Cara Menanam Anggur di Pot [Cepat Berbuah]

Diposting pada
Berapa nilai post ini?

Cara Menanam anggur di pot

Cara Menanam Anggur di Halaman Rumah – Anggur adalah tanaman buah yang biasa dibudidayakan oleh banyak orang di lahan yang luas. Tanaman anggur banyak dibudidayakan untuk diambil buahnya. Buah anggur sangat banyak mengandung manfaat bagi tubuh manusia. Rasa buahnya pun sangat nikmat oleh karena itu permintaan akan buah anggur sangat tinggi sekali dipasaran Indonesia maupun internasional.

Tanaman anggur yang nikmat itu ternyata tidak hanya bisa ditanam di kebun yang luas. Bagi penikmat tanaman hias budidaya anggur bisa dilakukan dirumah. Anggur memiliki batang dan cabang-cabang yang bisa dibentuk menjadi sangat indah. Sehinggga rumah yang ditanami anggur dapat terlihat lebih fresh apalagi ketika tanaman berbuah seakan menjadi gairah tersendiri untuk menikmatinya.

Cara Menanam Anggur di Pot  

Cara menanam anggur dapat dilakukan dirumah menggunakan pot tanah. Pot tanah pot tanah dianggap lebih baik ketimbang pot plastic dan lainnya sebab pot tanah lebih memiliki pori-pori sebagai penyerap air yang baik. Untuk anda yang tertarik ingin membudidayakan tanaman anggur di rumah maka tidak perlu khawatir karena kami akan menjelaskan tentang cara menanam anggur dihalaman rumah dengan baik dan benar. Mari kita simak bersama-sama!

Pemilihan bibit anggur

Langkah awal untuk memulai menanam anggur adalah dengan memilih bibit yang baik untuk ditanam. Kualitas bibit sangat menentukan keberhasilan dalam budidaya. Jadi pilihlah bibit yang memiliki kualitas yang sudah terbukti. Bibit anggur dapat dibeli langsung ditoko pertanian sekitas rumah anda.

Pemilihan Pot

Pemilihan pot dianggap menjadi hal yang penting dalam menanam anggur. Untuk penanaman anggur dihalaman rumah sudah jelas orientasinya pada keindahan tanaman. Maka dari itu pilihlah pot dengan bentuk yang unik, ini akan menjadi nilai tersendiri bagi yang melihatnya. Pilihlah pot tanaman yang terbuat dari bahan tanah.
Pada pot yang terbuat dari tanah, pot memiliki daya resap air yang baik untuk menjaga kelembaban media tanam. Akar tanaman anggur memang tidak bisa mengalami kekeringan. Apabila akar mengalami kekeringan maka tanaman akan menguning dan mati.

Media Tanam Anggur

 Langkah berikutnya yang harus dilakukan adalah dengan mempersiapkan media tanam anggur. Pertama-tama isi pot tanaman dengan memberikan tanah yang gembur sebagai dasar tanaman. Hal ini dilakukan agar air yang diberikan ketanaman nantinya tidak mudah keluar dari pot. Setelah itu siapkan media tanam berupa pasir dan pupuk kandang dengan perbandingan 1:1. Campurkan kedua bahan tersebut hingga benar-benar tercampur merata. Setelah itu berikan pecahan batu bata atau sebagainya kedasar pot. Lalu baru masukkan media tanam yang telah disiapkan ke dalam pot hingga hamper penuh.

Teknik Penanaman Anggur di Pot

Cara penanaman pun tidak begitu sulit, kita hanya harus membuat lubang tanam pada pot yang telah disiapkan media tanamnya. Buat lubang dengan lebar menyesuaikan tanaman kedalamannya pun harus disesuaikan dengan akarnya. Setelah itu bibit yang tadinya ada didalam polybag dikeluarkan untuk ditanam kedalam pot. Tanam bibit anggur dengan tegak, usahakan agar akar tertanam dengan sempurna. Setelah itu siram tanaman dengan merata. Dan letakkan tanaman di tempat yang terkena sinar matahari.

Perawatan Tanaman Anggur

Ada beberapa teknik perawaatan yang harus dilakukan agar tanaman dapat berbuah dengan baik.

Penyiraman

Penyiraman baik dilakukan setiap hari. lakukan penyiraman tanaman pada sore hari. Gunakan handsprayer untuk menyiram tanaman agar tidak merusak media tanam yang terbuat dari pasir. Apabila kita menyiramnya menggunakan gayung maka akan merusak media tanam serta akar menjadi bergerak. Namun apabila tidak memiliki handsprayer proses penyiraman dapat disiasati dengan melubangi bagian bawah gayung. Lubangi yang banyak bagian bawahnya agar tekanan air tidak terlalu kuat.

Pemberian Ajir

Cara Menanam anggur dari biji di pot

Pemberian ajir sangatlah penting bagi tanaman anggur. Ajir diberikan pada tanaman anggur agar tanaman dapat berdiri tegak dengan baik. Berikan ajir dengan menggunakan bambu yang tingginya 100cm. Tancapkan bambu pada media tanam agar tanaman anggur dapat merambat dengan bantuan sulurnya. Setelah tanaman tumbuh lumayang tinggi maka berikan topangan dengan memberikan bilah bambu yang ditanam dipinggiran pot. Berikan empat buah bamboo sebagai penopang bentuknya. Lalu bentuk tanaman membulat mengitari bilah bamboo yang telah disediakan. Dengan cara itu maka tanaman akan terlihat lebih indah. Berikut adalah gambar model ajir untuk tanaman anggur.

Pemupukan

Selanjutnya langkah yang harus diberikan pada tanaman anggur adalah pemberian pupuk dengan memberikan pupuk urea kedalam media tanam anggur. Dosis urea yang harus diberikan adalah 1-2 sendok makan per tanaman. Setelah itu siram dengan sedikit air sampai permukaan agak terlihat basah.

Bagaimana agar tanaman anggur bisa cepat berbuah?

Usaha yang dapat dilakukan agar tanaman dapat cepat berbuah adalah dengan cara melakukan pemangkasan. Lakukan pemangkasan pada cabang tersier tanaman. Lakukan pemangkasan pada cabang tersier ketika cabang tersebut sudah berwarna kecoklat-coklatan tepatnya pada umur 3 bulan atau lebih. Lakukanlah pemangkasan hanya pada tunas yang menonjol.

Pemangkasan pertama bunga yang tumbuh masih sangat kecil, pada pemangkasan kedua aak sedikit besar begitu seterusnya. Bunga yang tumbuh akan terus membesar dan nantinya akan menjadi buah yang berukuran kecil. Buah akan tumbuh ketika berumur 3-4 bulan setelah pemangkasan pertama. Setelah tanaman mulai belajar berbuah lakukanlah penyiraman dengan rutin setiap sore hari. Lakukan juga pemupukan dengan memberikan pupuk NPK sebanyak 2 sendok makan per 30 hari.

Bagaimana? Mudah bukan cara menanam anggur di halaman rumah. Selain buahnya dapat dimakan, anggur juga memiliki banyak manfaat bagi kesehatan dan juga bentuk tanaman anggur dapat mempercantik penampakan rumah anda. Semoga artikel ini dapat menambah wawasan anda dan sampai jumpa.

Kunjungi artikel terkait:

  1. Cara Menanam Seledri Hidroponik Sederhana
  2. Cara Menanam Kentang Sendiri di Lahan Rumah yang Baik dan Benar
  3. Cara Menanam Buah Tin Dari Biji Di Dalam Pot
  4. Cara Menanam Cabe Rawit dari Biji secara Organik
  5. Cara Menanam Kencur Yang Baik dan Benar