Cara Mengawetkan Bumbu Basah

Posted on
Cara Mengawetkan Bumbu Basah
5 (100%) 14 votes

cara mengawetkan bumbu basah

Cara Mengawetkan Bumbu Basah – Untuk ibu rumah tangga, memasak menjadi rutinitas yang lumayan memakan waktu, apalagi urusan bumbu masakan. Bunda di rumah harus mengupas bawang, menggiling cabe, tomat, belum lagi harus mencuci wadah untuk bumbu-bumbu masakan tadi. Padahal masih ada pekerjaan lain seperti membersihkan rumah, memandikan anak dan lainnya. Maka tak jarang ibu-ibu merasa sangat lelah seharian.

Demi menghemat waktu memasak, bunda bisa memanfaatkan atau bumbu basah untuk bumbu masakannya. Banyak produk bumbu instan yang dijual di pasaran, namun dengan membuat bumbu sendiri, bunda bisa menyesuaikan dengan kesukaan, bisa dibuat pedas, asin, dan sebagainya.

Lebih baik mana, bumbu basah kombinasi atau terpisah ? nah untuk hal ini saya biasanya membuatnya secara terpisah, karena ada beberapa bahan bumbu yang tidak seharusnya ikut, tapi terpaksa harus tercampur.

Yang sering jadi masalah, bumbu basah seringkali mudah basi sehingga harus cepat di habiskan. Namun hal itu bisa dicarikan solusinya dengan langkah-langkah yang sudah kami rangkum dalam artikel ini.

Cara Menyimpan Bumbu Basah

Kunci utama menyimpan bumbu basah adalah bahan bumbu yang bagus dan masih segar. Cara menyimpan bumbu basah diantaranya:

  1. Pisahkan setiap jenis bumbu menjadi beberapa bagian. Bagian pertama adalah untuk yang dipakai selama beberapa hari kedepan. Bagian kedua adalah untuk jangka panjang dimasukkan kedalam freezer.
  2. Masukkan bagian pertama ke dalam pendingin (kulkas). Bumbu halus yang disimpan dalam Kulkas dengan sirkulasi yang baik bisa bertahan sampai 2 minggu.
  3. Untuk mengambil bumbu basah selalu gunakan sendok kering, dan jangan lupa tutup rapat kembali wadah.
  4. Jika bagian pertama sudah habis, bagian kedua bisa di masukkan kedalam wadah untuk pemakaian sehari2. Sama seperti bagian pertama tadi.

Lihat juga:

  1. 10 Manfaat Garam Inggris untuk Menenangkan Suasana Hati
  2. 18 Makanan Untuk Penderita Asam Urat dan Kolesterol
  3. Cara Mengolah Kunyit Putih

Cara Membuat Bumbu Dapur Basah

Manfaat membuat bumbu basah sendiri adalah terhindar dari bahan kimi berbahaya. Silahkan luangkan waktu untuk mencari resep bumbu dasar di internet supaya hasilnya lebih sedap.

Cara membuatnya hampir sama dengan membuat bumbu biasa, yaitu di blender dan di tumis. Tips untuk menjaga rasa asli dan warnanya adalah bumbu giling sebaiknya tidak ditumis dengan minyak, jadi cukup di panaskan di wajan sampai kandungan airnya benar2 sedikit.

  1. Pilihin bahan bumbu (cabe rawit, bawang merah, kunyit, bawang putih, jahe, kemiri dan lengkuas) yang segar supaya bisa mendapatkan rasa dan aroma terbaik.
  2. Hindari bahan yang sudah busuk atau cacat.
  3. Kupas bahan bumbu dan cuci bersih kemudian di angin-anginkan hingga kering.
  4. Blender dengan air matang secukupnya.
  5. Panaskan wajan dengan api kecil, sambil di aduk sampai kandungan air nya hampir habis. Kemudian biarkan sampai agak dingin atau uap panas nya berkurang.
  6. Simpan di dalam kulkas.

Cara Membuat Bumbu Dapur Bubuk/Kering

cara membuat bumbu dapur kering
[email protected]

Bumbu bubuk bisa jadi alternatif sebagai bumbu masakan yang praktis. Prinsipnya hampir sama dengan cara membuat bumbu dapur basah sebelumnya. Bahan yang perlu disiapkan adalah bumbu yang masih segar dan bagus.

  1. Siapkan bahan bumbu seperti cabe rawit, jahe, bawang merah, bawang putih.
  2. Kupas semua kulit bahan bumbu dapur yang akan diawetkan tersebut.
  3. Iris tipis masing-masing bahan. Irisan tipis bertujuan supaya mudah saat proses pengeringan.
  4. Kukus bumbu yang telah diiris selama 5-7 menit. Kemudian angkat dan tiriskan.
  5. Jemur bahan yang sudah dikukus tadi dibawah terik matahari, biarkan sampai benar-benar mengering.
  6. Setelah dipastikan bahan kering, langsung saja tumbuk dan haluskan bumbu pada saat keadaan masih panas/hangat dari jemur tadi.
  7. Masukkan ke dalam toples plastik/kaca kering, kemudian tutup rapat.
  8. Berikan label pada toples/botol seperti cabe, atau bumbu bawang merah & putih.
  9. Bumbu siap digunakan untuk melezatkan makanan anda.

Cara Pakai Bumbu Basah

  1. Panaskan minyak di wajan.
  2. Masukkan beberapa sendok bumbu sesuai dengan komposisi resep masakan.
  3. Tambahkan rempah wangi seperti daun salam, daun jeruk, kayumanis jika di perlukan, kemudian tumis hingga matang dan wangi.
  4. Lanjutkan memasak sesuai dengan resep masakan.

Note

Demikianlah tadi informasi tentang Cara Mengawetkan Bumbu Basah yang bisa kami berikan. Terimakasih atas kunjungannya. Jangan lupa share artikel ini supaya bisa bermanfaat juga bagi teman-teman kita. 🙂

Tinggalkan komentar sobat pada kolom yang sudah disediakan.

Artikel menarik lainnya:

  1. Cara Menanam Pohon Bidara
  2. Cara Mengolah Daun Kenikir Untuk Asam Urat
  3. Cara Membuat Masker Mentimun
  4. Cara Membuat Teh Jahe
  5. Cara Mengolah Daun Kelor untuk Kolestrol