Cara Meningkatkan Engagement Instagram Mudah Untuk Pemula

Diposting pada

Engagement di instagram adalah proses interaksi yang terjadi pada postingan di instagram melalui  aktivitas like, komentar, atau save pada foto atau video yang kita unggah pada akun instagram. 

Instagram merupakan sosial media yang populer untuk berbagi foto dan video pendek. Saat ini instagram juga banyak digunakan untuk branding personal atau bisnis, berbagi informasi menarik dan untuk berjualan. Jadi sekarang, banyak orang yang mencari cara meningkatkan engagement rate instagram, supaya akun instagram yang kita kelola akan semakin banyak dilihat dan banyak orang yang berinteraksi.

Apa Manfaat Engagment Tinggi pada Postingan Instagram?

Semakin besar engagement instagram akan semakin bagus. Alasannya, instagram akan semakin sering menampilkan unggahan foto maupun video kita ke para pengguna instagram.

Apalagi saat ini sudah ada fitur baru instagram yaitu Reels, jadi sebagai konten kreator di instagram, semakin banyak pilihan untuk membuat akun instagram kita mendapat banyak interaksi.

Keuntungan akun atau konten kita sering ditampilkan, salah satunya akan menambah jumlah followers aktif pada akun. Jika Anda bercita-cita sebagai seorang selegram, tentu kehadiran followers yang banyak akan semakin menguntungkan, karena Anda akan dilirik berbagai macam brand atau produk yang siap untuk mengiklankan produk mereka di akun instagram Anda.

Disamping itu, semakin banyak followers juga akan menambah peluang bisnis Anda dilihat banyak orang dan semakin banyak pembeli produk yang Anda jual.

Bagaimana Cara Mengingkatkan Engagement di Instagram?

Supaya instagram yang kita kelola mendapat engagement yang banyak, ada banyak cara yang bisa dilakukan. Diantaranya membuat unggahan menarik baik foto maupun video. Konten yang menarik juga bisa dibuat dalam banyak versi, misalnya konten yang mengundang rasa penasaran, konten yang unik dan masih banyak lagi.

Berikut cara meningkatkan engagement di instagram dengan mudah.

  1. Posting di jam ramai pengguna

Memancing di kolam yang banyak ikan tentu akan lebih mudah daripada memancing di kolam yang sepi ikan. Begitupun dengan instagram, jika Anda mengunggah konten di jam ramai, maka peluang untuk mendapat engagment akan lebih besar. 

Jadi PR nya adalah mencari kapan waktu yang tepat, atau kapan jam ramai pengguna di instagram. Cara mengetahuinya adalah melalui insight instagram. Fitur insight instagram hanya bisa dilihat, jika akun Anda sudah diaktifkan sebagai akun bisnis. Jadi ubah dulu akun Anda menjadi akun bisnis.

Fitur insight akan memberikan laporan tentang jam ramai pengguna instagram aktif, data tentang tayangan atau interaksi pada masing-masing postingan yang Anda unggah.

Dari fitur insight ini Anda bisa tahu kapan waktu yang tepat untuk upload konten, dan konten mana yang paling disukai oleh para pengikut.

  1. Mengundang interaksi

Orang-orang yang melihat postingan Anda mungkin hanya akan melewatinya jika hanya postingan biasa atau video. Jadi untuk meningkatkan engagment instagram sendiri, interaksi juga harus diundang atau dipancing. Cara memancing interaksi bisa dengan fitur unggahan tentang kuis, survey, kirim pesan atau DM untuk ikut tanya perihal pribadi dan cara-cara lain dengan tujuan pengguna bisa ikut serta dalam postingan Anda.

Jika postingan Anda sepi interaksi, Anda bisa menggunakan jasa komentar di instagram dari Rajakomen.com. Rajakomen akan membantu meramaikan postingan Anda dengan komentar sesuai dengan keinginan.

  1. Gunakan hastag untuk menjangkau lebih banyak pengguna

Misalnya Anda tentang membagikan foto tentang modifikasi motor/mobil, atau tempat wisata di suatu daerah, jangan tinggalkan hastag pada caption foto Anda, misalnya #modifikasimotor dan #wisatabandungbarat. Sebab postingan Anda akan muncul di hasil pencarian pada hastag yang sesuai. Jadi saat Ada orang mencari info wisata bandung barat, konten Anda akan muncul dan tentu akan berpeluang mendapat like, komen atau save postingan.

  1. Melibatkan komunitas

Cara meningkatkan engagement instagram rate yang terakhir adalah dengan melibatkan komunitas. Anda bisa bergabung dengan komunitas sesuai dengan niche konten instagram Anda untuk mendapatkan dukungan interaksi pada setiap postingan Anda. Nantinya Anda juga harus memberikan interaksi balik pada anggota komunitas tersebut.

Itulah tadi ke-empat cara meningkatkan engagement di instagram. Sebenarnya masih banyak cara kreatif lain, yang akan kita bahas dilain kesempatan.