Cara Menanam Bawang Merah Hidroponik

Posted on
Kasih bintang ya !

budidaya bawang merah hidroponik

Cara Menanam Bawang Merah Hidroponik SederhanaAssalamualaikum wr.wb. Hai semua, gimana nih kabarnya?? Sehat? Semoga saja yak. Artikel Joan kali ini masih berkaitan dengan Bawang Merah.  Tapi bukan bawang merah biasa, melainkan bawang merah hidroponik.

Tahukah kamu ?
Budidaya (beratanam) bawang merah juga bisa sobat jalankan dengan media polybag atau dengan secara vertikultur. Bawang merah bisa sobat tanam di pekarangan rumah dengan masa panet yang lumayan singkat, menggunakan media paralon sederhana, tanpa tanah, yakni dengan cara hidroponik. 

Budidaya Bawang Merah Hidroponik

Hidroponik itu apa sih? Kok sekarang dikit – dikit hidroponik, dikit – dikit hidroponik? Penasaran kan? Yuk kita bahas.

Hidroponik adalah jenis pembudidayaan yang cara penanamannya menggunakan air dan tanpa menggunakan tanah untuk menekankan pada pemenuhan kebutuhan nutrisi bagi tanaman.

Sehingga menanam bawang merah, dan sayuran lainnya tidak lagi harus menggunakan media tanah karena saat ini ada alternatif lain dimana kita dapat menanam tanaman seperti bawang dengan lebih bersih dengan metode hidroponik.

Teknik menanam secara hidroponik ini memang sedang menjadi trend masa kini, karena memang menanam secara hidroponik dapat dilakukan dimana saja dan termasuk bagi yang memiliki lahan yang tidak luas dan sempit. Tanaman yang dapat ditanam dengan teknik ini salah satunya adalah bawang merah.  

Baca: 

  1. Cara Menanam Seledri Hidroponik Sederhana
  2. Cara Menanam Cabe Hidroponik Dalam Botol + Gambar
  3. Cara Menanam Sawi Hidroponik dengan Botol Bekas + Gambarnya

Cara Menanam Bawang Merah Hidroponik Sistem Wick

Cara menanam bawang merah menggunakan metode hidroponik adalah sebagai berikut:

Sebelum kita langsung proses membuat, ada baiknya kita menyiapkan alat dan bahannya terlebih dahulu. Hal yang paling penting untuk membuat hidroponik adalah media tanam utama dan yang paling penting diantara yang lain yaitu berupa botol. Jadi kalian harus menyiapkan botol bekas air mineral yang banyak atau sesuai kebutuhan masing – masing dan secukupnya.

Alat dan Bahan Bawang Merah Hidroponik

  1. Botol bekas air mineral yang besar.
  2. Menyiapkan media tanam lain seperti sekam bakar. Sekam bakar merupakan media yang paling sering digunakan.
  3. Hal yang perlu disiapkan adalah benih bawang merah serta nutrisi hidroponik.
  4. Menyiapkan air.
  5. Kain flanel.
  6. Cutter.

Sangat mudah bukan, alat dan bahan yang diperlukan, dan dapat kita temui sehari – hari. Setelah itu mari kita ikuti langkah – langkah dibawah ini.

Tahap Persiapan Media Tanam Bawang Merah Hidroponik

cara menanam bawang merah hidroponik sederhana

Setelah kita menyiapkan alat dan bahan baru kita bisa mengaplikasikannya. Cara menanam bawang merah dengan hidroponik sebagai berikut:

  1. Yang pertama adalah membuat pot menggunakan botol, bekas yang telah disiapkan tadi, dan bawahnya dilubangi dengan teratur dan rapih.
  2. Kedua, membuat tendon nutrisi menggunakan botol bekas yang telah dibelah menjadi dua dan ambil bagian bawahnya dan juga diberi lubang – lubang udara.
  3. Pada bagian pot yang terbuat dari botol bekas tadi, di bagian dasarnya juga harus dilubangi untuk memasang sumbu. Lubang untuk udara yang dibuat tadi memiliki lebar berdiameter kurang lebih 1 cm. Lubang udara yang ada pada botol nutrisi berada di area yang lebih rendah dibandingkan dengan posisi dasar pot.
  4. Gunting kain flanel tersebut dan pasang pada pot tersebut.
  5. Masukkan media tanam yang telah dibuat ke dalam pot tersebut.
  6. Mengecat ulang pada bagian pangkal tandon agar tidak terkena lumut yang biasanya tumbuh saat cuaca sedikit lembab.
  7. Menyiapkan media tanam hidroponik yang telah dibuat untuk bibit bawang merah. Dapat kalian baca tentang bibit bawang merah yang berkualitas baik itu seperti apa di artikel Cara Membuat Bibit Bawang Merah.
  8. Menyiapkan media tanam dengan sekam bakar yang bisa dicampur dengan sabut kelapa. Perbandingan komposisinya adalah 1 : 1 dan dimasukkan ke dalam gelas pot yang telah dibuat. Tetapi sebelum menaruh media tanam tersebut kedalam gelas pot tadi, masukkan kain flannel yang telah dipotong ke dalam pot, yang berguna sebagai sumbu di dalam pot.
  9. Membenanmkan umbi bawang yang telah disiapkan kedalam hingga setengah bagian.

Tahap Perawatan Tanam Bawang Merah Hidroponik

  1. Meletakkan pot yang telah terisi umbi di media tanam ke tempat yang teduh dan tidak terpapar sinar matahari secara langsung.
  2. Ketika tunas sudah muncul, maka mengisi tandon larutan nutrisi yang telah dtakar secukupnya.
  3. Kalian harus menjaga agar larutan nutrisi yang dibutuhkan oleh tanaman ini berada di dalam kondisi yang stabil sehingga kita dapat memanennya dalam waktu 2 bulan ke depan. Bawang merah yang dapat dipanen ditandai dengan daun yang telah menguning.

Kebutuhan Nutrisi pada Tanaman Bawang Merah

Nutisi yang dibutuhkan untuk bawang merah yang ideal adalah yang memiliki pH sekitar 5,5 – 6,5. Nutrisi yang dibutuhkan bawang merah berbeda setiap tahap pertumbuhannya, semakin bertambah umur tanaman tersebut maka dosisnya semakin tinggi. Berikut daftar ppm untuk bawang merah:

  • Awal tanam (bibit telah bertunas setinggi 1 cm) nutrisi yang diberikan sekitar 400 ppm.
  • Pada minggu keduanutrisi yang diberikan sekitar 800 ppm.
  • Pada minggu ketiga hingga kelima nutrisi yang diberikan sekitar 1000 ppm.
  • Pada minggu keenam dan seterusnya beri nutrisi sekitar 1200 ppm.

Itulah kira – kira yang dapat Joan bahas untuk artikel Cara Menanam Bawang Merah Hidroponik kali ini. Sangat mudah dan sederhana bukan?

Semoga artikel yang Joan buat kali ini bermanfaat bagi kalian yang yang ingin mencoba menanam bawang merah hidroponik.

Ditunggu komen – komenannya yaa. Sekian dari Joan. Lebih dan kurang Joan mohon maaf. Wassalamualaikum wr.wb  Sayonaraaa ^.^).

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *