Tips Membersihkan Rumah Yang Sederhana dan Ampuh

Diposting pada
5/5 - (18 votes)

Tentu akan menyenangkan tinggal di dalam rumah yang bersih. Namun seringkali pemilik rumah sibuk bekerja, sehingga tidak sempat membersihkan rumah. Tapi jangan khawatir,  kali ini kami akan memberikan tips membersihkan rumah paling sederhana yang bisa kamu lakukan, supaya rumah bisa bersih sepanjang hari.

Banyak orang yang belum tahu cara menjaga kebersihan rumah secara mudah dan tidak capek. Salah satu kunci rumah selalu bersih adalah setiap anggota keluarga, bisa bekerja sama menjaga kebersihan rumah, contoh kecilnya dengan meletakkan barang-barang ke tempat semula. 

Karena barang-barang yang berserakan di rumah membuat rumah terlihat tampak kotor, meskipun bukan karena debu.

Sebelum kita lanjut untuk membahas cara membersihkan rumah, kita harus tahu dulu nih apa saja kriteria rumah bersih. Menurut National Center for Health Housing.

Rumah yang bersih adalah rumah yang kering, bebas hama misalnya tikus, kecoa kutu, aliran udara bebas keluar masuk setiap ruangan rumah, jauh dari polusi atau limbah. 

Jika rumah anda sudah memenuhi kriteria tersebut, maka rumah anda bisa dianggap bersih. Namun jika belum sekarang saatnya untuk simak tips membersihkan rumah dengan mudah:

Membersihkan lantai

Percayalah lantai merupakan tempat yang paling banyak menyimpan kotoran atau debu. Karena debu-debu yang terbawa masuk dari luar pasti akan jatuh ke lantai. Jadi untuk menjaga rumah anda bersih, anda harus pastikan lantai anda selalu bersih. 

Namun jika Anda ingin membersihkan rumah secara keseluruhan, maka Anda bisa membersihkan bagian rumah yang letaknya paling atas, misalnya lampu, plafon, atas lemari dan lain-lain. Lalu membersihkan lantai bisa berbarengan, atau bisa juga pada tahap terakhir. Membersihkan lantai bisa dimulai dengan mengepel lantai, menyapu dan membersihkan karpet lantai.

Membersihkan tempat tidur

Tempat tidur merupakan bagian rumah yang paling banyak anda kunjungi, kurang lebih 8 jam dalam satu hari. Tempat tidur yang bersih, tentu akan membawa perubahan besar dalam rumah anda dan anda akan semangat untuk melakukan aktivitas sehari-hari. Anda bisa mencuci tangan kaki dan muka sebelum pergi ke tempat tidur dan menyediakan alas kaki dan rajin membersihkan kasur bantal dan seprai.

Menggunakan jasa desinfektan untuk menghilangkan virus di dalam rumah

Virus merupakan barang yang tidak nampak oleh pandangan mata biasa. Kita tidak pernah tahu dimana virus menempel di rumah kita. Meskipun tidak nampak, virus sangat berbahaya bagi kesehatan, oleh karena itu kita tidak bisa menyepelekannya. 

Anda bisa menggunakan cairan desinfektan untuk membersihkan virus, dengan aturan dan cara khusus. Jika anda ragu untuk menggunakan cairan desinfektan sendiri, sebaiknya Anda bisa menggunakan jasa desinfektan yang merupakan orang yang berpengalaman dalam bidang ini.

Membersihkan dapur

Dapur adalah bagian rumah yang biasanya paling sering kotor, biasanya karena cipratan minyak, potongan sayuran, tumpukan piring kotor dan lain sebagainya. 

Anda bisa memulai membersihkan dapur dengan mengelap meja, membersihkan kompor dan mencuci piring dan perabot masa lainnya. Ada cara alternatif supaya tidak ada piring menumpuk di wastafel, yaitu setelah selesai makan, setiap anggota keluarga mencuci perabotan makannya sendiri-sendiri Sehingga piring dan peralatan makan di rumah anda akan selalu bersih.

Membersihkan kamar mandi

Salah satu bagian kamar mandi yang paling sering kotor adalah toilet. Cara membersihkan toilet berkerak cukup mudah, yaitu dengan menyiram cairan pembersih toilet (cukup seminggu sekali) lalu digosok ringan dengan sikat khusus dan rutin menyiramnya setiap hari meskipun tidak dipakai.

Bagian lainnya adalah dinding kamar mandi. Dinding kamar mandi yang terkena cipratan air setiap hari terkadang muncul lumut. Cara membersihkannya sama dengan sebelumnya yaitu menggunakan cairan pembersih, lalu digosok ringan dan dibilas dengan air bersih.

Bagian-bagian tadi yang sering kotor biasanya pengaruh dari air yang keruh. Anda bisa memasang filter pada kran air supaya air bisa jernih kembali.

Membersihkan teras depan rumah dan carport

Bagian teras depan rumah juga harus rutin dibersihkan, karena anda lewati setiap hari sebelum masuk rumah. Sehingga debu-debu bisa terbawa masuk, apalagi biasanya di teras rumah terdapat banyak tanaman dan pasti debu-debu dari tanah akan berterbangan. 

Areal carport juga biasanya kotor karena ban mobil atau motor yang membawa kotoran dan debu dari luar. Dengan rutin membersihkan 2 areal ini, bagian dalam rumah anda akan terjaga kebersihannya.

Demikian tip membersihkan rumah yang sederhana tapi membawa dampak besar. Sangat mudah diaplikasikan. 

Baca juga :