Inilah Perbedaan Kopi Robusta dan Arabica Yang Perlu Kamu Ketahui

Posted on

 

Nuansa.web.id | Cara membedakan kopi robusta dan arabika – Kopi Arabika dan Robusta merupakan jenis kopi yang paling populer di dunia. Meski sama-sama kopi namun keduanya memiliki cita rasa yang jauh berbeda. Bukan itu saja, harga antara keduanya juga berbeda.

Kualitas kopi sendiri tergantung dari tempatnya tumbuh serta perawatan yang baik. kopi dengan kualitas tinggi sudah pasti harganya berbeda. Baca Juga: Inilah Jenis jenis Kopi Indonesia Asli

Kepopuleran kopi saat ini sudah merambah ke berbagai kalangan di seluruh dunia. Namun masih ada beberapa kalangan yang tidak mengerti apa itu kopi Arabika dan kopi Robusta, yang orang tahu hanyalah kopi biasa. Oleh sebab itu, sangat penting untuk mengetahui apa yang dimaksud dari kedua jenis kopi tersebut.

Perbedaan kopi robusta dan kopi arabika

Perbedaan diantara Kopi Arabika dan Kopi Robusta yang paling terasa adalah pada cita rasanya. Kopi Arabika memiliki rasa yang kuat dengan aroma buah-buahan di dalamnya. sedangkan Kopi Robusta cita rasanya labih tajam dan memiliki aroma seperti kacang-kacangan. Sedangkan untuk harganya, Kopi Arabika memiliki harga yang lebih tinggi di pasaran.

Nah untuk mengetahui secara detil tentang apa perbedaan antara Kopi Robusta dan Arabika mari disimak ulasan lengkap di bawah ini.

Kopi Arabica

Kopi arabika atau Coffea Arabica pertama kali ditemukan di Brasil dan Afrika. Kopi Arabika dapat tumbuh pada ketinggian 700 hingga 1700 m dpl. Suhu yang paling baik untuk pertumbuhan kopi arabika berkisar antara 16o hingga 20o Celcius. Kopi arabika memiliki kerentanan terhadap serangan hama dan penyakit seperti kara daun dan sebagainya.

Kandungan kafein di dalam Kopi Arabika berkisar antara 0.8-1.4%. Kopi Arabika saat ini menguasai pasar kopi di dunia dengan jumlah permintaan yang tinggi serta harga yang cukup mahal. Jenis Arabika merupakan yang paling populer di dunia. Terdapat beberapa ciri ciri kopi Arabika yang harus anda ketahui.

  1. Kopi arabika memiliki aroma yang menyerupai buah-buahan karena kopi arabika banyak di budidayakan pada derah dingin atau dataran tinggi.
  2. Rasa kopi arabika lebih soft atau halus
  3. Kopi arabika terasa kental di mulut
  4. Rasa kopi arabika agak asam
  5. Tingkat rasa pahit yang cukup tinggi

Kopi Robusta

Kopi Robusta adalah jenis kopi yang dapat tumbuh baik pada dataran rendah yakni pada ketinggian sekitar 400 hingga 700 m dpl. Suhu yang baik untuk pertumbuhan kopi robusta adalah 21-24o C.

Kopi robusta juga banyak di budidayakan di Indonesia. Namun karena kualitasnya yang dibawah kopi arabika maka permintaan pasar dunia untuk kopi robusta hanya sekitar 30% saja.

  1. Beberapa ciri-ciri kopi robusta
  2. Cita rasa kopi robusta menyerupai cokelat
  3. Aroma kopi robusta lebih sedap
  4. Memiliki tekstur kasar ketimbang kopi arabika

Nah itulah tadi beberapa ciri ciri kopi arabika dan robusta yang mungkin dapat anda jadikan tambahan pengetahuan agar anda tidak bingung lagi untuk membedakan kedua kopi tersebut.

Leave a Reply