Punya Masalah Kandungan? Chat Dokter Sehatq Saja!

Diposting pada
5/5 - (5 votes)

Masalah kandungan sering dialami oleh para ibu yang sedang mengandung mulai usia kandungan mulai dari 3 bulan hingga menjelang kelahiran. Beberapa masalah kandungan seperti kram perut atau demam bisa diatasi dengan cukup istirahat. Namun jika intensitasnya cukup sering, sebaiknya tetap harus konsultasi ke dokter.

Di masa pandemi saat ini, kita dihadapkan dengan kondisi yang tidak memungkinkan untuk sering-sering pergi ke luar rumah, apalagi ke rumah sakit. Jadi bagi ibu yang mau memeriksakan keadaan kandungan bisa lebih dahulu tanya dokter kandungan untuk mendapat keterangan dan saran untuk tindakan selanjutnya yang harus dilakukan.

Lalu apa saja masalah kandungan yang sebaiknya perlu diperhatikan? Simak beberapa masalah kandungan pada ibu hamil berikut ini.

Masalah Kandungan Yang Umum

Bagi wanita yang baru pertama kali merasakan kehamilan, memang penting untuk mengenali gejala masalah kandungan. Semakin dini diketahui masalahnya, akan semakin baik bagi keadaan janin maupun ibunya.

Berikut beberapa tanda masalah kandungan yang banyak dialami oleh wanita yang sedang hamil.

  • Merasa mual dan muntah terlalu sering
  • Vagina mengalami pendarahan
  • Suhu tubuh tinggi dan demam
  • Sakit kepala
  • Dada terasa nyeri dan sesak
  • Keluar cairan tidak biasa pada vagina
  • Merasa sedih terus menerus

Bermacam-macam masalah di atas ada berbagai faktor penyebabnya. Silahkan chat dokter di Sehatq untuk mendapatkan informasi lebih lanjut.

Masalah Kandungan Usia 3 bulan

Di usia kandungan 3 bulan pertama, banyak wanita yang memiliki keluhan seperti perut sakit luar biasa sampai terasa di bagian tubuh lain seperti pinggang atau punggung, terjadi kram perut secara terus menerus dan beberapa masalah perut lainnya. Beberapa masalah ini bisa merupakan salah satu gejala keguguran, meskipun bisa jadi karena masalah pencernaan. 

Jika mengalami kejadian ini, langkah pertama yang perlu dilakukan adalah banyak minum air hangat, olahraga ringan seperti berjalan, istirahat yang cukup dan jangan banyak melakukan pekerjaan berat. Jika gejala tidak kunjung reda, segera periksa ke dokter kandungan terdekat.

Masalah Kandungan Usia 4 Sampai 9 Bulan

Pada trimester kedua dan ketiga setiap ibu hamil memiliki gejala yang berbeda-beda. Biasanya hal ini dipengaruhi oleh kesehatan ibu, pola makan, atau imunitasnya.

Beberapa gejala yang biasa dialami ibu hamil pada trimester kedua dan ketiga diantaranya terjadi masalah pada penglihatan seperti buram, bagian tubuh mengalami pembengkakan seperti bagian wajah, tangan dan kaki, kondisi janin tidak bergerak atau gerakannya melemah.

Gejala di atas jika intensitasnya rendah, Anda tidak perlu merasa cemas berlebihan jika mengalami masalah ini tersebut. Karena kondisi ibu juga bisa mempengaruhi janin. Namun jika gejala tidak kunjung mereda, Anda bisa menghubungi dokter untuk menanyakan gejala yang Anda alami.

Cara Mengatasi Masalah Kandungan

Masalah kehamilan yang dialami oleh sebagian besar wanita hamil tidak akan sama, bahkan di setiap kehamilan pada wanita yang sama, bisa mengalami gejala yang berbeda-beda.

Untuk mencegah adanya masalah kandungan, disarankan untuk mengikuti anjuran dokter atau bidan tempat Anda memeriksakan kandungan pertama kali. Karena dokter tersebut akan membantu memantau perkembangan kandungan Anda. Biasanya dokter juga akan memberikan suplemen vitamin dan obat-obatan lain yang bisa membantu menjaga kesehatan ibu dan calon bayi.

Jika Anda rutin periksa ke dokter sesuai dengan jadwal yang sudah ditentukan, dokter akan mengetahui apa yang harus dilakukan dan konsumsi supaya kondisi Anda dan kandungan tetap sehat.

Untuk mengatasi masalah kandungan yang berbeda-beda, cara penanganannya pun akan berbeda pula. Sebaiknya, segera periksakan ke dokter atau bidan terdekat untuk mendapatkan pemeriksaan lebih lanjut.