Cara Pemupukan Jagung

Posted on
Cara Pemupukan Jagung
4.9 (97.78%) 9 votes

cara pemupukan jagung agar cepat berbuah

Nuansa.web.id – Cara Pemupukan Jagung | Pada artikel kali ini, penulis akan membagikan informasi agar pembaca sekalian dapat membudidayakan jagung dengan baik, dan mengetahui cara pemupukan jagung mulai dari tahapan dan dosis yang dibutuhkan.

Jagung merupakan salah satu tanaman penghasil karbohidrat selain padi dan gandum. Karena kandungan karbohidratnya itu pula jagung dijadikan sebagai makanan pokok di beberapa daerah di Indonesia.

Tahukah kamu ?

Jenis-jenis jagung yang ada di kebanyakan pertanian diantaranya, jagung bisi 18, jagugn bisi 12, jagung manis, jagung pioneer, jagung manis talenta dan jagung p21.

Tidak hanya sebagai makanan pokok, jagung juga banyak diolah menjadi berbagai macam olahan seperti  minyak jagung, sebagai bahan dasar untuk membuat tepung maizena, bahan kosmetik, dan juga dijadikan sebagai pangan ternak. (Baca: Cara membuat pupuk kompos dari daun kering)

Sejak dahulu sudah banyak petani yang membudidayakan jagung, dalam budidaya jagung memang tidak memerlukan persyaratan yang khusus pada kondisi tanah. Namun untuk dapat tumbuh dengan baik dan mendapatkan hasil yang optimal tanaman jagung membutuhkan unsur hara yang cukup selama masa pertumbuhannya.

Oleh karena itu, pemupukan sangat dibutuhkan sebagai faktor penentu keberhasilan budidaya jagung untuk menyediakan semua unsur hara yang dibutuhkan.

Manfaat unsur hara bagi tanaman jagung 

  1. Nitrogen (N)
    1. Dapat membuat tanaman tumbuh lebih hijau dan segar
    2. Memicu pertumbuhan tanaman, baik tinggi tanaman, jumlah cabang atau jumlah anakan lebih cepat tumbuh
    3. Membuat kandungan protein hasil panen menjadi lebih meningkat
  2. Fosfor (P)
    1. Akar akan tumbuh dan terbentuk dengan baik
    2. Mempercepat pembentukan bunga serta masaknya buah dan biji
    3. Meningkatkan komponen hasil panen tanaman biji-bijian
    4. Meningkatkan kualitas benih dan bibit
  3. Kalium (K)
    1. Membuat tanaman tumbuh lebih tegak dan kokoh
    2. Daya tahan tanaman terhadap serangan hama, penyakit dan kekeringan menjadi lebih meningkat
    3. Pembentukan gula dan pati menjadi lebih meningkat
    4. Hasil panen menjadi lebih tahan selama pengangkutan dan penyimpanan.
  4. Sulfur (S)
    1. Meningkatkan kualitas hasil panen dengan memperbaiki warna, rasa, aroma, dan besar biji
    2. Membuat tanaman lebih hijau

cara pemupukan jagung

Metode pemupukan yang kita lakukan sangat berpengaruh untuk pertumbuhan dan panen jagung yang dihasilkan. Jika kita melakukan pemupukan yang tepat, maka panen yang dihasilkan akan optimal.

Beberapa hal yang perlu diperhatikan saat melakukan pemupukan adalah waktu, dosis, cara dan jenis pupuk yang digunakan.

Waktu Pemupukan Jagung Manis

Selain pemupukan dasar, untuk jenis tanah yang didominasi dengan tanah liat pemupukan kembali dilakukan sebanyak dua kali yaitu pada saat tanaman berumur 10 dan 35 hari setelah tanam (hst), sedangkan perlakuan untuk tanah yang didominasi pasir dilakukan tiga kali pemupukan yaitu pada tanaman berumur 7-10 hst, 28-30 hst dan 40-45 hst.

Pemupukan Dasar Jagung

Selain berguna untuk menjaga kesehatan, kesuburan, serta mempercepat pertumbuhan tanaman jagung, pemupukan dasar juga dilakukan sebagai upaya dalam mencukupi kebutuhan unsur hara yang diperlukan oleh tanaman jagung pada saat tanaman jagung dalam keadaan stress.

Nah, mengapa tanaman jagung bisa stress ? hal itu dikarenakan pada masa awal pertumbuhan atau pada saat tanaman masih berkecambah, jagung akan menggunakan nutrisi dari biji jagung.

Setelah beberapa hari nutrisi dari biji jagung ini akan habis dan kemudian akar mulai memainkan perannya dalam mencari makanan. Pada saat itulah terjadi proses adaptasi tanaman dengan lingkungan yang biasanya diiringi dengan stres pada tanaman.

Semakin lama stres yang dialami oleh tanaman, maka akan berpengaruh pada pertumbuhan tanaman yang menjadi terhambat. Disinilah pupuk dasar berfungsi sebagai penyedia nutrisi bagi tanaman. Agar dapat memperpendek masa stress tanaman tadi. Tanaman jagung yang nutrisinya tercukupi akan berpengaruh pada daya tahan tanaman yang meningkat.

Pemupukan diberikan dengan dosis : 75 kg urea, 500 kg petroganik, dan 150 kg phonska untuk tiap-tiap hektar. Pemberian pupuk ini dilakukan dengan cara ditugal di samping benih dalam baris tanaman dengan jarak 5 cm. Pupuk yang diberikan disamping masing-masing tanaman ini tujuannya agar menghindari terjadinya kompetisi antar tanaman. 

Pemupukan Susulan Jagung

Jenis Pupuk Jagung

Pada umumnya pupuk yang digunakan adalah pupuk tunggal yaitu Urea sebagai pupuk N (Nitrogen), SP-36 sebagai pupuk P (Fosfor) dan KCl sebagai pupuk K (Kalium). Karena sekarang pupuk tunggal KCl sudah tidak tersedia lagi dipasaran, maka untuk pupuk Kalium diambil dari pupuk majemuk NPK.

Dosis Pupuk

Untuk takaran pupuk tunggal per hektar yang umum digunakan adalah Urea sebanyak 350 kg + SP-36 sebanyak 200 kg + KCl sebanyak 100 kg. Sedangkan untuk takaran pupuk majemuk per hektar yang biasanya digunakan adalah NPK 15:15:15 sebanyak 400 kg + Urea sebanyak 270 kg + SP-36 sebanyak 80 kg.

Tabel 1. Takaran penggunaan pupuk tunggal

Jenis pupukTakaran Pupuk
(kg/ha
Takaran pupuk/umur tanaman (kg/ha)
7 – 10 hst28 – 30 hst40 – 45 hst
Urea350150200BWD
ZA5050
SP-36  200200
KCL1005050

Tabel 2. Takaran penggunaan pupuk majemuk NPK 15:15:15

Jenis pupukTakaran Pupuk
(kg/ha
Takaran pupuk/umur tanaman (kg/ha)
7 – 10 hst28 – 30 hst40 – 45 hst
NPK 15:15:15400150250
SP-3680
Urea270120150BWD

Cara pemupukan Jagung

  1. Pemberian pupuk dilakukan dengan cara ditugal di samping pangkal tanaman sedalam 5-10 cm, kemudian ditutup dengan tanah.
  2. Pada pemupukan ketiga (42 – 45 hst) pemberian pupuk dilakukan dengan cara membaca BWD (Bagan Warna Daun) untuk menentukan kebutuhan N (Nitrogen) tanaman atau jumlah pupuk urea yang dibutuhkan.

Caranya : tempelkan daun jagung teratas yang sudah terbuka dengan sempurna, lalu ukurlah tingkat kehijauan daun seperti pada gabar dibawah ini.

Nb : Waktu pembacaan yang baik adalah pada sore hari agar tidak terpengaruh oleh cahaya matahari.

Note

Demikianlah tadi informasi tentang Cara Pemupukan Jagung yang bisa kami berikan. Terimakasih atas kunjungannya. Jangan lupa share artikel ini supaya bisa bermanfaat juga bagi teman-teman kita. 🙂

Tinggalkan komentar sobat pada kolom yang sudah disediakan.

Kunjungi artikel terkait :

  1. Cara Membuat Trichoderma Cair Sendiri
  2. 10 Manfaat Buah Tin Untuk Ibu Hamil
  3. Cara Menanam Cabe Rawit dari Biji secara Organik
  4. Cara Makan Buah Tin (Segar Dan Kering)
  5. Cara Membuat Manisan Buah Tin

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *