7 Manfaat Pisang Ambon Bagi Kesehatan Tubuh

Posted on
7 Manfaat Pisang Ambon Bagi Kesehatan Tubuh
5 (100%) 18 votes

manfaat pisang ambon untuk kesehatan

Manfaat Pisang Ambon untuk Kesehatan – Pisang merupakan buah yang sangat populer dikalangan masyarakat luas. Rasanya yang nikmat serta harganya yang relatif murah dibandingkan apel, jeruk dan yang lainnya membuat pisang menjadi pilihan utama masyarakat. Buah pisang di Indonesia cukup banyak jenisnya. Jenis pisang ambon yang cukup terkenal akan rasa dan manfaatnya salah satunya adalah pisang ambon. (Baca:  Cara Membuat Bibit Pisang)

Pisang ambon atau nama kerennya pisang Cavendish adalah salah satu jenis pisang yang sudah terkenal akan manfaatnya bagi tubuh. Sebenarnya semua jenis pisang memiliki manfaat yang sama namun untuk pisang ambon memiliki manfaat yang lebih baik di antara pisang lainnya. Pisang ambon memiliki berbagai manfaat untuk tubuh antara lain:

  1. Pisang ambon sebagai sumber energi

Dalam 100 gram pisang ambon terkandung 99 kilo kalori didalamnya. Jumlah kalori yang lumayan besar tersebut yang mampu membantu tubuh melakukan proses metabolisme. Jumlah kalorinya memang tidak cukup besar apabila di bandingkan dengan buah lainnya. Namun walaupun begitu pisang ambon tetap dapat menjadi pilihan kita untuk menambah energi dikala kita lemas.

Lihat juga:  Resep dan Cara Membut Keripik Pisang

  1. Pisang ambon membantu pembentukan otak dan sum-sum tulang belakang janin

Pisang ambon bisa menjadi salah satu pilihan untuk menjadi pilihan makanan sehat untuk ibu hamil. Pisang ambon mengandung banyak nutrisi yang dibutuhkan bagi kesehatan ibu hamil dan janinnya. Asam folat yang terkandung didalam pisang ambon mampu membantu pertumbuhan otak serta sum-sum tulang belakang pada janin. Ibu hamil memang disarankan jangan sampai kekurangan folat karena akan berakibat fatal pada janin dan dampak buruknya adalah kecacatan pada otak.

Lihat juga:  Manfaat Mangga Untuk Ibu Hamil

  1. Pisang ambon sebagai obat anemia

Manfaat pisang ambon yang selanjutnya adalah sebagai obat untuk penyakit anemia. Kekurangan sel darah merah pada tubuh yang menjadi faktor utama anemia. Kandungan Fe dan zat besi pada pisang ambon dapat meningkatkan produksi sel darah merah pada tubuh sehingga tidak perlu khawatir akan kekurangan sel darah merah dan mengidap anemia.

Lihat juga:  Manfaat Susu Kedelai untuk Kesehatan dan Ibu Hamil 

  1. Pisang ambon dapat melancarkan pencernaan dan mengatasi gangguan usus

Pisang ambon mampu melancarkan pencernaan dan gangguan pada usus. Dengan mengkonsumsi pisang ambon secara rutin maka kita akan terhindar dari masalah yang satu ini. Caranya dengan membuat jus pisang ambon yang telah dicampur dengan susu. Sebaiknya pilih susu kambing karena susu kambing dinilai memiliki lebih banyak manfaat ketimbang susu sapi.

Lihat juga: Manfaat Kopi Untuk Kecantikan Kulit dan Wajah

  1. Pisang ambon dapat mengurangi resiko terkena diabetes

Kandungan gula pada pisang ambon memang cukup rendah dan dalam bentuk gula sederhana yang mudah diserap tubuh. Maka dari itu mengkonsumsi pisang ambon secara rutin dapat mencegah penyakit diabetes karena tubuh lebih mudah menyerap serta mengontrol kadar gula dalam darah.

  1. Pisang ambon dapat menjadi makanan program diet

Mengkonsumsi pisang ambon secara rutin sangat baik untuk anda yang sedang menjalani program diet. Karbohidrat yang terkandung didalamnya tidak berpengaruh pada kadar glukosa dalam darah. Selain itu lemak didalam pisang ambon pun cukup rendah walaupun itu lemak nabati. Jadi untuk anda yang sedang menjalani program diet mungkin pisang ambon dapat menjadi salah satu asupan nutrisi berkualitas anda.

Lihat juga: Manfaat Buah Sirsak Untuk Kolesterol dan Kesehatan 

  1. Pisang ambon dapat memperkecil resiko serangan jantung

Serangan jantung adalah salah satu penyakit yang paling ditakuti oleh banyak orang didunia. Serangan jantung saat ini menjadi perenggut nyawa manusia terbanyak didunia. Penyebab serangan jantung disebabkan oleh penyempitan pembuluh darah yang menyebabkan aliran oksigen ke jantung menjadi terhambat sehingga terjadi penumpukan lemak pada jantung. Dengan mengkonsumsi buah pisang secara rutin maka akan membantu menurunkan resiko serangan jantung.

Kandungan kalium pada buah pisang berperan sebagai tonik bagi jantung kita. Pisang ambon yang kaya serat juga dapat menurunkan kolesterol dalam tubuh. Kandungan terbaik dari pisang ambon yang mampu menurunkan resiko serangan jantung adalah Vitamin C dan flavonoid yang dapat mencegah oksidasi lemak didalam jantung yang menjadi faktor utama terjadinya serangan jantung.

Artikel menarik lainnya:

  1. 6 Manfaat dan Khasiat Buah Alpukat untuk Kecantikan dan Kesehatan
  2. Manfaat dan Khasiat Buah Manggis
  3. Cara Membuat Teh Rosella dan Manfaatnya
  4.  Pengalaman Diet Keto
  5. Menu Diet Ketofastosis Seminggu

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *