Cara Menanam Lidah Mertua di Pot Tumbuh Subur

Posted on
Kasih bintang ya !

cara menanam lidah mertua di pot agar tumbuh

Perhatian ! Pada artikel cara menanam lidah mertua ini, Sobat bisa langsung lompat ke sub-judul tertentu, hanya dengan klik pada daftar isi yang tersedia.

Namun sebelum itu, ada baiknya sobat membaca secara seksama dari awal paragraph, supaya informasi penting lainnya yang kami sampaikan tidak terpotong. Terima kasih. Salam lestari !

Nuansa.web.id | Assalamualaikum wr.wb  Hai semua? Semoga dalam keadaan sehat ya ?  Di artikel kali ini Joan akan membahas tentang Cara Menanam Lidah Mertua di Pot Agar Tumbuh Subur.

Jenis-jenis lidah mertua sendiri ada 2 macam, lidah mertua panjang dan lidah mertua pendek (lidah mertua mini).

Lidah mertua panjang mempunyai ukuran sekitar 50–75 cm (tumbuh memanjang ke atas). Sedangkan jenis lidah mertua mini (pendek) memiliki jenis daun pendek dan melingkar dengan ukuran panjang panjang 8 cm dan lebar 3–6 cm.

Lidah mertua panjang memiliki daun yang meruncing seperti mata pedang, sehingga tanaman pedang-pedangan acapkali menjadi nama dari tumbuhan ini. 

Cara pengembangbiakan dan memperbanyak tanaman lidah mertua ini juga tidak terlalu sulit, meskipun sobat baru ingin pertama kali menanam tumbuhan ini. Ditambah lagi harga bibit lidah mertua yang tergolong murah, berkisar 6.000 – 35.000.

Untuk mendapatkan hasil budidaya lidah mertua yang baik, mari kita simak ulasannya pada artikel ini, berikut dengan manfaat dan keunggulan dari lidah mertua.

Morfologi Lidah Mertua

Lidah mertua memiliki nama latin yaitu Sansevieria. Lidah mertua ( Sansevieria ) merupakan salah satu dari 70 spesies genus tanaman berbunga.

Tahukah kamu ?
Dikutip dari berbagai sumber, Lidah mertua berasal dari Madagaskar, Afrika,dan Asia bagian selatan. Sudah banyak orang yang tertarik tertarik dengan tanaman lidah mertua dan ikut serta untuk menanamnya di perkarangan rumah, karena proses penanaman dan perawatannya dapat dianggap mudah.

Spesies lidah mertua yang biasa ditanam di perkarangan rumah dan beriklim sedang yaitu Sansevieria trifasciata. Pertumbuhan tanaman lidah mertua relatif sangat lambat dan berlangsung selama bertahun-tahun lamanya.

Pertumbuhan daun berbentuk kaku dan tegak, daun juga menjulang tinggi. Lidah mertua termasuk ke dalam salah satu tanaman Xerofit, yaitu tumbuhan yang dapat hidup di lahan yang tandus dan kering. Warna tanaman ini adalah hijau dan ada garis kuning atau putih.

Oleh karena itu, tanaman ini dapat menjadi pemanis di sudut – sudut rumah kalian. Sobat tinggal memilih mau dari jenis Sansevieria trifasciata atau Sansevieria cylindrica yang mempunyai ciri – ciri hampir sama dengan Sansevieria trifasciata.

Baca:

  1. Cara Menanam Seledri Hidroponik Sederhana
  2. Cara Menanam Anggur di Pot [Cepat Berbuah]
  3. Cara Mudah Menanam Daun Sirih di Rumah Sendiri

Cara Menanam dan Merawat Lidah Mertua

Tanaman lidah mertua sangat bermanfaat untuk kesehatan, bagi mantan perokok yang ingin mengurangi udara kotor yang telah masuk ke paru – paru bisa mengkonsumsi lidah mertua karena lidah mertua berfungsi untuk sirkulasi udara kotor bagi perokok. Daun lidah mertua dipercaya mampu menyembuhkan beberapa penyakit.

Hal yang perlu dilakukan untuk menanam dan merawat lidah mertua adalah sebagai berikut :

Persiapan bibit dan media tanam

  1. Mengambil tunas lidah mertua yang sudah tumbuh dari tanaman dewasa.
  2. Kemudian potong tunas tersebut dengan benda tajam seperti pisau atau cutter, tetapi usahakan cutter atau pisau yang digunakan tidak berkarat. Lidah mertua dipotong beserta akar rimpangnya, dan jangan sampai merusak tunas.
  3. Kemudian, menyiapkan media tanam. Media tanam berisi tanah yang tidak terlalu kering dan juga tidak lembab.

Pemberian pupuk

  1. Kemudian, dicampurkan dengan pupuk kompos organik untuk memberikan nutrisi pertumbuhan pada lidah mertua. Contohnya adalah sekam.
  2. Usahakan untuk tidak menggunakan kompos berupa kotoran hewan, karena ditakutkan jika akan menyebabkan bau yang akan timbul di dalam ruangan yang ditaruh lidah buaya.
  3. Setelah itu, pot telah diisi dengan tanah yang telah dicampurkan pupuk, maka tunas lidah mertua sudah dapat dipindahkan kedalam pot yang telah disiapkan.
  4. Padatkan tanah tersebut agar tunas lidah mertua tadi tidak bergerak dan jatuh, atau bisa juga diberi sedikit batu atau kerikil.

Perawatan tanaman lidah mertua

  1. Kemudian dapat dilakukan penyiraman, tetapi air yang diberikan jangan lah terlalu banyak, ditakutkan akan membuat daun dan akar yang kita baru tanam tersebut mengalami pembusukan.
  2. Letakkan pot lidah mertua tadi dekat dengan jendela agar terkena cahaya atau bisa juga ditaruh luar ruangan yang terbuka dan terkena sinar matahari selama beberapa minggu.
  3. Cara lain untuk memperbanyak lidah mertua bisa dilakukan dengan cara penyetekan daun lidah mertua, tetap daun yang kita pilih adalah daun yang sudah dewasa.

Keunggulan Lidah Mertua

Keunggulan yang dimiliki lidah mertua yaitu dapat tumbuh pada iklim panas dan gersang sekalipun, dan dapat tumbuh subur dengan subur didalam ruangan yang kurang sinar matahari lohh, unik bukan??

Untuk tanaman yang sudah dewasa, cara menanam dan merawat lidah mertua di dalam ruangan agar tumbuh dengan subur adalah dengan tidak melakukan penyiraman yang berlebihan, atau lidah mertua dapat membusuk. Lidah mertua paling suka tanah kering sama dengan lidah buaya.

Jaga kekeringan media tanam agar tidak terlalu kering dan lembab, karena lidah mertua yang ditaruh di dalam ruangan sangat mudah ditumbuhi jamur karena kurangnya sinar matahari.

Sesekali, untuk memindahkan lidah mertua ketempat terbuka yang terkena cahaya matahari agar terhindar dari berkembangnya jamur. Jika lidah mertua sudah berkembang dan melebihi kapasitas pot, pisahkan ke media atau pot yang lebih besar.

Manfaat Lidah Mertua

  1. Lidah mertua dapat digunakan untuk menyehatkan dan menyuburkan rambut dan bisa diolah juga menjadi obat kanker ganas, wasir, dan diabetes.
  2. Lidah mertua dapat menghilangkan bau pada perabotan rumah yang berada di dalam ruangan. Karena tanaman ini mampu menyerap zat yang beracun seperti Benzene, Karbondioksida, Formaldehyde, dan Trichloroethylene.
  3. Pada malam hari lidah mertua dapat melepaskan oksigen, dan saat siang hari dapat menyerap karbon dioksida, sehingga baik bila diletakkan di dalam kamar tidur.

Nah itulah Cara Menanam Lidah Mertua yang dapat Joann bagikan pada kalian semua berupa artikel kali ini,  sekian. Semoga artikel ini bermanfaat. Wassalamualaikum wr.wb .Sayonaraaa ^^)/.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *