Jenis-Jenis Kopi Terbaik Nusantara [Paling Enak]

Diposting pada
Berapa nilai post ini?

Jenis-Jenis Kopi Terbaik Nusantara [Paling Enak]

Jenis-Jenis Kopi Terbaik Nusantara [Paling Enak] – Indonesia adalah salah satu penyumbang kopi terbesar di dunia. Saat ini Indonesia berada di posisi 3 sebagai penyumbang kopi dunia. Letak geografis dan iklim yang cocok menjadikan nusantara sebagai lokasi yang sangat baik dalam budidaya kopi.

Kualitas kopi Indonesia tidak diragukan lagi hingga perusahaan waralaba besar seperti sturbucks mengangkat kopi Indonesia sebagai salah satu menu kopi favorit.

Di Indonesia sendiri ada 7 jenis kopi yang daerah asalnya terbentang dari sabang sampai marauke. Beberapa kopi tersebut pun sudah sangat mendunia contohnya saja kopi sumatera. Kita sebagai bangsa Indonesia paling tidak tahu akan kekayaan bangsa ini seperti halnya kopi. Mari kita kenal lebih dalam tentang jenis kopi Indonesia yang mendunia ini. lihat manfaat kopi disini

Jenis-Jenis Kopi Nusantara

Jenis Kopi Nusantara (Sumatera)

Jenis-Jenis Kopi Terbaik Nusantara [Paling Enak]

Sudah dibahas secara singkat pada pendahuluan bahwa kopi sumatera termasuk kopi yang paling dicari di dunia. Tekstur yang halus serta cita rasa yang kuat menjadikan kopi sumatera sebagai primadonanya kopi.

Kopi sumatera sendiri memiliki beberapa jenis kopi berdasarkan tempat tumbuhnya. Misalnya kopi lampung asal lampung, kopi aceh gayo asal aceh, kopi mandheling natal asal sumatera utara semuanya adalah jenis kopi terbaik dunia.

Baca:

  1. Inilah Perbedaan Kopi Robusta dan Arabica Yang Perlu Kamu Ketahui
  2. Cara Sukses Menanam Kopi
  3. Manfaat Kopi Untuk Kecantikan Kulit dan Wajah [Alami]

Jenis Kopi Nusantara Jawa

jenis kopi nusantara sulawesi

Kopi jawa atau java Coffee memang cukup dikenal di mancanegara. Kopi jawa memiliki rasa yang khas rempah-rempah di dalamnya. Walaupun cita rasanya tak sekuat kopi Sumatera dan kopi Sulawesi, kopi jawa lebih mengusung aroma rempah tipis sehingga membuat kopi jawa berbeda dengan kopi nusantara lainnya. Pusat produksi Kopi Jawa terletak di jawa timur lebih tepatnya didaerah Ijen yang memiliki ketinggian 1400 mdpl.

Jenis Kopi Nusantara (Sulawesi)

Sulawesi termasuk dalam salah satu pulau di nusantara sebagai penyumbang kopi di negeri ini. Kualitasnya jangan diragukan, kopi Sulawesi memiliki karakteristik rasa yang asam dan unik. Hal tersebutlah yang menjadikan kopi Sulawesi sebagai kopi terbaik nusantara.

Kopi Sulawesi memiliki kulit luar yang lebih halus ketimbang kopi sumatera. Beberapa pakar kopi di dunia mengatakan bahwa kopi Sulawesi sebagai salah satu jenis kopi terbaik di dunia.

Jenis Kopi Nusantara Bali Kintamani

jenis kopi nusantara bali

Memang sesuai dengan namanya, kopi ini berasal dari daerah dataran tinggi pulau Bali. Kopi Bali kintamani berbeda dengan kopi lainnya di Indonesia. Tekstur kopi ini sedikit kasar dengan aroma yang segar dan asam. Yang membuat kopi ini unik adalah cita rasa buah-buahan didalamnya. Di daerah kintamani tanaman kopi ditanam bersamaan dengan buah-buahan dan sayur mayor mungkin itu sebabnya mengapa kopi bali kintamani memilki cita rasa buah didalamnya.

Jenis Kopi Nusantara Flores Bajawa

Kopi Indonesia selanjutnya berasal dari daerah timur Indonesia yaitu pulau Flores. Pulau Flores nan indah itu ternyata memiliki hasil kopi yang sudah terkenal sampai ke seluruh dunia. Kopi Flores Bajawa dibudidayakan didataran tinggi yang memiliki jenis tanah androsol sisa abu vulkanik hal tersebutlah yang menjadikan kopi ini memiliki cita rasa yang kuat.

Kopi Flores Bajawa telah di ekspor ke banyak Negara di dunia, salah satu tujuan ekspor terbanyak Kopi Flores Bajawa adalah Amerika. Permintaan mancanegara akan kopi ini memang luar biasa, pada tahun lalu permintaan untuk amerika sendiri adalah 1000 ton namun kita baru dapat memenuhinya sebanyak 300 ton saja.

Hal ini yang perlu mendapat perhatian pemerintah, bagaimana mengangkat produksi Kopi flores Bajawa agar dapat memenuhi permintaan dunia.

Jenis Kopi Nusantara Papua Wamena

Wamena adalah kota kecil yang berada di kaki gunung jaya wijaya Papua. Iklim di kota Wamena terbilang dingin suhunya berkisar 15-20 derajat celcius. Ada yang khas dari daerah Wamena yaitu kopinya yang sudah mulai mendunia.

Jenis Kopi Wamena adalah kopi arabika , dalam budidayanya Kopi Wamena sama sekali tidak menggunakan bahan kimia sehingga kopi ini dapat disebut dengan kopi organik.

Cita rasa yang terkenal dari Kopi Wamena adalah aromanya yang khas serta memiliki kadar keasaman rendah. Sejak tahun 2008, Kopi Wamena telah diekspor ke Amerika hingga saat ini.

Jenis Kopi Nusantara Lampung

Mendengar namanya saja kita sudah tahu akan kenikmatan kopi ini. Kopi Lampung dapat digolongkan sebagai salah satu kopi ternikmat nusantara. Kopi Lampung memiliki aroma yang harum serta tekstur yang halus.

Kopi lampung diproses secara kering, hal tersebut yang membuat cita rasa kopi ini dapat keluar. Kopi lampung termasuk jenis kopi robusta yang banyak dibudidayakan didaerah Lampung Barat, Lampung Tengah dan sekitarnya.

Untuk anda penikmat kopi harus mencicipi jenis kopi yang satu ini sebagai syarat wajib menjadi pecinta kopi nusantara.

Nah itulah tadi Jenis-Jenis Kopi Terbaik Nusantara, semoga bermanfaat bagi pembaca dan terima kasih banyak atas kunjungannya.