

Cara pembibitan pisang yang kedua adalah melalui anakan dengan cara, memisahkan anakan pisang dari induknya. Ini merupakan metode sederhana yang banyak dilakukan oleh masyarakat pada umumnya.

Langkah-langkah membuat bibit pisang dengan anakan adalah:

  1. Siapkan anakan pedang dengan ukuran tinggi 41-100 cm dan daun dengan bentuk pedang yang ujungnya runcing. Anakan rebung ukuran 20-40 cm masih kurang bagus jika ditanam secara langsung, pasalnya bonggol masih sangat lunak, sehingga mudah sekali kekurangan air. Bagaimana dengan anakan dewasa ukuran tinggi >100 cm ? Bibit ini terlalu berat dan tidak tahan dengan cekaman lingkungan karena daun yang sudah sempurna.
  2. Bibit anakan yang sudah dipisah, harus segera ditanam jika ingin terhindar dari serangan hama. Berikan air yang cukup supaya bibit tetap segar. **jika batang layu, coba tunggu beberapa hari karena bagian bonggol yang tertimbun tanah masih bisa tumbuh membuat bonggol baru.
  3. Silahkan potong 5 cm di atas leher bonggol dan pada saat di tanam di media (lahan) lain, pastikan leher bonggol tertimbun juga.

Cara Membuat Bibit Pisang dari Bonggol (Bit Anakan/Mini Bit)

bibit pisang dari anakan bit

Caranya adalah, siapkan anakan pisang dengan tinggi 40-150 cm (anakan pedang – anakan dewasa) atau yang sudah berdiameter 7-12 cm. Langkah membuat bibitnya adalah:

  1. Pisahkan anakan dari rumpun dengan linggis atau alat lain, yang penting bonggol tetap utuh.
  2. Bersihkan bonggol dari tanah yang menempel. Potong 1 cm di atas leher bonggol. Kemudian silahkan ambil pisau untuk mengorek dengan lebar dan dalam 3 cm pada titik tumbuh di pusat bonggol.
  3. Rendam selama 15 menit dengan air hangat suhu 55 C yang sudah dicampurkan dengan fungisida (dosis 2 gr/ltr air, lalu ditiriskan. Campurkan juga insektisida secukupnya untuk menghindari hama.
  4. Selanjutnya, semai bonggol di bedengan yang disusun secara sejajar, dan pastikan bagian titik tumbuh mengarah ke atas. Jarak semai bonggol pisang adalah 5 cm.
  5. Timbun dengan campuran tanah, pupuk kandang dan pasir setebal 5 cm selama 3-minggu atau sampai tunas tumbuh.
  6. Jaga kelembaban tanah dengan menyiram setiap hari.
  7. Jika tunas sudah tumbuh 1-2 lembar daun, angkat bonggol dari timbunan, kemudian belah searah dari atas bonggol hingga dasar, sebanyak tunas yang tumbuh.
  8. Semai tunas hasil belahan (bit) dalam polybag ukuran 20 cm x 30 cm dan letakkan di tempat naungan/teduh.
  9. Saat berumur 1 bulan, bibit siap di pindah ke tempat terbuka.
  10.  Pada umur 2 bulan, bibit siap ditanam.
  11.  Berikan pupuk 2 minggu sekali dengan komposisi: Urea 2 gr/lt air dengan cara dikocor.

Cara Membuat Bibit Pisang dari Bonggol yg Sudah di Panen

cara membuat bibit pisang dengan bonggol

Langkah membuat bibit pisang dari bonggol tanaman yang sudah dipanen adalah sebagai berikut:

  1. Angkat bonggol dari dalam tanah secara perlahan supaya mata tunas tidak rusak. Bersihkan dari tanah dan akar yang masih menempel.
  2. Potong bonggol dengan ukuran 10 cm x 10 cm sesuai dengan jumlah mata tunas.
  3. Rendam selama 15 menit dengan campuran air hangat (suhu 55 C) dan fungisida dengan dosis 2 gr/lt air, kemudian ditiriskan.
  4. Semai tunas hasil belahan (bit) dalam polybag ukuran 20 cm x 30 cm dan letakkan di tempat naungan/teduh.
  5. Saat berumur 1 bulan, bibit siap di pindah ke tempat terbuka.
  6. Pada umur 3-4 bulan, bibit siap ditanam.
  7. Berikan pupuk 2 minggu sekali dengan komposisi: Urea 2 gr/lt air dengan cara dikocor.
Note

Demikianlah tadi informasi tentang Cara Membuat Bibit Pisang  yang bisa kami berikan. Terimakasih atas kunjungannya. Jangan lupa share artikel ini supaya bisa bermanfaat juga bagi teman-teman kita. 🙂

Tinggalkan komentar sobat pada kolom yang sudah disediakan.

Kunjungi artikel terkait:

  1. Cara Membuat Teh Jahe
  2.  Cara Mengolah Daun Kelor untuk Kolestrol
  3.  Cara Membuat Teh Serai
  4.  Cara Memperbanyak Bunga Krisan
  5.  Cara Mengolah Ginseng Jawa
  6.  Cara Mengolah Buah Zuriat

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *