Cara Membuat Teh Serai

Posted on

Nuansa.web.id | Cara Membuat Teh Serai – Apa kabar sahabat setia pembaca ? Semoga sahabat pembaca tetap dalam keadaan sehat ya, untuk itu jangan lupa untuk bersyukur kepada Tuhan Yang Maha Esa. 

5 (100%) 3 votes

Oke, pada kesempatan kali ini Eva akan berbagi sedikit coret-coretan tentang bagaimana cara membuat teh serai dengan benar serta membahas sedikit tentang manfaat daun serai.

Harapannya semua sahabat pembaca setelah membaca dengan cermat artikel ini dapat mengetahui bagaimana cara-cara pembuatan teh dari daun serai dan mengetahui manfaat daun serai bagi tubuh, sehingga hal ini dapat diterapkan di kehidupan sehari-hari sahabat pembaca.

Tentang Daun Serai

Sahabat pembaca, sebelum membahas tentang cara pembuatan teh daun serai, di sini ada ulasan tentang daun serai lho. Serai atau sereh merupakan salah satu tanaman asli Asia Tenggara dan Afrika.

Secara botanikal serai memiliki nama Cymbopogon, tanaman ini masih berkeluarga dengan rumput-rumputan. Sejak zaman dahulu, sereh sudah banyak digunakan dalam berbagai masakan di Nusantara. Hal itu karena pada bumbu masakan serai nantinya akan memunculkan aroma masam seperti lemon yang berguna untuk meningkatkan cita rasa pada makanan.

Minyak yang dihasilkan sereh digunakan untuk memberi aroma rempah dan sifat obat.

Perlu diketahui sahabat, bahwa dalam beberapa kali penelitian yang dilakukan, pembuatan teh serai telah memperoleh popularitas besar di kalangan orang Barat yang terus mengkaji sifat obat yang dihasilkan oleh serai.

Di Indonesia banyak orang yang menanam serai di sekitar pekarangan rumah untuk dijadikan sebagai salah satu tanaman apotik hidup, karena tanaman serai ini mudah sekali untuk tumbuh.

Baca juga:

  1. Cara Membuat Teh Rosella dan Manfaatnya
  2. Cara Membuat Teh Daun Kelor Sendiri dan Manfaatnya Bagi Kecantikan
  3. “9 Langkah” Cara Membuat Teh Daun Tin dan Manfaatnya

Cara Membuat Teh Serai

Alat dan bahan :

  1. Serai secukupnya
  2. Air sekitar 300 ml
  3. Madu atau gula batu sesuai selera
  4. Kompor
  5. Panci
  6. Saringan

Langkah-langkah :

  1. Ambilah beberapa batang serai, kemudian cuci hingga bersih
  2. Selanjutnya, pipihkan serai yang telah dibersihkan dengan cara menumbuknya secara berlahan
  3. Kemudian, langkah selanjutnya adalah rebuslah selama 20 menit dengan api kecil dan air mineral sebanyak 300 ml
  4. Lalu, tambahkan madu atau gula batu sesuai selera kita dan aduk-aduk selama kurang lebih 5 menit agar tercampur
  5. Setelah itu, matikan kompor kemudian saring teh serai dan siap untuk disajikan
  6. Kita bisa meminumnya selagi hangat, ataupun diminum dalam keadaan dingin dengan campuran es batu.

Manfaat serai (Cymbopogon citratus)

  1. Menjaga kesehatan pencernaan

Sahabat pembaca, air rebusan serai bermanfaat untuk menjaga kesehatan sistem pencernaan tubuh, hal ini disebabkan karena di dalam serai terkandung zat anti-mikroba yang berfungsi untuk melawan dan membunuh bakteri jahat dan parasit. Sehingga, dapat menjaga kesehatan dan fungsi usus agar tetap baik.

  1. Melawan kolestrol jahat

Manfaat selanjutnya adalah pada daun batang serai terkandung zat anti-kolestrol yang sangat penting dalam mencegah menumpuknya kolestrol jahat di dalam darah. Untuk mengatasi masalah kolestrol tinggi ini maka kita disarankan untuk mengonsumsi teh serai secara rutin. Kandungan di dalam serai bekerja untuk meminimalisir penyerapan kolestrol jahat di dalam usus.

  1. Menurunkan tekanan darah tinggi

Sahabat pembaca, jika kita menngalami tekanan darah yang tidak stabil pada tubuh, maka kita dapat menggunakan serai yang dapat membantu mengatasi masalah tersebut karena kandungan potassiumnya yang tinggi. Lancarnya sirkulasi darah sangat penting untuk membantu memurnikan organ.

  1. Mengatasi penyakit diabetes

Meminum air rebusan serai atau teh serai secara rutin akan bermanfaat untuk menstabilkan kadar gula darah di dalam tubuh, guna mencegah terjadinya masalah tinggi gula di dalam darah.

  1. Membantu mengobati anemia

Penyakit anemia terjadi akibat tubuh kekurangan zat besi. Adapun gejalanya yaitu tubuh sering terasa lemas, sudah lelah, lesu, terlihat pucat, kepala mudah pusing, mata berkunang-kunang, dan semacamnya. Nah, masalah ini dari dampak anemia ini dapat diminimalisir dengan cara mengonsumsi teh serai. Hal ini karena tanaman serai mempunyai kandungan zat besi yang lumayan tinggi.

  1. Menurunkan resiko penyakit kanker

Sahabat pembaca, manfaat lain dari mengonsumsi teh serai adalah dapat menurunkan resiko penyakit kanker. Hal ini karena di dalam serai terkandung senyawa citral. Aroma yang khas pada serai seperti lemon diyakini sebagai senyawa citral. Senyawa ini bekerja untuk membunuh sel-sel rusak pemicu kanker di dalam tubuh.

  1. Meringankan gejala insomnia

Manfaat selanjutnya adalah mengonsumsi teh serai dapat membantu meminimalisir gangguan insomnia. Kandungan yang terdapat di dalam serai dapat memberikan efek menenangkan bagi tubuh dan pikiran. Sehingga, hal ini dapat sedikit membantu untuk memperbaiki kualitas tidur.

  1. Mengatasi masalah bau badan

Manfaat serai selanjutnya adalah dapat digunakan dalam pembuatan deodaran sebab memiliki sifat  pembersihan dan antibakterinya yang dapat membantu untuk melawan bau badan kita dan dapat mencegah infeksi jamur serta bakteri.

  1. Bisa dimanfaatkan sebagai minyak angin

Serai memiliki kandungan senyawa citral. Perlu sahabat pembaca ketahui bahwa senyawa citral merupakan bahan utama dalam pembuatan minyak atsiri. Sehingga rebusan serai bisa dimanfaatkan sebagai minyak angin karena di dalamnya terdapat minyak atsiri yang sangat baik dan berkhasiat untuk mengatasi masalah pernapasan dan meringankan gejala flu. Selain itu, rebusan serai juga akan memberikan kehangatan pada tubuh.

  1. Melawan penyakit malaria

Penyakit malaria disebabkan oleh parasit dan ditularkan ke tubuh manusia oleh nyamuk. Jika kita mengabaikan maka bisa menyebabkan kematian.

Sebuah studi yang dipublikasikan di jurnal obat tanaman internasional “Planta Medica”, hasil menunjukkan bahwa minyak esensial yang ditemukan di dalam serai mampu menekan resiko penyakit malaria sebesar 67 sampai 87 persen.

Studi tersebut dilakukan dengan menggunakan tikus percobaan. Dan masih diperlukan penelitian lebih lanjut untuk mengetahui besarnya manfaat yang diperoleh oleh manusia.

Efek Samping Daun Serai

Hindari minum teh serai secara berlebihan, karena cenderung meningkatkan panas tubuh Anda.

Note

Demikianlah tadi informasi tentang Cara Membuat Teh Serai yang bisa kami berikan. Terimakasih atas kunjungannya. Jangan lupa share artikel ini supaya bisa bermanfaat juga bagi teman-teman kita. 🙂

Tinggalkan komentar sobat pada kolom yang sudah disediakan.

Kunjungi artikel terkait:

  1. Cara Menanam Melon Dari Biji
  2. Cara Menanam Daun Pandan Wangi
  3. Manfaat Mangga Untuk Ibu Hamil
  4. Manfaat Buah Tin Untuk Kesehatan
  5. 10 Manfaat Buah Tin Untuk Ibu Hamil

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *