Cara Membuat Teh Jahe

Posted on
Cara Membuat Teh Jahe
5 (100%) 4 votes

cara membuat teh jahe

Nuansa.web.id | Cara Membuat Teh Jahe – Assalamu’alaikum wr.wb sahabat pembaca, bagaimana kabarnya hari ini ? Semoga semua sahabat pembaca dalam keadaan sehat dan setia membaca artikel Eva ya.

Ada beberapa hal yang menenangkan, beraroma dan lezat seperti secangkir teh jahe panas. Sering digunakan sebagai obat cepat untuk menenangkan perut dan mengurangi gangguan pencernaan, manfaat teh jahe segar mampu untuk mengobati mual.

Bahkan, penelitian menunjukkan bahwa jahe dapat meningkatkan pembakaran lemak, meredakan peradangan dan bahkan mengontrol kolesterol dan gula darah. Ada juga teh herbal lain yang tak kalah manfaat seperti teh daun tin untuk kesehatan dan teh daun kelor untuk kolesterol.

Jahe sering kali kita temukan sebagai salah satu bumbu dapur ibu rumah tangga, jadi dengan begitu kapan pun kita akan membuat teh jahe tidaklah menjadi masalah asalkan kita mengetahui cara-cara pembuatan teh jahe tersebut.

Tahukah kamu ?

Jahe memiliki nama ilmiah Zingiber officinale yang diberikan oleh ilmuwan bernama William Roxburgh. Jahe merupakan tanaman rimpang yang sering digunakan sebagai rempah-rempah dan juga sebagai bahan obat tradisional.

Rimpangnya ini berbentuk jemari yang menggembung di ruas-ruas tengah. Jahe juga memiliki rasa pedas karena mengandung senyawa keton zingeron. 

Cara Pembuatan Teh Jahe 

Cara membuat teh jahe sangat mudah, bahan-bahan yang dibutuhkan adalah:

  1. 4-6 irisan jahe mentah yang tipis
  2. 1,5-2 gelas air mineral
  3. Sebagai tambahan yaitu air perasan lemon secukupnya
  4. 1-2 sendok makan madu murni

Proses membuat teh jahe dengan cara berikut ini:

  1. Kupas dan cucilah sampai jahe bersih
  2. Kemudian, irislah jahe dengan tipis
  3. Didihkan 1,5 gelas air dalam panci
  4. Tambahkan jahe yang diiris tadi ke dalam air mendidih
  5. Selanjutnya tutup panci dan biarkan mendidih selama 10 menit
  6. Setelah itu, saring rebusan jahe tersebut ke dalam gelas
  7. Peras sedikit lemon sesuai selera masing-masing
  8. Tambahkan 1 sampai 2 sendok makan madu murni
  9. Finally, aduk dan nikmatilah teh jahe tersebut

Jika ingin meminum dingin-dingin, taruhlah teh jahe tersebut ke dalam kulkas selama kurang lebih 30 menit. Kemudian, tambahkan es batu secukupnya pada saat sebelum di minum.

Sahabat pembaca, selain eva bagikan informasi tentang cara pembuatan teh dengan jahe, akan Eva sajikan juga manfaat teh jahe untuk tubuh kita.

Jangan lewatkan:

  1. Cara Mengolah Ginseng Jawa
  2. Cara Membuat Teh Serai
  3. Cara Mengolah Sarang Semut

Manfaat Teh Jahe

manfaat teh jahe

Ada 7 manfaat yang kita dapatkan jika rutin mengkonsumsi teh jahe, diantaranya:

  1. Melancarkan sirkulasi darah

Dengan meminum teh jahe dapat membantu melancarkan peredaran darah kita untuk menjaga agar kesehatan tetap optimal. Selain itu, jahe juga mengandug senyawa seperti gingerol dan zingerone yang memiliki efek menghangatkan bagi tubuh, sehingga sangat bagus untuk memperbaiki sirkulasi.

Sahabat pembaca, sirkulasi yang bagus di dalam tubuh dibutuhkan supaya nutrisi, mineral, dan oksigen dapat mencapai seluruh bagian tubuh.

Selain itu juga, sirkulasi yang lancar mendorong pertumbuhan sel serta fungsi dari organ-organ, seperti otak, jantung, hati, ginjal, dan anggota-anggota badan lainnya. Terakhir, jahe mengandung asam amino yang berguna dalam melancarkan peredaran yang pada akhirnya akan membantu mengurangi resiko untuk menderita gangguan jantung dan pembuluh darah.

  1. Meredakan rasa sakit kepala

Seperti yang disebutkan sebelumnya, jahe mengandung senyawa gingerol yang berkemampuan sebagai antiinflamasi alami. Kemampuan jahe sebagai anti-inflamasi dan aktioksidan pada jahe dapat membantu mengatasi rasa nyeri pada otot serta sendi.

Selain itu, minum jahe juga akan meringankan sakit kepala migrain ataupun sakit kepala biasa sebab jahe dapat membantu menghambat prostaglendin yang memicu rasa sakit dan peradangan pada pembuluh darah otak.

  1. Meringankan gejala menstruasi

Sahabat pembaca, khususnya para wanita meminum 1 – 2 gelas teh jahe dapat secara membantu meringankan kram menstruasi serta gejala-gejala lain yang berkaitan. Serta bagus untuk mengobati keluhan sindrom pra menstruasi (PMS).

Berdasarkan studi tahun 2014 yang dirilis pada jurnal ISRN Obstetrics and Gynecology, para peneliti mendapati bahwa jahe manjur mengurangi keparahan gejala-gejala PMS.

Sifat hangat alami dari teh jahe membantu meredam rasa sakit dan merilekskan otot-otot, sehingga akhirnya mengurangi kram menstruasi. Wanita yang haidnya tidak teratur atau yang mengalami menstruasi berat dapat mencoba rutin minum teh jahe untuk mengatasi masalah mereka.

  1. Meredakan mual dan gangguan perencanaan

Senyawa aktif seperti minyak volatile dan fenol di dalam rimpang jahe akan memengaruhi sistem saraf, lambung, dan usus kita lho sehingga dapat mengatasi rasa mual yang terjadi pada diri kita.

Selain  itu, teh jahe ampuh untuk meredakan mual akibat kehamilan maupun setelah kemoterapi. Bagi sahabt pembaca yang hendak bepergian dianjurkan untuk minum segelas teh jahe sebelum berangkat untuk mencegah mual dan muntah di perjalanan. Sehingga tidak mengganggu kenyamana perjalanan sahabat pembaca lho.

  1. Menguatkan kekebalan tubuh

Minuman jahe dapat menguatkan kekebalan tubuh berkat kandungan antioksidannya di dalamnya. Hangat alami dari jahe juga membantu memecahkan racun-racun yang terkumpul di dalam tubuh, sehingga lebih gampang untuk dikeluarkan dari dalam tubuh.

Selain itu, jahe mengandung antimikroba, antiseptik, antibiotik, dan anti-inflamasi yang dapat membantu mencegah banyak masalah kesehatan serta infeksi. Selain itu juga ada kandungan kromium, magnesium, dan zink yang turut menguatkan sistem kekebalan tubuh.

  1. Mengatasi infeksi pernapasan

Beberapa gelas teh jahe bisa membantu meredakan sesak dada yang diakibatkan pilek, influenza, atau alergi lingkungan. Cobalah sahabt pembaca menyeruput teh jahe hangat ketika sedang pilek untuk membantu menghentikan gejala-gejalanya.

Di samping itu, jahe juga mengurangi peradangan pada saluran udara dan menghambat kontraksi nafas saat menderita asma. Kandungan polifenol di dalam jahe membantu menghambat sekresi lendir. Hal ini juga bisa meredakan sakit kepala dan sakit tenggorokan, dua gejala umum infeksi pernapasan.

  1. Menurunkan kolestrol

Manfaat selanjutnya teh jahe juga bermanfaat bagi penderita kolesterol tinggi sebab mampu meningkatkan sekresi dari asam empedu. Jahe juga membantu meningkatkan metabolisme, mengatasi obesitas, serta mengurangi tekanan darah tinggi. Akan tetapi, jahe mungkin akan berinteraksi dengan obat pengencer darah, jadi jangan minum obat itu bersamaan dengan teh jahe. Sebaiknya konsultasi dulu dengan dokter sebelum mulai rutin mengonsumsi jahe.

Efek Samping Jahe

Sahabat pembaca walaupun ada banyak manfaat kesehatan dari teh jahe, tetapi waspadalah dengan sejumlah efek samping negatifnya. Berikut penjelasan secara singkatnya :

  • Konsumsi jahe yang berlebihan bisa menyebabkan mual, muntah, dan diare. Jahe juga bisa menyebabkan kadar gula darah rendah. Bahkan juga dapat membuat susah tidur.
  • Anak-anak di bawah 2 tahun tidak dianjurkan mengonsumsi jahe.
  • Jahe mungkin tidak cocok dikonsumsi oleh penderita kelainan darah, batu empedu, dan gangguan jantung. Jika Anda minum obat medis, sebaiknya konsultasi dulu dengan dokter sebelum mencoba konsumsi jahe.
Note

Demikianlah artikel ini yang menjelaskan mengenai cara membuat teh jahe  dan manfaatnya bagi kesehatan. Semoga dengan informasi ini sahabat pembaca bisa lebih termotivasi untuk mencoba bahan-bahan alami guna menjaga kesehatan.

Kunjungi artikel terkait:

  1. Manfaat Mangga Untuk Ibu Hamil
  2. Manfaat Buah Tin Untuk Kesehatan
  3. Manfaat Kopi Untuk Kecantikan Kulit dan Wajah [Alami]
  4. Manfaat dan Khasiat Buah Alpukat untuk Kecantikan dan Kesehatan
  5. Manfaat Susu Kedelai untuk Kesehatan dan Ibu Hamil [Terbukti]

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *