Cara Membuat Teh Rosella dan Manfaatnya

Posted on
Kasih bintang ya !

Cara Membuat Teh Rosella untuk diet

Nuansa.web.id | Cara Membuat Teh Rosella dan Manfaatnya – Bunga rosella  (Hisbiscus sabdariffa) merupakan salah satu tanaman musiman yang terdiri dari banyak spesies yaitu kurang lebih 300 spesies.

Tanaman Bunga Rosella dapat hidup di daerah tropis dan nontropis. Biasanya bunga rosella ditanam sebagai tanaman hias. Namun ada juga beberapa orang yang sengaja menanamnya untuk dijadikan obat herbal dengan mengolahnya terlebih dahulu, untuk dijadikan sebagai teh bunga rosella atau sirup bunga rosella.

Manfaat dan kandungan Bunga Rosella
Bunga rosella mengandung Vitamin C, Vitamin D, Vitamin B1, Vitamin B2, Protein, Kalsium, Karbohidrat, Fiber, Fosfor, Asam Askorbat, dan lain sebagainya.

Karena kandungannya yang banyak, manfaat bunga rosella diantaranya yaitu sebagai antibakteri, antiseptik, dapat menurunkan panas, membantu mengurangi sakit tenggorokan, membantu menurunkan berat badan (diet), dan lain sebagainya. 

Cara Mengkonsumsi Bunga Rosella

Bunga rosella dapat diolah dalam bentuk makanan maupun minuman contohnya dadar gulung gulung rosella nanas dan teh rosella. Namun, masyarakat Indonesia lebih mengenal olahan teh dan sirup bunga rosella.

Selain cara pembuatannya yang cukup mudah, teh rosella juga memiliki rasa yang unik yaitu kecut tetapi menyegarkan. Tak heran, jika teh ini cukup banyak penggemarnya. Teh rosella dihasilkan dari bunga rosella yang telah mekar.

Bunga rosella yang mekar dipetik, lalu dikeringkan di bawah sinar matahari. Setelah dikeringkan bunga rosella telah menjadi teh dan disimpan dalam wadah tertutup. Nuansa.web.id

Di beberapa daerah, ada beberapa orang yang menjual teh bunga rosella yang telah dikeringkan. Hal ini dikarenakan banyak orang yang mencarinya sebagai obat herbal.

Baca juga:

  1. Cara Membuat Teh Daun Kelor Sendiri dan Manfaatnya Bagi Kecantikan
  2. “9 Langkah” Cara Membuat Teh Daun Tin dan Manfaatnya

Cara Membuat Minuman Teh Rosella

Pada dasarnya membuat minuman teh rosella sebenarnya cukup mudah. Namun dalam proses pembuatannya ada berbagai macam versi. Ada yang dibuat dari bunga rosella yang baru di petik dan adapula yang dibuat dari rosella yang telah kering. Berikut adalah salah satu langkah-langkah pembuatan minuman teh rosella.

Cara 1

  1. Petiklah bunga rosella yang telah mekar.
  2. Cuci bersih bunga rosella yang telah dipetik.
  3. Rebus bunga rosella dengan air.
  4. Setelah berwarna kemerahan dan mendidih, angkat dan tuangkan ke dalam gelas.
  5. Untuk mengurangi rasa asam dapat ditambah kan madu atau gula sesuai selera.
  6. Teh rosella siap diminum.
  7. Jika menginginkan yang dingin, minuman teh rosella dapat di taruh di dalam lemari es terlebih dahulu.

Cara 2

  1. Ambillah secukupnya beberapa helai teh rosella kering ke dalam gelas atau cangkir,
  2. Tuangkan air panas atau hangat kurang lebih 300 cc atau secukupnya,
  3. Tutup cangkir atau gelas selama kurang lebih 5 sampai 15 menit,
  4. Setelah berubah warna aduk teh rosella,
  5. Tambahkan gula atau madu seckupnya. Bisa juga ditambahkan perasan jeruk nipis sesuai selera,
  6. Jika menginginkan yang dingin, minuman teh rosella dapat di taruh di dalam lemari es terlebih dahulu,
  7. Teh rosella siap disajikan.

Khasiat Teh Rosella

cara mengeringkan bunga rosellacara mengeringkan bunga rosella

Terdapat dua jenis teh rosella yang biasa dikonsumsi yaitu teh rosella merah dan teh rosella ungu. Perbedaan diantara keduanya yaitu terletak pada khasiat dan rasa tentunya. Rasa dan khasiat teh rosella ungu lebih baik daripada rosella merah.

Akan tetapi, teh rosella ungu sangat jarang ditemukan karena sulit tumbuh dan menanamnya pun membutuhkan perawatan yang lebih Ada manfaat tersembunyi, dibalik kenikmatan minuman teh rosella. Berbagai penelitian telah dilakukan oleh universitas-universitas yang ada di Indonesia maupun di luar negeri.

Hasil penelitian semuanya pun sama, yaitu bahwa teh rosella memiliki khasiat yang sangat bagus bagi tubuh.

Secara umum, khasiat teh rosella yaitu meningkatkan stamina tubuh, meningkatkan daya tahan tubuh, menetralkan racun (detoksifikasi), menurunkan hipertensi dan kolesterol, melembutkan kulit dan mengurangi keriput pada kulit, dapat membantu pecandu rokok mengurangi dampak negatif nikotin, dan masih banyak manfaat teh rosella lainnya yang luar biasa.

Efek Samping Teh Rosella

Selain khasiat yang sangat luar biasa, teh rosella juga memiliki efek samping jika dikonsumsi secara berlebihan. Efek samping tersebut yaitu sebagai berikut.

  1. Dapat menimbulkan gangguan pada pencernaan misalnya diare. Hal ini dikarenakan sebenarnya hasil efek samping dari pembersihan dan detoksifikasi oleh senyawa yang terkandung dalam teh rosella.
  2. Menimbulkan gangguan ginjal. Ada dua jenis bunga rosella yang benar-benar tidak boleh dikonsumsi menurut Peter Harwick dalam sebuah food study, yaitu native rosella dan hibiscus heterophyllus. Jika teh rosella dikonsumsi tidak tepat takaran maka vitamin C yang kadarnya sangat tinggi dalam teh rosella dapat menimbulkan gangguan pada ginjal.
  3. Tidak cocok pagi penderita tekanan darah rendah. Hal ini dikarenakan salah satu fungsi teh rosella yaitu menurunkan tekanan darah.

Cara Menghindari Efek Samping

  1. Konsumsilah teh rosella secukupnya, bila perlu menggunakan gelas atau cangkir kecil.
  2. Bagi yang mengkonsumsi secara rutin, misalnya 3 kali sehari, sebaiknya pada saat mebuat minumannya jangan terlalu merah atau pekat. Hal ini dikarenakan minuman teh rosella yang encer pun sudah memiliki khasiat.
  3. Bagi penderita penyakit lambung atau maag, diharapkan meminum minuman teh rosella sesudah makan karena teh rosella bersifat asam.
  4. Jika pernah mengalami efek yang cukup parah, turunkan dosis menjadi satu kali per hari.

Demikianlah artikel Cara Membuat Teh Rosella dan Manfaatnya , semoga bermanfaat bagi pembaca sekalian. Terima kasih banyak atas kunjungannya.

Punya tambahan untuk artikel ini ? Silahkan lampirkan di kolom komentar di bawah yaa…

Nuansa.web.id

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *