Cara Merawat Bunga Anggrek Bulan [Tanaman Hias]

Posted on
Kasih bintang ya !

Tips Cara Merawat Tanaman Hias Bunga Anggrek Bulan – Tanaman anggrek merupakan tanaman hias yang banyak diminati oleh banyak orang terutama masyarakat Indonesia karena memang spesies anggrek di Indonesia cukup banyak sekitar 5000 – 6000 spesies. Namun karena tanaman anggrek merupakan tumbuhan epifit maka cara menanam dan perawatannya juga berbeda dengan tanaman hias pada umumnya. Hal ini membuat banyak orang agak kesulitan untuk mendapatkan bunga anggrek yang indah karena tak mengerti cara perawatan yang baik.

Cara merawat tanaman anggrek sebenarnya mudah-mudah saja, hanya saja butuh pengetahuan dan mengerti cara hidup anggrek sebenarnya di alam. Banyak yang membedakan perawatan antara tanaman anggrek dan tanaman jenis lainnya. Misalnya saja pada penggunaan media tanam anggrek yang berbeda dengan tanaman lainnya. Jika belum mengetahui media tanam yang baik untuk anggrek maka silahkan kunjungi halaman tersebut.

Jika tanaman yang satu ini mendapatkan perawatan yang baik maka jangan heran jika tanaman ini dapat tumbuh subur dan menghasilkan bunga-bunga yang indah dan segar. Keindahan tersebut karena bunga anggrek memiliki beragam corak serta warna yang keluar. Oleh karena itu jika sobat belum memahami tentang cara merawat anggrek yang baik maka simak penjelasannya dibawah ini.

Cara Merawat Anggrek

Dalam merawat tanaman anggrek maka dibutuhkan beberapa cara, antara lain:

1. Pemilihan
Tanaman anggrek merupakan tanaman yang tumbuh subur di bawah pepohonan rindang di alam bebas. Oleh karena itu dalam perawatan tanaman ini sebaiknya diletakan pada tempat yang tak terlalu terpapas sinar matahari. Intensitas caya matahari yang dibutuhkan anggrek bulan antara 50-70% dengan suhu sekitar 20-26 derajat celcius. Tanaman anggrek jika kurang terkena sinar matahari juga tidak baik dan akan mengakibatkan terhambatnya pertumbuhan tanaman dan masa berbunga yang menjadi lebih lama.

2. Penyiraman
Penyiraman tanaman anggrek sedikit berbeda dengan tanaman hias lainnya. Cara penyiraman pada tanaman anggrek sebenarnya sama namun yang membedakannya yaitu penyiraman hanya boleh dilakukan ketika media tanam sudah benar-benar kering. Hal ini dilakukan untuk mencegah tumbuhnya jamur dan bakteri pada media tanam yang akan membuat akar menjadi busuk sehingga tanaman menjadi layu dan lama kelamaan mati. Selain itu bagian yang disiram hanya media tanamnya saja, bagian daun tak perlu disiram karena bisa mengakibatkan busuk daun. Tetapi bukan berarti tak boleh disiram sama sekali namun sesekali harus disiram untuk membersihkan debu yang berada di daun.

3. Pemupukan
Pemupukan dilakukan bertujuan agar tanaman anggrek dapat tumbuh subur serta mempercepat keluarnya bunga. Pemupukan cukup lakukan satu minggu sekali dengan menggunakan pupuk cair khusus tanaman hias. Pada proses pemupukan, semua bagian tanaman harus terkena pupuk. Semprotkan pupuk menggunakan sprayer.

4. Pengendalian Hama dan Penyakit
Dalam hal mencegah hama dan penyakit, yang pertama harus dilakukan adalah menjaga kebersihan lingkungan agar tak terdapat hama-hama pengganggu yang akan timbul nantinya. Selain itu musim juga mempengaruhi kemunculan hama dan penyakit. Pada musim hujan sebaiknya gunakan fungisida jika ada tanda-tanda terserang jamur dan sedangkan pada musim kemarau, jika di dapati ada serangga yang hidup dan berkembang di tanaman maka harus mengaplikasikan insektisida.

Itulah sobat cara merawat tanaman hias anggrek bulan yang banyak digunakan para pecinta tanaman hias profesional. Semoga dapat membantu dan dapat bermanfaat bagi anda.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *