5 Cara Membunuh Jentik Nyamuk Secara Alami

Posted on
5 Cara Membunuh Jentik Nyamuk Secara Alami
5 (100%) 5 votes
Cara Membunuh Jentik Nyamuk Secara Alami

Saat musim hujan tentunya banyak genangn air yang pada akhirnya menjadi sarang jentik – jentik nyamuk hidup. Jentik nyamuk tersebut tidak baik dinggap sepele,  karena jika jentik nyamum dibiarkan akan berevolusi menjadi nyamuk dewasa yang berpotensi menyebarkan berbagai penyakit.  Berikut ini akan dijelaskan cara membunuh jentik nyamuk secara alami dan ampuh.

Cara Mengetahui Keberadaan Jentik Nyamuk

Jentik nyamuk berukuran sangat kecil, sshingga banyak orng yang tidm menyadari keberadaan jentik nyamuk. Seperti yang kita ketahui jentik nyamuk akan hidup di tempat – tempat yang tergenang air. Cafa mengetahui keberadaan jentik nyamuk,  dapat dilakukan dengan langkah – langkah berikut.

  • Perhatikan tempat – tempat yang berpotensi menjadi tat genangan air.
  • Perhatikan tempat genangan air gunakan penerangan untuk membantu penglihatan karna memang ukuran jentik nyamuk sangat kecil
  • Usik permukaan air menggunakan jari atau septong kayu sehingga jentik nyamuk bergerak berhamburan karena memang jentik nyamuk lebih mudah terlihat ketika bergerak.
  • Perhatikan dengan cermat,  karena jentik nyamuk dan kecebong katak bisa jadi tampak mirip.

Cara Membunuh Jentik Nyamuk Secara Alami

Jika sudah terdapat jentik nyamuk, ambillah tindakn untuk menghilangkan jentik – jentik nyamuk tersebut agar tifak tumbuh menjadi nyamuk dewasa. Berikut ini beberaa cara membunuh jentik nyamuk secara alami.

1. Daun Sirih

cara membunuh jentik nyamuk di dalam air

Daun sirih terkenal dengan antiseptiknya yang mampu membantu membasmi jentik nyamuk. Cara menggunakan daun sirih ini yaitu

  • Rebus daun sirih dengan takara segenggam daun sirih dan 1 liter air.
  • Rebus daun sirih sampai layu dan air berubah menjadi kehijauan serta aroma khas daun sirih.
  • Lalu dinginkn air rebusan tersebut,  kemudia siramkan tempat – tempat yang terdapat jentik nyamuk.

2. Ikan Cupang

cara membunuh jentik nyamuk di dalam bak mandi

Ikan cupang tidak hanya dijadikan ikan hias,  namun ikan ini juga senang memakan jentik nyamuk. Untuk menggunakan cara ini, baiknga pelihara ikan cupang di rumah. Ada baiknya untuk menaruh ikan cupang di dalam wadah penampung air hujan tempat sebagai suplai air untuk menyram kebun atau keperluan rumah tangga lainnya.

3. Biji Pepaya dan Tawas

cara membunuh jentik nyamuk di got

Cara menggunakan biji pepaya dan tawas untuk membasmi jentik nyamuk yaitu ;

  • Dengan mengeringkan biji pepaya di bawah sinar matahari.
  • Setelah kering,  tumbuk biji pepaya hingga halus lalu campurkan dengan tawas yang telah dihancurkan.
  • Untuk capuran biji pepaya dan tawas gunakan perbandingan 1 : 2. Kemudian masukkan campuran biji oepaya dan tawas ke dalam kantung yang berserat renggang dan letakkan di tempat genakan air.

4. Daun Jeruk Nipis

cara membunuh jentik nyamuk di kolam ikan

Selain digunakan untuk bumbu dapur daun jeruk nipis juga mampu membasmi jentik nyamuk.  Cara menggunakannya yaitu gunakan beberapa helai daun jeruk nipis, masukkan ke dalam air.  Kemudian remas daun jeruk nipis, lalu tuangkan air remasan tersebut ke tempat genngan air yang terdapat jentik nyamuk.

5. Kayu Manis

Cara Membunuh Jentik Nyamuk di dalam sumur

Kayu manis merupakan salah satu rempah yang digunakan untuk minuman hangat dan aromaterapi. Namun,  lebih dari itu kayu manis juga mampu untuk membasmi jentik nyamuk. Karena aroma kayu manis mampu membuat mabu jentik nyamuk dan mati tak berdaya. Cara menggunakan kayu manis ini yaitu tuangkan minya kayu manis ke tempat – tempat yang berpotensi menjadi tempat hidupnya jentik nyamuk.

Cuka Apel

Cara Membunuh Jentik Nyamuk di kamar mandi

Selain digunakan untuk dressing salad dan minuman kesehatan, cuka apel juga mampu untuk membasmi jentik nyamuk. Cuka apel dengan konsentrasi 15% – 85% mmpu membunuh jentik nyamuk dalam waktu 6 jam. Cara menggubakannya juga cukup mudah yaitu tuangkan beberapa sendok cuka apel ke dalam genangan air yangvterdapat jentik nyamuk.

Penyakit Berbahaya Akibat Gigitan Nyamuk

Keberadaan jentik nyamuk bukanlah hal sepele, karena juga tidak di basmi segera jentik – jentik nyamuk tersebut akan tumbuh menjadi nyamuk dewasa. Gigitan nyamuk dewasa tidak hanyak mengakibatkan gatal dan bentol saja, namun akibat gigitan nyamuk dapat mengakibatkan penyakit yang serius.  Berikut ini beberapa penyakit yg diakibatkan oleh gigitan nyamuk

  • Chikungunya

Demam chikungunya salah satu penyakit yang diakibatkan oleh gigitan nyamuk. Penderita penyakit chikungunya ini akan mengalami radang sendi (arthritis) khususnya di bagian lutut, pergelangan kaki, serta pergelangan tangan. Penderita akan mengalami hal tersebut tidk dalam waktu singkat namun sampai berbulan – bulan.

  • Demam Berdarah (DBD)

Penyakit deam berdarah merupakan salah satu penyakit langganan yang sering menjangkit masyarakat di Indonesia pada saat musim hujan.  Tentunya penyakit ini di picu oleh gigitannyamukk yng berjenis aedes aegypti.

Penderita penyakit DBD akan mengalami demam yang tinggi dalam beberapa hari, tubuh menjadi lemas, lalu timbul bercak merah pada kulit. Untuk penganan pertama penyakit ini dapat diatasi dengan banyak minum air mineral dan istirahat yang cukup. Namun, apabila penderita teelambat dalam penanganan, risikonya bisa kehilangan nyawa.

  • Kaki Gajah

Penyakit kaki gajah atau filariasis,  yaitu penyakit karena masuknya cacing ke dalam tubuh yang diakibatkan gigitan nyamuk. Jenis nyamuk yang dapat menyebabkan penyakit ini yaitu larva stadium III.

Penderita penyakit kaki gajah mulanya akan mengalami demam yang berulanh selama lima hari.

Gejala lainnya yaitu mengalami pembengkakan disertai kemerahan bagian tubuh seperti di ketiak dan bagian lipatan tubuh. Terjadinya peradangan saluran getah bening, jika getah bening pecah akan mengeluarkan nanah dan darah.

  • Demam Zika

Penyakit demam zika baru ditemui sejak beberapa tahun terakhir. Penyakit ini disebabkan oleh virus zika dari nyamuk yang menggigit manusia.

Bahayanya enyakit ini bagi ibu hamil yaitu dapat menularkan penyakitnya pada janin di kandungannya. Bahkan beresiko mengalami keguguran. Anak yang terkena penyakit ini dapat mengalami kelainan otak (mikrosefali) akibat tidak sempurnanya perkembangan organ.

Demikian penjelasan mengenai bagaimana cara membunuh jentik nyamuk secara alami. Semiga dari informasi diatas dapat bermanfaat bagi pembaca. Terimakasih.