6 Manfaat dan Khasiat Buah Alpukat untuk Kecantikan dan Kesehatan

Posted on
6 Manfaat dan Khasiat Buah Alpukat untuk Kecantikan dan Kesehatan
5 (100%) 15 votes

manfaat alpukat untuk kesehatan dan kecantikan

Nuansa.web.idManfaat Buah Alpukat untuk Kecantikan dan Kesehatan – Siapa yang tidak mengenal buah yang satu ini, alpukat dikenal sebagai buah yang sudah sejak lama dimanfaatkan untuk berbagai kebutuhan manusia. Ternyata bukan hanya buahnya yang dapat bermanfaat namun daun, batang bahkan biji alpukat dapat dimanfaatkan. Sungguh karunia yang luar biasa yang diberikan tuhan pada tanaman yang satu ini.

Dalam dunia farmasi, buah alpukat banyak digunakan sebagai obat berbagai macam jenis penyakit. Buah alpukat dapat menyembuhkan masalah lambung, tekanan darah tinggi, gangguan saluran pernapasan, sakit kepala dan lain sebagainya. Biji alpukat juga ternyata bermanfaat sebagai pereda sakit gigi dan juga penyakit diabetes.

Manfaat buah alpukat bukan hanya sekedar omongan orang belaka namun memang sudah banyak penelitian yang membuktikan. Saat ini sudah banyak hasil penelitian para ahli yang menyimpulkan bahwa buah alpukat memiliki manfaat bagi kesehatan serta kecantikan tubuh. Manfaat-manfaat tersebut akan kami jabarkan pada uraian di bawah ini.

Buah Alpukat dapat Menyehatkan Mata

Kesehatan mata adalah salah satu hal penting yang harus diperhatikan. Aktifitas yang berat apalagi di depan komputer membuat mata bekerja ekstra keras. Maka dari itu diperlukan perawatan agar mata tetap sehat. Faktor usia juga dapat mempengaruhi fungsi mata, semakin tua umur seseorang maka fungsi mata akan semakin menurun.
Zat pada alpukat yang dapat menyehatkan mata adalah lutein. Lutein sangat berguna untuk menjaga kesehatan penglihatan kita. Lutein yang terdapat pada buah alpukat juga dapat memperkecil resiko katarak.

Lihat juga: Manfaat Kopi Untuk Kecantikan Kulit dan Wajah [Alami]

Alpukat dapat Mencegah Berkembangnya Sel Kanker

Pada dasarnya tubuh manusia memiliki sel kanker yang suatu saat dapat berkembang dan dapat mengakibatkan dampak yang buruk bagi tubuh manusia. Berkembangnya sel kanker dipengaruhi oleh pola hidup dan pola makan yang buruk. Menurut berbagai penelitian para ahli menyimpulkan bahwa pada buah alpukat terdapat senyawa yang dapat menghambat perkembangan sel kanker pada tubuh. Senyawa-senyawa tersebut bekerja dengan cara mencari sel kanker dan langsung menghancurkannya tanpa merusak sel-sel aktif lainnya.

Kanker tidak dapat dicegah dengan hanya mengkonsumsi alpukat. Namun dalam menjaga kesehatan agar kanker tidak timbul adalah dengan cara mengatur pola hidup yang lebih baik. Makanan juga harus benar-benar diperhatikan sebab saat ini sudah banyak makanan yang mengandung zat-zat yang dapat memicu timbulnya kanker.

Lihat juga: Manfaat Pisang Ambon Bagi Kesehatan Tubuh

Alpukat dapat Menurunkan Kadar Kolesterol Jahat

Kolesterol adalah salah satu pemicu timbulnya berbagai macam penyakit seperti gagal jantung. Kadar kolesterol jahat yang berlebihan pada tubuh sangat berbahaya apabila tidak segera di tindak lanjuti. Sebenarnya kolesterol jahat tersebut muncul karena pola makan yang sangat tidak sehat. Maka dari itu saat ini sudah banyak orang yang menjadi vegetarian demi menjaga kesehatannya dari berbagai macam penyakit.

Kadar kolesterol darah dalam tubuh dapat dapat menurun dengan mengkonsumsi buah alpukat secara rutin. Penelitian telah membuktikan bahwa orang yang memiliki kadar kolesterol jahat yang mengkonsumsi buah alpukat dalam kurun waktu 1-2 minggu kadar kolesterolnya dapat menurun sebanyak 17-18%.

Lihat juga: 18 Makanan Untuk Penderita Asam Urat dan Kolesterol

Alpukat dapat Membantu Mempercepat Penyerapan Nutrisi

Alpukat yang dikonsumsi secara rutin terbukti dapat memaksimalkan daya serap nutrisi ke dalam tubuh. Hal tersebut sudah dibuktikan oleh riset yang dilakukan para ahli kesehatan. Orang yang mengkonsumsi alpukat secara rutin maka daya serap tubuh terhadap nutrisi akan lima kali lebih baik ketimbang yang tidak mengkonsumsi alpukat.

Buah Alpukat Bermanfaat untuk Kesehatan Rambut

Buah alpukat dapat digunakan sebagai ramuan untuk menyehatkan rambut. Anda yang memiliki masalah rambut yang kurang sehat dapat diatasi dengan menggunakan alpukat. Caranya dengan menggunakan alpukat sebagai ramuan creambath yang dioleskan kerambut. Rambut akan terlihat lebih hitam dan berkilau asalkan dilakukan secara rutin.

Lihat juga: [Fakta] Manfaat Jus Melon Untuk Kesehatan dan Kecantikan

Buah Alpukat dapat Menghaluskan dan Mencerahkan Kulit

Masalah kulit memang menjadi keluhan banyak orang saat ini. Bukan hanya wanita, pria pun banyak yang mengalami masalah pada kulitnya. Kulit yang cerah dan lembut menjadi harapan banyak orang, namun faktanya hanya sedikit orang yang berusaha lebih untuk mendapatkan kulit yang sehat dan bersinar. Alpukat dapat menjadi solusi dari berbagai masalah kulit anda. Dengan menggunakan lulur cream alpukat secara rutin maka kulit anda akan terlihat lebih sehat, lembut dan bersinar.

Artikel menarik lainnya:

  1. “9 Langkah” Cara Membuat Teh Daun Tin dan Manfaatnya
  2. Cara Membuat Teh Rosella dan Manfaatnya
  3. Cara Membuat Teh Daun Kelor Sendiri dan Manfaatnya Bagi Kecantikan
  4. Manfaat Buah Tin Untuk Kesehatan
  5. Manfaat Mangga Untuk Ibu Hamil

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *