Cara Mudah Menanam Bunga Matahari [Tumbuh dengan Baik]

Posted on
Kasih bintang ya !

cara menanam bunga matahari

3 Cara Mudah Menanam Bunga Matahari – Bunga matahari merupakan bunga yang sangat menawan karena bentuknya yang sangat indah dan mirip dengan pusat tata surya kita. Bunga matahari atau Helianthus anuus L adalah bunga unik yang selalu berbunga mengarah ke matahari ini termasuk dalam famili Compositae dan satu rumpun dengan lidah buaya.

Cara Menanam Bunga Matahari

Keindahan dari bunga matahari memang sangat istimewa. Bunga matahari dapat hidup dimana saja dari dataran rendah hingga dataran tinggi. Nah untuk anda yang tertarik menanam bunga matahari tentunya anda harus mengerti serta paham tentang teknik menanam yang tepat agar nantinya bunga matahari anda dapat tumbuh dengan baik. Maka dari itu mari kita simak ulasan dibawah ini.

Bunga mataharin harus ditanam dengan tepat agar mendapatkan hasil yang maksimal. Pertama-tama anda harus menyiapkan benih bunga matahari yang akan ditanam. Dalam pemilihan benih bunga matahari tentunya anda harus memperhatikan jenis benih bunga matahari yang untuk ditanam dengan biji bunga matahari yang biasa kita sebut dengan kuaci karena keduanya tersebut benar-benar berbeda. Setelah anda menyiapkan bibit lalu langkah selanjutnya adalah pembibitan.

1. Pembibitan Bunga Matahari

benih bunga matahari

Sebelum bunga matahari ditanam kelahan terbuka maka langkah yang sebelumnya harus dilakukan adalah melakukan penyemaian terlebih dahulu. Langkah ini dilakukan agar tanaman lebih kuat nantinya dan lebih tahan dari gangguan cuaca, lingkungan dan sebagainya.

Penyemaian dilakukan dengan cara menanam biji bunga matahari yang telah anda siapkan kedalam pot maupun polybag. Perlakukan bibit dengan baik dengan cara menyiramnya 2 kali sehari pada pagi dan sore hari. Ketika bibit bunga matahari telah memiliki tinggi 15 – 20 cm barulah bibit bisa dipindahkan kelahan terbuka. Proses penyemaian ini berlangsung selama 10-14 hari.

2. Penanaman Bunga Matahari

Pada proses penanaman bunga matahari pada dasarnya sama saja dengan menanam jenis bunga lainnya. Sebelum bunga matahari ditanam sebaiknya 2 minggu sebelum penanaman tanah harus disiapkan terlebih dahulu dengan cara dipupuk menggunakan pupuk kandang. Setelah langkah tersebut dilakukan maka barulah bunga matahari bisa ditanam.
Penanaman bunga matahari dilakukan dengan cara membuat lubang tanam sedalam 5-10 cm lalu masukan bibit dan tutup kembali dengan tanah. Langkah selanjutnya yang harus dilakukan adalah menyiram tanaman dengan air secukupnya.

3. Perawatan Bunga Matahari

Cara mudah menanam bunga matahari ini memang sangat banyak diterapkan oleh banyak orang. Begitupun dengan perawatannya yang sangat mudah. Pada proses perawatan bunga matahari yang pertama adalah penyiraman. Penyiraman sebaiknya anda lakukan setiap 2 kali sehari pada pagi dan sore hari ketika musim kemarau. Namun pada musim penghujan anda dapat menyesuaikannya.

Nah barulah setelah 2 bulan tanaman bunga matahari baru bisa anda pupuk agar lebih cepat berbunga dan hasilnya memuaskan. Ketika tanaman berumur 3 bulan anda dapat menyaksikan bunga matahari anda mulai berbunga dengan cantiknya.

Itulah baru kita simak cara mudah menanam bunga matahari yang dapat anda terapkan dirumah maupun di pekarangan anda. Bunga matahari sangat mudah untuk ditanam jadi tunggu apalagi. Mari kita menanam bunga matahari!!!

Kunjungi artikel terkait:

  1. Cara Menanam Kencur Yang Baik dan Benar
  2. Cara Menanam Alpukat dari Biji + Sambung Pucuk
  3. Cara Menanam Bunga Kertas Dengan Stek dan Pemangkasannya
  4. Cara Menanam Lidah Mertua di Pot Tumbuh Subur
  5. Cara Menanam Terong Bulat (Hijau dan Ungu) di Polybag

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *