Klasifikasi Tumbuhan Lidah Buaya di Indonesia

Posted on

Klasifikasi Tumbuhan Lidah Buaya – Lidah buaya atau dalam bahasa latinnya Aloe vera merupakan tanaman sekulen yang sangat menyukai lingkungan yang gersang dan kering. Tanaman ini mampu menyimpan air sehingga dalam keadaan kemarau lidah buaya dapat tetap hidup. Lidah buaya memiliki batang yang berwarna hijau dan terdapat duri pada tepiannya.

Lidah buaya merupakan salah satu dari sekian jenis tanaman yang paling laris di dunia pengobatan dan kecantikan. Tanaman lidah buaya dijadikan bahan utama dalam pembuatan kosmetik dan berbagai obat herbal. Lidah buaya memiliki berbagai kandungan yang sangat bermanfaat untuk tubuh. Baca Juga: Manfaat Lidah Buaya untuk Kesehatan dan Kecantikan

Banyak orang yang tahu tentang tanaman lidah buaya namun banyak yang belum mengerti secara jelas tentang klasifikasi tanaman ini. Lidah buaya terdiri dari batang, bunga, daun dan akar. Untuk lebih jelasnya mari kita simak ulasan berikut ini.

Klasifikasi Tanaman Lidah Buaya

Kingdom : Plantae
Subkingdom : Tracheobionta
Super Divisi : Spermatophyta
Divisi : Magnoliophyta
Kelas : Liliopsida
Ordo : Asparagales
Famili : Asphodelaceae
Genus : Aloe
Spesies : Aloe vera L
Lidah buaya sebetulnya sangat mudah di dapat karena hampir disetiap rumah apalagi dipedesaan tanaman ini kerap dijumpai di halaman rumah baik itu di tanah pekarangan ataupun di pot. Berbagai tujuan orang memelihara tanaman lidah buaya dari yang mengerti akan manfaatnya sampai yang hanya ikut-ikutan. Namun diluar itu semua, tanaman lidah buaya memiliki banyak manfaat untuk tubuh baik dari segi kesehatan maupun kecantikan.
Sudah dijelaskan pada pendahuluan bahwa tanaman lidah buaya terdiri dari batang, daun, bunga, dan akar. Semua bagian itu akan dibahas pada penjelasan ringkas dibawah ini.
1. Batang
Jika anda memperhatikan tanaman lidah buaya pasti anda akan kebingungan untuk membedakan mana daun dan juga batang. Batang pada tanaman lidah buaya terdapat pada bagian bawah tanaman. Batang lidah buaya ditandai dengan adanya serat dan berkayu. Secara umum batang tanaman lidah buaya nyaris tidak dapat dibedakan. Meski begitu batang tanaman lidah buaya memiliki panjang berkisar antara 4-5 cm jadi sangat wajar bila batang sulit ditemukan.
2. Daun
Berbeda dengan bagian batang yang sangat sulit ditemukan, bagian daun lidah buaya sangat mudah ditemukan karena merupakan bagian yang paling terlihat dari tanaman ini. Bentuk daun lidah buaya melebar dan pada ujungnya meruncing. Pada sisi daun terdapat duri-duri dan pada pucuk daun juga terdapat duri.
3. Bunga
Bunga lidah buaya sulit sekali untuk ditemukan karena bunga lidah buaya hanya akan muncul ketika tanaman telah berumur cukup tua. Bunga lidah buaya akan muncul pada ujung daun yang telah memiliki panjang hingga 1 meter lebih. Bunga lidah buaya biasanya mudah ditemukan di alam bebas karena di alam bebaslidah buaya tumbuh subur tanpa ada yang mengganggunya.
4. Akar
Akar tanaman lidah buaya termasuk jenis akar serabut yang cukup pendek dan tidak menyebar. Akar tanaman lidah buaya berfungsi untuk mencari makanan dan air lalu di sebarkan ke seluruh organ tanaman. Akar juga berfungsi sebagai penegak tubuh tanaman agar tidak mudah roboh.

itulah ulasan tentang klasifikasi tumbuhan lidah buaya yang mungkin dapat anda jadikan referensi. semoga artikel ini bermanfaat dan terimakasih telah membaca!!!

Leave a Reply