Pengertian Salad, Contoh, Jenis dan Komposisinya

Posted on
pengertian salad, jenis dan contohnya
American Salad

Nuansa – Pengertian Salad, Contoh, Jenis-Jenis dan Komposisinya| Menurut The Dictionary of American Food and Drink, salad adalah makanan yang berupa sayur-sayuran hijau yang disiram dengan saus atau bumbu-bumbu lain yang dan ditambah dengan buah-buahan lain.

Tahukah kamu ?
Tahukah anda tentang khasiat salad ? Pengolahan salad sebenarnya bisa digunakan untuk berbagai macam olahan makanan, bahkan ada yang khusus menggunakan olahan salad untuk diet. 

Salad pada mulanya diartikan sebagai sayuran segar (crispy leaf vegetable). Namun pada kenyataannya saat ini, bahan untuk membuat salad sudah banyak menggunakan bahan makanan lain, sehingga lahirlah salad yang beraneka ragam.

Pengertian Salad

Definisi salad sesuai perkembangan zaman adalah suatu makanan yang dihidangkan bersama dressing (sauce salat) dan sayuran yang crispy.

Dengan kata lain, salad merupakan campuran dari sayuran hijau segar, daging, buah, unggas dan ikan yang dihidangkan bersama dengan jus atau dressing (saus/kuah salad).

[artikel number=3 categories=”kesehatan” ]

Sejarah Salad

Sejarah mencatat bahwa, salad telah dikonsumsi oleh orang-orang Romawi dan Yunani Kuno. Kata salad berasal dari Bahasa Latin yaitu “sal” yang bermakna “garam”. Pada saat (zaman) itu, salad merupakan bumbu yang sangat penting memberikan rasa bagi makanan.

Dalam Bahasa Perancis kuno, kata “sal” kemudian diserap menjadi “salade” dan diserap ke dalam Bahasa Inggris pada akhir abad ke-14 menjadi salad atau sallet.

Jenis Jenis Salad

Macam macam salad yang umum dikenal diambil dari dressing yang digunakan seperti orange salad, tomato salad, dan mixed salad.

Salad bisa dihidangkan saat panas, dingin, masak, mentah atau kombinasi. Yang terpenting adalah penampilan salad pada saat dihidangkan, segar dan semenarik mungkin.

Secara lengkap, jenis jenis salad bisa diklasifikasikan menjadi 3 yaitu:

1. Simple Salad adalah salad yang bahannya menggunakan satu atau dua macam bahan makanan saja. Contoh simple salad : potato and beef salad, beat road salad, cucumbe salad.

macam macam salad

2. Compound Salad/ Complek Salad adalah salad yang dibuat dari tiga atau lebih macam bahan makanan. Contoh nya : yolande salad, rusian salad.

jenis jenis salad

3. American Salad adalah jenis salad yang sama dengan Compoud Salad, yang membedakan hanya pada body yang terbuat dari buah-buahan. Contohnya orange salad, florida salad.

Komposisi Salad

Komposisi salad yang lengkap (complete salad) adalah terdiri dari empat bagian seperti:

  1. Underliner (alas atau dasar)

Underliner (alas atau dasar) ini biasanya diisi dengan sayuran daun hijau seperti daun slada atau lettuce karena merupakan sayuran segar yang kering/renyah (crispy), baik di potong atau dibiarkan utuh, dengan tujuan untuk membuat salad supaya tampak lebih segar (refreshing effect).

  1. Body (bagian utama)

Bagian ini merupakan bagian utama dari salad. Bagian ini biasanya yang menentukan nama salad, contohnya tomato salad atau potato salad.

  1. Dressing (saus)

Dressing yang digunakan sebagai saus salad adalah berbahan saus dasar minyak selada, saus dasar mentega dan sebagainya.

  1. Garnish (hiasan)

Garnish ini berfungsi untuk mempercantik hidangan. Garnish bisa dianggap sebagai point penting dalam membuat salad, karena dengan garnish yang baik, tentu penampilan salad akan terlihat menarik dan meningkatkan rasa penasaran ingin mencoba atau memakannya. Garnish mempunyai seni tersendiri dalam sebuah hidangan, jadi untuk membuat garnish dengan menarik, dibutuhkan kreativitas dan pengalaman dalam mengerjakannya.

Bagaimana jenis-jenis salad di Indonesia ?

Salad di Indonesia secara umum dibagi menjadi 2 yaitu salad mentah dan salad matang. Salad mentah terdiri dari sayur-sayuran mentah yang disajikan bersama saus/sambal dan bumbu. Berikut beberapa jenis salad yang ada di Indonesia:

  1. Gado-gado

Pasti temen-temen sudah pernah merasakan nikmatnya gado-gado yaa. Gado-gad merupakan makanan tradisiona Indonesia yang berupa sayur-sayuran yang direbus dan dicampur dengan bumbu dan saus dari kacang tanah yang dihaluskan.

Gado-gado berisi tahu, tempe goring, kerupuk, emping dan taburan bawang merah goreng.

Sambal yang digunakan harus direbus terlebih dahulu menggunakan santan. Kemudian pada bumbunya, hanya ditambah bawang merah dan kecap.

Cara menyantapnya adalah bisa langsung dimakan begitu saja seperti salad dengan bumbu saus kacang, bisa juga disajikan dengan lontong atau nasi putih.

  1. Karedok

Karedok adalah makanan khas daerah di Indonesia yang terbuat dari bahan-bahan seperti kacang panjang, tauge, kol, ketimun, terong dan daun kemangi. Sedangkan sambal/sausnya menggunakan cabai merah, kencur, air asam, bawang utih, gua jawa, kacang tanah, terasi dan garam.

  1. Pecel

Salad versi Indoensia berikutnya adalah pecel. Siapa yang tidak kenal pecel ? makanan ini hampir disukai oleh semua masyarakat Indonesia.

Konsep pecel hampir mirip dengan hidangan salad dari Eropa. Perbedaannya terletak pada toppingnya. Jika salad Eropa menggunakan mayonnaise sebagai topping, sedangkan pecel menggunakan bumbu/sambal pecel yang berbahan dasar kacang tanah, cabe rawit, kulit jeruk purut, asam jawa dan garam.

  1. Rujak

Rujak adalah makanan tradisional, termasuk di Indonesia yang berbahan dasar sayuran atau buah yang dibubuhi kuah atau bumbu. Beberapa jenis rujak yang bisa di temukan di Indonesia seperti:

  • Rujak Cingur, adalah makanan tradisional yang bisa teman-teman temukan di daerah asalnya yaitu Surabaya, Jawa Timur.
  • Rujak Manis adalah termasuk jenis salad yang berbahan dasar buah-buahan segar dengan saos manis pedas.
  • Asinan adalah makanan yang berbahan dasar sayuran dan buah-buahan, yang proses pembuatannya melalui pengasinan dengan garam dan pengasaman dengan cuka.

Demikianlah Pengertian Salad, Contoh, Jenis dan Komposisinya. Semoga bermanfaat bagi pembaca sekalian, dan terima kasih banyak atas kunjungannya.

Leave a Reply