Cara Mengolah Daun Kelor untuk Kolestrol

Posted on

 Nuansa.web.id | Cara Mengolah Daun Kelor untuk Kolestrol – Apa kabar sahabat setia pembaca ? Semoga semua sahabat setia pembaca dalam keadaan sehat dan selalu semangat. Tentunya semangat juga untuk membaca artikel menarik kali ini.

Cara Mengolah Daun Kelor untuk Kolestrol
5 (100%) 5 votes

Nah, Dengan membaca artikel ini, sahabat akan menambah informasi kembali tentang cara mengolah daun kelor untuk mengatasi kolestrol, serta kandungan yang dapat memberikan manfaat untuk tubuh.

Oke, langsung saya yuk kita kenalan dengan daun kelor.

Kandungan Daun Kelor

Cara Mengolah Daun Kelor untuk Kolestrol

Kelor atau memiliki nama botanical Moringa oleifera memiliki daun majemuk yang kecil berwarna hijau. Tumbuhan kelor ini memiliki ketinggian batang 7-11 meter. Bunganya berwarna putih kekuning-kuningan dan tuduh pelepah bunganya berwarna hijau.

Selain itu, buah kelor berbentuk segitiga memanjang hampir mirip dengan kacang panjang yang biasa disebut buah kelentang. Baik daun ataupun buahnya dapat dimasak dan dijadikan sayur lho. Sahabat, perlu diketahui bahwa kelor memiliki banyak kandungan nutrisi yang bermanfaat bagi tubuh.

Baca juga:

  1. “9 Langkah” Cara Membuat Teh Daun Tin dan Manfaatnya
  2. Cara Membuat Teh Rosella dan Manfaatnya
  3. Cara Membuat Teh Serai

Klasifikasi Tanaman Kelor

KingdomPlantae
SubkingdomTrachebionta
Super DivisiSpermatophyta
DivisiMagnoliophyta
KelasMagnoliopsida
Sub KelasDileniidae
OrdoMoringaceae
GenusMoringa
SpesiesMoringa oleifera. Lam

Kandungan Nilai Gizi Daun Kelor Per 100g

Kadar air94,01%
Protein22,7%
Lemak4,65%
Karbohidrat51,66%
Serat7,92%
Kalsium350-550 mg
Energi92 kal
Potasium259mg
Fosfor70 mg
Zat Besi7 mg
Zink0,16 mg
B-Karoten6,78 mg
Vitamin B10,06 mg
Vitamin B20,05 mg
Vitamin B30,8 mg
Vitamin C220 mg

Manfaat Daun Kelor

Sahabat pembaca, sebelum menuju topik bahasan, sedikit Eva uraikan tentang manfaat daun kelor.

  1. Menyehatkan kulit
  2. Mengatasi kanker
  3. Mencegah diabetes
  4. Mengatasi kolestrol
  5. Menyehatkan mata
  6. Mengobati sariawan
  7. Melindungi kesehatan hati
  8. Bermanfaat untuk kesehatan rambut
  9. Melindungi kesehatan hati

Okee, berikutnya tentang cara mengolah daun kelor untuk dijadikan obat mengatasi kolestrol, yuk kita simak bersama.

Cara Pengolahan Daun Kelor Untuk Kolestrol

Cara Mengolah Daun Kelor untuk Kolestrol 2

1. Dengan cara direbus

Sahabat pembaca, pengolahan pertama daun kelor adalah bisa dengan direbus. Dengan cara ini kita sudah dapat merasakan khasiat daun kelor sebagai obat herbal kolestrol. Berikut ini adalah bahan-bahan yang harus ita siapkan :

  1. Siapkan seikat daun kelor berwarna hijau dan tentunya masih segar
  2. Air 500 ml
  3. Panci untuk merebus daun kelor
  4. Gelas

Langkahnya cukup mudah, yaitu masukkan daun kelor yang sudah dibersihkan ke dalam panci kemudian tuangkan sekitar 500 ml air, kemudian masak dengan api sedang. Tunggu hingga air menyusut menjadi setengah atau setakaran gelas. Setelah itu, tuangkan ke dalam gelas yang telah disiapkan. Tunggu hingga hangat dan air rebusan daun kelor siap untuk dikonsumsi.

