3 Cara Menghilangkan Kutu Beras dengan Cepat

Posted on
3 Cara Menghilangkan Kutu Beras dengan Cepat
5 (100%) 3 votes
Cara Menghilangkan Kutu Beras dengan Cepat

Kutu beras sering kali dialami hampir setiap orang. Kutu pada beras bukan hanya tidak enak dipandang,  kutu beras juga akan memakan isi beras sehingga jika di cuci beras akan mengapung karena kopong.  Kutu beras juga menjadi sebab beras kehilangan nutrisi penting dan menyebabkan beras berasa lebih tawar. Untuk menghilangkan kutu pada beras cukup mudah dan bisa dilakukan oleh siapapun. Berikut ini penjelasan mengenai cara menghilangkan kutu beras.

Metamorfose Kutu Beras

Kutu beras merupakan salah satu hewan yang berukuran kecil sekitar 1/16 sampai 1/8 inchi, yang berwarna kecoklatan sampai kehitaman. Kutu dapat ditemukan dI rumah dan memakan apa saja. Biasanya kutu memakan biji – bijian seperti padi beras, kacang kering, sereal, produk gandum, jagung, tepung, pasta, roti dan lainnya yang ditemukan di dalam rumah.

Kutu beras berkembang biak dengan sangat cepat, 2 – 6 telur kutu yang akan dihasilkan kutu betina tiap harinya. Untuk melihat telur ini dibutuhkan kaca pembesar karena ukuran telur kutu memang sangat kecil. Telur betina menyimpan telur – telurnya di dalam bulir beras,  dengan cara melubangi setiap bulir beras dan meletakkan telurnya di dalam lubang tersebut. Satu lubang untuk satu telur kutu.

Kutu betina dapat hidup sampai beberapa bulan,  dan selama hidup kutu betina mampu menghasilkan 400 telur kutu. Telur kutu akan menetas menjadi larva dalam waktu 3 hari,  dan larva tersebut akan hidup di lubang beras selama 18 hari.  Setalah itu akan berubah menjadi pupa selama 5 hari.  Kemudian bermetamorfosa menjadi kutu.

Cara Menghilangkan Kutu Beras

Apabila kutu sudah di temukan ada beras ada baiknya tidak untuk membiarkannya. Basmi semua kutu pada beras agar beras masih tetap bisa di konsumsi. Berikut ini beberapa cara untuk menghilangkan kutu pada beras.

Cara Menghilangkan Kutu Beras dalam karung

1. Cara menghilangkan kutu beras dengan menjemur beras di bawah sinar matahari

Untuk melakukan cara ini tentu sangat mudah, letakkan beras di wadah yang dapat menghatarkan panas.  Lalu jemur beras tersebut di bawah sinar matahari. Hal tersebut akan membuat kutu – kutu beras kepanasan dan meninggalkan beras. Lakukan hal tersebut dengan meletakkan beras sedikit demi sedikit agar semua kutu hilang merata.

2. Membekukan beras

Cara selanjutnya yaitu membekukan beras dalam lemari pembeku. Caranya cukup mudah hanya masukkan beras yang sudah berkutu ke dalam lemari pembeku dan diamkan beberapa jam. Setelah terasa cukup dibekukan keluarkan beras kemudian cuci beras sebelum di konsumsi.  Kutu dan telur kutu yang membeku akan mengapung pada saat beras dicuci.

3. Tutup menggunakan kain basah

Kutu beras tidak menyukai suhu udara yang hangat, tetapi kutu juga tidak menyukai ruangan yang basah terlampau lembab. Cara melakukan cara ini, letakkan beras yang telah berkutu ke wadah yang lebih rendah.  Kemudian tutup menggunakan kain basah selama 15 – 30 menit diamkan hingga kutu – kutu menempel pada kain.

Cara Mencegah Kutu Beras

Cara Menghilangkan Kutu Beras dalam beras

Mencegah kutu beras sebernya jauh lebih mudah daripada menghilangkan kutu beras, karena mencegah kutu beras tidak serepot menghilangkan kutu beras. Jadi, ketika telah membeli beras ada baiknya untuk melakukan langkah – langkah berikut untuk mencegah datangnya kutu pada beras agar di kemudian hari tidak repot – repot untuk menghilangkan kutu beras.

1. Simpan beras di tempat bersih dan tertutup

Simpan beras di tempat yang bersih, tertutup dan di tempat yang sejuk. Hindari penyimpanan beras di tempat yang hangat sekitar  27 C – 30 C, karena kutu menyukai tempat yang tidak terlalu panas dan lembab. Dan juga pastikan wadah penyimpanan dibersihkan terlebih dahulu sebelum digunakan.

2. Manfaatkan bahan dapur yang ada di rumah.

Beberapa aroma bahan dapur dapat mencegah kutu beras, karena aroma tersebut sangat tidak disukai kutu beras.

  • Cabai Kering

Cara ini sangat pupuler,  dengan menggunakan cabai kering dapat mencegah kutu beras. Aroma pedas dari cabai kering membuat kutu beras menjauhi tempat penyimpanan beras.

  • Lada

Untuk menggunakan bumbu dapur lada,  masukkan beberapa butir lada ke dalam kantung kain tipis lalu taruh kantung tersebut ke dalam penyimpann beras.

  • Daun Jeruk Nipis

Untuk melakukan cara ini cukup mudah, cukup masukkan beberapa lembar daun jeruk nipis yang segar ke dalam wadah penyimpanan beras.

  • Kayu Manis

Bumbu dapur kayu manis memiliki aroma yang khas yang akan membuat kutu beras tidak akan masuk ke dalam wadah penyimpanan beras. Cara menggunakannya pun cukup mudah,  cukup letakkan beberapa gelinting kayu manis ke wadah penyimpanan beras.

  • Daun Salam Kering

Selain digunakan untuk bumbu dapur, daun salam kering juga bermanfaat untuk mencegah kutu beras.  Karena aroma daun salam kering ini tidak disukai oleh kutu.

  • Daun Pandan

Seperti halnya dengan daun lainnya, kutu beras juga tidak menyukai aroma dari daun pandan. Dengan meletakkan daun panda di dalam wadah penyimpanan beras dapat mencegah datangnya kutu beras.

  • Daun Mint

Daun mint dikenal dengan aromanya yang berciri khas.  Cara menggunakan daun mint untuk mencegah kutu beras yaitu daun mint dikeringkan terlebih dahulu. Setelah kering, hancurkan daun mint sampai halus, kemudian masukkan ke dalam plastik yang telah di beri lubang kecil.  Lalu letakkan plastik tersebut di dalam wadah penyimpanan beras.

Demikian penjelasan mengenai cara menghilangkan kutu beras. Cara – cara diatas cukup mudah dilakukan dan efektif. Bahan – bahan yang digunakan pun tidak beracun,  sehingga beras masih dapat di konsumsi. Semoga dari informasi diatas dapat membantu pembaca yang sedang mencari informasi menghilangkan kutu beras.  Terimakasih.