10 Manfaat Buah Tin Untuk Ibu Hamil

Posted on
10 Manfaat Buah Tin Untuk Ibu Hamil
5 (100%) 4 votes

manfaat buah tin kering untuk ibu hamil

Manfaat Buah Tin Untuk Ibu Hamil – Assalamualaikum wr.wb  Hai semua, semoga dalam keadaan Sehat ya. Di artikel kali ini, sobat akan mengetahui 10 manfaat buah tin bagi ibu hamil yang belum banyak diketahui.

Nama Buah Tin sudah tidak asing lagi bagi umat Muslim. Nama buah Tin sendiri ada di dalam Al-Qur’an surah At-Tin yang terdiri dari 8 ayat.

Buah Tin yang biasa disebut  juga “buah figs” atau “buah ara” termasuk kedalam salah satu buah yang populer di dunia, dan terkenal akan banyak manfaat dan bukan hanya untuk orang biasa saja, bahkan buat Tin juga punya manfaat untuk Bunda yang sedang mengandung nih. Baca: Cara Konsumsi Buah Tin (Segar Dan Kering)

Tahukah kamu ?
Buah Tin banyak ditemukan di Asia bagian Barat yaitu mulai dari pantai Balkan sampai ke daratan Afganistan dan tumbuhnya buah ini juga musiman.

Kandungan yang ada didalam buah Tin sangat banyak, yaitu : Vit B2, Vit B1, Zat Besi, Mangan, Kalsium, Fosfor, Klorin Natrium dan Kalium. Buah ini sangat kaya akan Kalium dan serat yang terkandung didalamnya. 

Pohon Tin dapat tumbuh hingga mencapai Tinggi 10 meter. Sedangkan buahnya berbentuk bulat cenderung berukuran kecil kisaran 3 hingga 5 cm dan berwarna.

Baca juga: 

  1. 9 Manfaat Buah Tin Untuk Kesehatan dan Kecantikan
  2. Cara Membuat Manisan Buah Tin
  3. “9 Langkah” Cara Membuat Teh Daun Tin

Apabila buah Tin ini sudah matang, warnanya akan berubah menjadi warna ungu untuk beberapa kultivar (tumbuhan yang diseleksi atau dipilih dan memiliki beberapa ciri khas tertentu yang dapat dibedakan secara jelas dari jenis kelompok lainnya dan dapat mempertahankan ciri khasnya tersebut). Ketika dipotonh buat Tin yang mentah biasanya mengeluarkan getah dan dapat mengiritasi kulit.

Nah, berikut ini kita akan membahas manfaat dari buah Tin untuk ibu hamil.

Manfaat Buah Tin untuk Ibu Hamil dan Menyusui

Berikut manfaat buah Tin untuk kesehatan Bunda yang sedang mengandung.

1. Mengandung mineralKandungan mineral buah Tin  menyerupai ASI yang ada pada tubuh manusia.
2. Mengandung kaliumKandungan kalium yang ada di dalam buah Tin sangat Tinggi seingga dapat mengontrol tekanan darah.
3. Mengandung seratKandungan serat yang ada di dalam buah Tin adalah yang paling Tinggi diantara buah – buah, sehingga buah Tin bisa mengurangi sembelit yang umum dialami bunda yang sedang hamilan.
4. Vit B6Vit B6 yang terdapat di buah Tin sangat bermanfaat untuk mengurangi morning sickness.
5. Mengurangi kebutuhan insulinTidak hanya buahnya, ternyata daunnya juga ada manfaatnya. Daun pohon Tin ini terbukti dapat menghilangkan atau bisa mengurangi kebutuhan insulin pada pasien diabetes.

Sehingga, mengkonsumsi buah sangat aman dan dapat membantu dalam menghindari atau mengontrol diabetes gestasional pada kehamilan.

6. Mengontrol keinginan makanBuah Tin ini dapat membantu mengontrol keinginan untuk makan makanan yang kurang sehat dan dapat mengganggu proses diet kehamilan yang sehat karena buah sudah terbukti untuk membantu Bunda mengurangi keinginan dalam mengidam.
7. Meningkatkan sistem imun tubuh.Dan mencegah atau mengurangi terhindarnya terkena penyakit.
8. Mengandung psoralenPsoralen yaitu senyawa kimia alami yang dapat ada didalam buah Tin digunakan untuk mengobati masalah pigmentasi kulit dan bermanfaat dalam mencegah melasma (kondisi ketika muncul bercak-bercak cokelat di wajah / perubahan pada kulit) selama kehamilan.
9. Mengandung Omega 3Omega 3 terkandung di buah Tin kering. Omega 3 ini sangat penting untuk perkembangan janin yang optimal. Jika tidak ingin bayi lahir prematur tidak ada salahnya untuk mengkonsumsi buah ini.
10. Enzim proteolitikEnzim proteolitik yang terkandung di buah Tin dapat membantu pencernaan, yang secara alami akan melambat ketika sedang dalam masa kehamilan.

Tidak hanya untuk ibu hamil, buah Tin juga cocok untuk ibu yang baru saja melahirkan. Para ahli ber pendapat, jika seorang ibu yang baru saja melahirkan akan mengalami defisiensi zat besi.

Jika kebanyakan suplemen zat besi bisa menyebabkan konstipasi (kondisi sulit buang air besar secara teratur atau juga bisa disebut sebagai sembelit). Zat besi yang ada pada buah Tin sangat bagus untuk mengontrol kondisi tersebut. Jadi sangat disarankan apabila baru melahirkan mengkonsumsi buah Tin.

Dari tadi membahas manfaatnya terus, terus cara mengkonsumsinya bagaimana? Cara mengkonsumsinya?Gampang banget. Para ibu-ibu hamil bisa menjadikan buah Tin sebagai jus, atau bisa juga dengan mengeringkan buah Tin, kemudian direbus. Setelah itu diminum deh secara rutin air rebusan buah Tin kering tadi.

Efek Samping Buah Tin

Buah Tin mempunyai efek samping juga loh jika terlalu banyak dikonsumsi. Buah Tin dapat menimbulkan penyakit diare. Bukan itu saja, buah Tin kering berpotensi dapat menyebabkan kerusakan pada gigi karena mengandung gula yang cukup tinggi. Bagi yang alergi buah terhadap buah Tin gejala yang ditimbulkan bisa ringan maupun berat.

Nah itulah tadi beberapa Manfaat Buah Tin Untuk Ibu Hamil yang dapat Joann share di artikel kali ini. Semoga dapat bermanfaat buat bunda –  bunda yang sedang hamil. Terima kasih banyak atas kunjungannya. Sekian dari Joann. Wassalamualaikum wr.wb.. Sayonaraa ^^)/

Kunjungi artikel terbaru:

  1. Cara Menanam Buah Tin Dari Biji Di Dalam Pot 
  2. Cara Mencangkok Pohon Rambutan Yang Benar Beserta Gambar  
  3. Cara Menanam Lidah Mertua di Pot Tumbuh Subur 
  4. Cara Menanam Terong Bulat (Hijau dan Ungu) di Polybag 
  5. Cara Membuat Tempe [Benar dan Enak] Beserta Gambar