Tambahan informasi, jangan mengolah daun kelor berkali-kali, usahakan sahabat hanya merebus daun kelor untuk sekali konsumsi.

Baca: Cara Membuat Teh Daun Kelor Sendiri dan Manfaatnya Bagi Kecantikan

2. Diolah dengan dijadikan teh daun kelor

Sahabat pembaca, pengolahan daun kelor selanjutnya adalah dengan dijadikan sebagai teh daun kelor. Pengolahan ini bisa menghasilkan beberapa kotak teh dan bisa kita simpan untuk persediaan.

Oke, langsung saja, berikut cara-caranya.

  1. Siapkan daun kelor, setidaknya empat batang daun. Pilihlah batang dengan daun yang sudah dewasa yang paling hijau dan pastikan untuk memilih daun kelor yang terdapat tanda-tanda kekuning-kuningan karena proses pengeringannya akan lebih cepat.
  2. Bersihkan daun kelor dari debu atau sarang laba-laba. Tak lupa untuk berhati-hati memilih dan membuang kotoran seperti debu, ranting, serangga kecil dan semut.
  3. Selanjutnya adalah pindahkan daun kelor yang telah dibersihkan ke dalam wadah datar yang lebih besar untuk pengirangan udara. Tempatkan wadah di daerah yang teduh dan sejuk. Pengeringan udara memakan waktu sekitar 3 hari. Setelah hari ketiga, daunnya menjadi layu dan kemudian akan siap untuk proses selanjutnya. Catatan, jangan mengeringkan daun kelor dengan panas matahari langsung sebab hal itu dapat mengurangi kandungan gizi daun kelor.
  1. Lalu, siapkan saringan yang kuat dan letakkan daun kelor yang sudah kering di atasnya. Mulailah proses penghancuran dengan menggoyah daun di saringan tersebut.
  2. Selanjutnya adalah pengeringan nampan stainless. Tujuannya dalah menghilangkan kelembapan agar daun menjadi rapuh, menonaktifkan enzim oksidatif, mencegah pembusukan daun, serta menghentikan pertumbuhan jamur. Tempatkan nampan di atas api rendah dan biarkan hangat selama 1-2 menit. Tuangkan daun kelor yang sudah dihancurkan tersebut ke nampan selama kurang lebih 3 menit. Setelah itu, matikan api dan letakkan hancuran daun kelor tersebut ke wadah bersih agar cepat dingin.
  3. Selanjutnya, simpan teh daun kelor tersebut ke dalam wadah kaca berwarna kencang. Tujuan penggunaan wadah kaca ini adalah agar dapat meningkatkan umur simpan teh daun kelor, meminimalkan oksidasi, dan juga mempertahankan rasa penuh dari daun kelor.
  4. Dan untuk mengonsumsi nya cukup menuangkan air panas dalam gelas dengan daun kelor yang sudah berupa kepingan kecil-kecil tadi. Sahabat juga bisa menambahkan beberapa jahe atau madu untuk menambah rasa.

Pengolahan daun kelor untuk mengatasi kolestrol dapat juga dilakukan dengan cara :

  1. Daun kelor dijadikan sayur atau tumis daun kelor dengan sayuran lainnya dan dimakan bersama nasi hangat
  2. Daun kelor dijadikan salad dicampur dengan buah-buahan segar lainnya.
  3. Daun kelor dapat pula dijadikan jus dengan dicampur sedikit air, lalu dikonsumsi seperlunya.

Note

Demikianlah tadi informasi tentang Cara mengolah daun kelor untuk kolesterol yang bisa kami berikan. Terimakasih atas kunjungannya. Jangan lupa share artikel ini supaya bisa bermanfaat juga bagi teman-teman kita. 🙂

Tinggalkan komentar sobat pada kolom yang sudah disediakan.

Kunjungi artikel terkait:

  1.  Cara Mengolah Ginseng Jawa
  2. Cara Mengolah Buah Zuriat
  3. Resep dan Cara Membut Keripik Pisang [Rasa Unik]
  4. Cara Mengolah Sarang Semut
  5. Manfaat Mangga Untuk Ibu Hamil

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *