Cara Makan Buah Tin (Segar Dan Kering)

Posted on

CARA MAKAN BUAH TIN segar dan kering

Nuansa.web.id – Assalamualaikum, hai semua semoga dalam keadaan sehat. Setelah kita membahas cara menanam dan manfaat dari buah Tin di artikel sebelumnya, kali ini kita akan bahas Cara Konsumsi (Makan) Buah Tin.

Sobat sangatlah beruntung bisa memakan buah tin ini, sebab tidak hanya karena rasanya yang enak, buah Tin juga memiliki kandung yang sangat tinggi yaitu serat, karbohidrat, vitamin.

Selain itu, buah tin atau juga disebut buah ara atau buah figs juga kaya akan kandungan mineral, seperti: kalsium, potasium, zat besi, dan magnesium. Buah ara memiliki aroma dan rasa yang manis.

Sobat bisa memakannya dalam keadaan segar atau dalam keadaan kering. Bisa juga dimakan dengan diolah terlebih dahulu bersamaan dengan makanan lain. Berikut ini cara terbaik dalam mengkonsumsi buah tin.

Cara Memilih Buah Tin atau Ara atau Figs  

  1. Yang paling utama adalah memilih buah yang matang. Jika terdapat goresan atau buah Tin tersebut telah meletek atau merekah, maka itu tidak jadi masalah karena tidak memengaruhi kualitas dan rasa buah.
  2. Jangan memilihi buah Tin yang telah terkena jamur, keras, memar atau luka, busuk dan baunya asam.
  3. Pilihlah buah Tin yang matang dan segar. Biasanya buah Tin yang matang berwarna cokelat, hijau, kuning, atau ungu gelap.
  4. Bersihkan atau cuci buah yang telah dipetik. Kemudian dibilas dengan air gunung, dan dikeringkan dengan dilap menggunakan tisu atau kain yang bersih. Tetapi, waktu mengeringkannya pelan – pelan agar tidak rusak. Karena tekstur buah Tin lembuh, mudah rapuh.

Baca juga:

  1. 10 Manfaat Buah Tin Untuk Ibu Hamil
  2.  Cara Membuat Manisan Buah Tin
  3. “9 Langkah” Cara Membuat Teh Daun Tin

Memakan Buah Tin Segar

  1. Tekstur buah ini cenderung rapuh dan lembut sehingga anda akan mudah memakannya. Namun bagi yang tidak suka dengan kulit buah tin, sebaiknya kupas dahulu kulit luarnya. Caranya,  cukup putar batangnya, kemudian gunakan jari untuk mengupas kulitnya dengan perlahan dari bagian atas atau kulit yang terbuka.
  2. Buah Tin segar dapat dimakan dengan kue. Buah Tin dapat dijadikan sebagai hiasan pengganti anggur dan stroberi, dan buah ini bisa langsung dimakan ketika habis dipetik, tetapi dibersihkan terlebih dahulu ya.

Buah ini dapat disimpan selama kurang lebih 2 – 3 hari di dalam lemari es atau kulkas. Jika anda ingin buah Tin bertahan lebih lama, anda bisa memasukkannya ke dalam freezer. Biasanya buah ini akan muncul seperti butiran kristal di permukaan buah yang menandakan bahwa buah ini sudah matang.

Memakan Buah Tin Kering

Warna buah Tin kering lebih gelap dibanding warna buah Tin yang masih. Buah Tin kering sedikit lebih kenyal, dan juga masih memiliki banyak gizi walaupun buah Tin kering tidak memiliki banyak air.

Buah tin kering dapat disimpan kurang lebih selama 1 (satu) bulan dalam paket tertutup dan suhu tertentu. Jika ingin menyimpannya dalam waktu yang panjang, anda bisa menanamnya di dalam lemari es, buah Tin dapat bertahan selama enam hingga satu tahun lohh.

Untuk menggunakan buah ara kering untuk masakan, buah Tin atau ara direndam terlebih dahulu agar teksturnya lembut ketika dimasak. Caranya bisa direbus dalam beberapa menit di dalam air. Tapi tambahkan air secukupnya ya.

Ada beberapa cara untuk mengkonsumsi buah Tin atau ara kering yaitu :

  1. Dicampur Ke Adonan Kue

Buah Tin atau ara kering yang telah direndam dapat digunakan untuk makanan yang dibakar atau dipanggang. Caranya yaitu dengan membuat adonan untuk kue muffin, pie, roti, atau tart. Kemudian taburkan atau campurkan buah Tin yang kering tadi kedalam adonan. Ingat!! Buah Tin atau ara yang digunakan yaitu kering dan juga telah direndam dengan air.

  1. Dicampur kedalam Bubur atau Oatmeal

Ada banyak cara untuk memakan buah Tin kering. Setelah dijadikan kue, sekarang ada acara buah Tin dicampur ke adonan bubur atau Oatmeal. Caranya mudah banget, yaitu cukup dengan menaburkannya ke semangkuk bubur atau oatmeal yang akan dimakan. Dan makanan yang akan kalian makan akan memiliki rasa manis dari buah Tin.

Perlu diperhatikan, kerusakan pada buah juga sangat mempengaruhi ketahanan pada buah waktu disimpan, semakin baik kualitas buah tidak ada cacat atau tidak ada luka pada buah maka semakin tahan lama pula buah tersebut dapat disimpan dalam tempat penyimpanan buah yang anda miliki.

Nah itulah tadi beberapa Cara Makan Buah Tin yang dapat Joann share di artikel kali ini. Semoga dapat bermanfaat buat sobat pembaca. Terima kasih banyak atas kunjungannya. Sekian dari Joann. Wassalamualaikum. Sayonaraa ^^)/

Kunjungi artikel terkait:

  1. Cara Mencangkok Pohon Jambu Biji Yang Benar
  2. Cara Menanam Lidah Mertua di Pot Tumbuh Subur 
  3. Jenis-Jenis Kopi Terbaik Nusantara [Paling Enak]
  4. Cara Merawat Bunga Anggrek Bulan [Tanaman Hias] 
  5. Cara Membuat Masker Wajah dari Jeruk Nipis dan Manfaatnya