Cara Membuat Manisan Buah Tin

Diposting pada
1.7/5 - (6 votes)

Cara Membuat Manisan Buah Tin – Assalamualaikum wr.wb  Hai semua, semoga dalam keadaan sehat. Ada banyak cara untuk mengkonsumsi buah Tin. Ada yang langsung dimakan, ada yang dikeringkan terlebih dahulu, ada yang dijadikan manisan dan lain lain. Nah, simak langkah-langkahnya berikut ini.

Cara Membuat Manisan Buah Tin

cara membuat manisan buah tin

Alat dan Bahan

Alat – alat yang dibutuhkan adalah panci kecil, sendok, dan kompor, sedangkan bahan – bahan yang digunakan adalah buah Tin, garam, air, gula dan madu.

Langkah-langkah Membuat Manisan

  1. Siapkan panci kecil yang telah diisi air secukupnya.
  2. Setelah air mendidih masukkan garam dan buah Tin, biarkan hingga mendidih. Cara ini agar mengeluarkan getah yang ada didalam buah, dan juga agar aromanya berkurang. Ingat jangan direbus terlalu lama, hal itu akan membuat buah tersebut hancur karena tekstur buah Tin sendiri sudah lembek.
  3. Jika sudah, maka buang air rebusan tadi.
  4. Masak kembali buah Tin dengan cara direbus dengan air gula sampai teksturnya lengket seperti karamel dan diaduk. Airnya secukupnya saja.
  5. Tiriskan buah Tin kemudian lumuri dengan madu hingga merata.
  6. Buah Tin sudah dapat dinikmati.

Baca juga:

  1. Cara Membuat Tempe [Benar dan Enak] Beserta Gambar
  2. Resep dan Cara Membut Keripik Pisang [Rasa Unik]
  3. Cara Membuat Masker Wajah dari Jeruk Nipis dan Manfaatnya

Cara Mengawetkan Buah Tin

Untuk bisa dikonsumsi dengan jangka waktu yang lama buah Tin perlu diawetkan, dengan cara mengeringkannya terlebih dahulu. Buah yang dikeringkan adalah buah yang matang, yaitu buah yang masak dengan alami. Untuk mengetahui nya bisa dengan cara buah Tin yang sudah jatuh dari pohonnya.

Ada beberapa cara untuk melakukan pengeringan, bisa dengan cara alami atau juga buatan.

Mengeringkan Secara Alami

  1. Ambilah buah tin kemudian buah tersebut dicuci bersih.
  2. Setelah dicuci dengan bersih, buah Tin dipotong jadi dua bagian yang besarnya sama.
  3. Kemudian, letakkan buah yang sudah dipotong tadi di rak pengering dengan bagian kulit buah posisinya berada di bawah. Usahakan buah Tin tersebut tidak bersentuhan antara satu dengan yang lainnya.
  4. Jemur buah di bawah cahaya matahari dengan kelembabannya sedikit dan berangin. Ketika sudah malam masukkan ke dalam ruangan agar tidak kena embun pada pagi harinya. Proses pengeringan bisa dalam waktu 2 hari.
  5. Ketika malam ditutup dengan kain yang tipis agar mencegah serangga, yang hinggap dibuah.

Pengeringan Buatan dengan Oven

  1. Ambilah buah tin kemudian buah tersebut dicuci bersih.
  2. Setelah dicuci dengan bersih, buah Tin dipotong jadi dua bagian yang besarnya sama.
  3. Kemudian, letakkan buah yang sudah dipotong tadi di rak pengering dengan bagian kulit buah posisinya berada di bawah. Usahakan buah Tin tersebut tidak bersentuhan antara satu dengan yang lainnya.
  4. Setelah itu, masukkan rak kedalam oven yang suhunya sekitar 45°C – 50°C dan untuk Farenheit 115°F-120F. Suhu maksimumnya untuk Celcius adalah 60°C.
  5. Waktu yg dibutuhkan untuk mengoven adalah antara 8 sampai 12 jam atau lebih. Untuk memastikan buah tersebut sudah kering atau belum yaitu dengan cara menekan secara perlahan bagian tengah buah yg dibelah. Jika buah tersebut masih mengeluarkan air berarti pengeringan belum sempurna.
  6. Kemudian lakukan pasteurisasi (proses pemanasan makanan dengan tujuan membunuh organisme merugikan seperti bakteri dan protozoa) ketika buah tersebut sudah kering dan mengkerut untuk membunuh serangga yang mungkin masih tertinggal diantara celah-celah kerutan buah.
  7. Masukkan lagi rak tersebut kedalam oven dan sekitar 10-15 menit pada suhu 80°C atau bisa juga dimasukkan ke dalam frezzer kurang lebih selama 4 hari. Ada dampak yang didapatkan jika dimasukkan ke dalam freezer yaitu vitamin dan mineral yang ada pada buah akan berkurang sedikit serta bentuk tekstur kulit buah akan berubah.
  8. Setelah dikeringkan kemudian dimasukkan dalam lemari pendingin, buah tin kering tersebut akan bertahan kurang lebih selama 1.5 hingga 2 tahun. Sedangkan di dalam frezzer akan lebih lama lagi yaitu bisa bertahan selama 3 hingga 5 tahun.

Manfaat Daun Tin

Tidak hanya buah yang mempunyai manfaat, daunnya juga mempunyai manfaat loh, antara lain :

  1. Memperkuat Tulang, hal ini dapat terjadi karena daun Tin memiliki kandungan kalsium yang tinggi hingga dapat memperkuat tulang.
  2. Menormalkan Nafsu Makan, daun tin mampu mengendalikan hormon pencernaan.
  3. Mencegah Penyebaran Sel Kanker, hal ini disebabkan karena daun tin mengandung antioksidan yang tinggi.
  4. Menambah Kadar Hemoglobin, daun tin dapat meningkatkan produksi zat besi, sama seperti yang ditemui pada sayur bayam. Yang ingin kadar hemoglobin menjadi meningkat dan kembali normal bisa meminum air rebusan daun Tin.
  5. Membantu Proses Diet.
  6. Untuk Mengobati Haid yang Tidak Teratur, minum air rebusan daun tin, agar hair teratur, lancar dan tanpa gangguan. Dengan cara rebus 25-30 daun tin dalam satu liter air, lalu air reusan tersebut diminum.

Nah itulah tadi beberapa Cara Membuat Manisan Buah Tin yang dapat Joann share di artikel kali ini. Semoga dapat bermanfaat untuk sobat pembaca. Terima kasih banyak atas kunjungannya.  Sekian dari Joann. Wassalamualaikum wr.wb.. Sayonaraa ^^)/

Kunjungi artikel terbaru:

  1. Cara Membuat Bibit Bawang Merah
  2. Cara Membuat Tauge Tumbuh Cepat [Gemuk dan Putih] 
  3. Cara Membuat Teh Rosella dan Manfaatnya
  4. Cara Mudah Menanam Daun Sirih di Rumah Sendiri 
  5. Cara Menanam Alpukat dari Biji + Sambung Pucuk