Cara Menanam Bunga Kertas Dengan Stek dan Pemangkasannya

Posted on
Cara Menanam Bunga Kertas Dengan Stek dan Pemangkasannya
5 (100%) 1 vote

cara menanam bunga kertas dalam pot agar cepat tumbuh

Perhatian ! Pada artikel cara menanam bunga kertas (bougenvile) ini, Sobat bisa langsung lompat ke sub-judul tertentu, hanya dengan klik pada daftar isi yang tersedia.

Namun sebelum itu, ada baiknya sobat membaca secara seksama dari awal paragraph, supaya informasi penting lainnya yang kami sampaikan tidak terpotong. Terima kasih. Salam lestari !

Nuansa.web.id Assalamualaikum wr.wb semua? Semoga semua dalam keadaan sehat dan baik ya? Kali ini Joann mau membahas tentang Cara Menanam Bunga Kertas di Pot Agar Cepat Tumbuh.

Para pencinta bunga biasa mempercantik dan memperbanyak dengan cara stek bunga kertas, mencangkok bunga kertas, memangkas, dan membuta bonsai bunga kertas. Harga tanaman bunga kertas ini biasanya berkisar antara 30.000-70.000. 

Bunga kertas atau biasa disebut Bougenville, termasuk tanaman hias yang berasal dari Amerika Selatan. Tanaman yang memiliki nama latin Bougainvillea ini masuk ke dalam famili Asteraceae yaitu suku anggota tumbuhan yang berbunga.

Di Negari kita yaitu di Indonesia, tanaman ini banyak kita temui di masing – masing perkarangan depan rumah, dan warna dan jenisnya ada bermacam – macam seperti:

  1. Merah (bunga kertas Rashberry Ice),
  2. Putih ( bunga kertas Ms Alice),
  3. Ungu (bunga kertas Bambino Baby Lauren),
  4. White Madonna,
  5. Bambino Baby Victoria,
  6. Bambino Magic,
  7. Bambino Baby Allison,
  8. California Gold,
  9. Cherry Blossom,
  10. Coconut Ice,
  11. Gold Rush,
  12. Imperial Delight,
  13. Jamaica White,
  14. Orange Ice,
  15. Orange King,
  16. Pink Pearl,
  17. Purple Robe,
  18. Rosea,
  19. Silhouette,
  20. Thai Delight,
  21. After Glow,
  22. Alexandra,
  23. Torch Glo.

Morfologi Bunga Kertas

Tepi daun bunga kertas adalah rata dengan bentuk tulangnya menyirip 3 hingga 5. Warnanya agak hijau muda hingga tua. Mahkota bunga kertas berupa lembaran kertas yang tipis dan kaku.

Bunga kertas masuk golongan bunga tidak lengkap dikarenakan hanya terdiri dari tenda bunga, bunga, kepala putik, tangkai, tangkai putik, tangkai sari, dan benang sari.

Jenis bunga kertas adalah kelopak majemuk, bentuknya seperti payung yang munculnya di bagian ketiak daun, payung ini bertangkai dan berjumlah 1 sampai 7 anak payung yang pada masing – masing terdiri dari 3 anak bunga dan terkumpul malai (untaian). Tenda bunga kertas berbentuk seperti tabung segi 5, warnanya hijau dan panjangnya 1,5 hingga 2,5 cm.

Tahukah kamu ?
Bunga kertas berakar tunggang yang tumbuhnya vertikal, berserabut, dan cabang akarnya tumbuh lebat. Akar bisa menembus tanah sampai kedalaman sekitar 50-80 cm. Bunga kertas masuk ke jenis tanaman perdu tingginya bisa mencapai 2 hingga 4 meter.

Batang bunga kertas teksturnya seperti kayu berbentuk bulat dengan duri-duri kecil dan berwarna coklat. Bunga kertas bentuk percabangannya monopodial.

Cara menanam bunga ini ternyata cukup mudah dan perawatannya tidaklah sulit. Bunga kertas memiliki batang yang kecil tetapi cukup kuat dan biasanya merambat. Bunga kertas hanya bisa ditanam pada media tanah yang subur dan pHnya normal, unsur hara untuk bunga kertas pun harus baik.

Tanaman bunga kertas atau bougenville bukan tipe bunga yang mudah ditanam dengan umbi, biji atau lainnya. Cara paling mudah yaitu dengan teknik stek batang.

Baca:

  1. Cara Menanam Lidah Mertua di Pot Tumbuh Subur
  2. Cara Mudah Menanam Bunga Matahari [Tumbuh dengan Baik]
  3. Cara Mudah Menanam Daun Sirih di Rumah Sendiri

Langkah – Langkah Menanam Bunga Kertas Dengan Stek

  1. Membuat Bibit Bunga Kertas

cara menanam bunga kertas dengan stek di pot

nama pupuk untuk bunga kertas

Membuat bibit bunga kertas dapat dilakukan dengan berbagai cara, bisa dengan stek batang, bisa juga dengan cara cangkok. Cara membuat bibit bunga kertas yang akan Joann bahas kali ini dengan cara Stek.

Stek atau menurus merupakan kegiatan memotong bagian tanaman yang kemudian ditanam di salah satu media tumbuh dengan tujuan supaya dapat embentuk akar dan tumbuh lebih lanjut sampai menjadi tanaman sendiri.

Stek dapat berupa stek daun, stek batang, stek akar, dan sek pucuk. Untuk membuat bibit bunga kertas yaitu dengan cara stek batang.

Ketika hendak memotong batang bunga kertas gunakanlah pisau atau cutter yang tajam dan tidak berkarat. Hati – hati ketika akan memotong batang. Jangan sampai batang yang akan dijadikin bibit tadi terluka atau rusak, jika rusak batang yang akan kita tanam nanti akan busuk dan mati sehingga penyetekkan akan gagal dan tidak berhasil.

  1. Penanaman Bunga Kertas

cara memangkas bunga kertas

cara membuat bonsai bunga kertas
Pupuk untuk merangsang pertumbuhan akar bunga kertas (bougenvile)

Setelah mendapatkan bibit bunga kertas, selanjutnya adalah melakukan penanaman. Sebelum melakukan penanaman pertama – tama mari membuat media tanam terlebih dahulu.

Media tanam disiapkan yang isinya adalah campuran dari tanah yang gembur dengan pupuk kompos atau pupuk kandang. Nama pupuk untuk mempercepat tumbuhnya akar di bunga kertas adalah Rootoone. 

Setelah media tanam siap, masukkan media tanam yang berupa campuran tadi ke dalam pot.

Tetapi jangan terlalu penuh, sisakan beberapa cm dari atas pot. Kemudian tanam bibit tadi. Bibit dimasukkan agak masuk kedalam tanah agar bibit tadi tidak lepas. Kemudian timbun kembali dengan tanah dan siram.

  1. Perawatan Bunga Kertas

Bunga kertas tidaklah memerlukan perawatan khusus, hal yang penting dan perlu diperhatikan ketika memelihara bunga kertas yaitu usahakan bunga kertas tadi dapat cahaya matahari yang cukup, dan lakukanlah penyiraman secara rutin seperti 2x sehari  tetapi jangan sampai air tergenang.

  1. Pemupukan Bunga Kertas

Bunga kertas dapat dipupuk 3 bulan sekali, dan itu sudah cukup untuk menambah unsur hara pada tanah agar bunga kertas sesuai dengan apa yang kita inginkan.

Ketika bunga kertas sudah besar ada baiknya dilakukan pemangkasan pada batang dan ranting – rantingnya. Agar trlihat lebih rapi, dan juga akan merangsang pertumbuhan cabang baru.

Sekilas Joann akan menjelaskan cara menamam bunga kertas meggunakan cangkok. Pembibitan bunga kertas dengan metode cangkok, menggunakan batang yang terbilang sudah dewasa jangan terlalu tua yang ditandai dengan warna batang berubah menjadi warna coklat dan struktur batangnya keras.

Nah itulah berbagai cara untuk menanam bunga kertas. Yahh semoga kalian berhasil ya. Sekian artikel Joann kali ini, semoga bermanfaat. Wassalamualaikum wr.wb Sayonaraa ^.^)/ .

Kunjungi artikel terkait:
  1. Cara Menanam Seledri Hidroponik Sederhana
  2. 5 Cara Menanam Timun Yang Baik
  3. Cara Menanam Singkong [Buah Lebat dan Berbobot]
  4. Cara Menanam Wortel [Hasil Memuaskan]
  5. Cara Menanam Anggur di Pot [Cepat Berbuah]

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *