Cara Menanam Buah Tin Dari Biji Di Dalam Pot

Diposting pada
5/5 - (3 votes)

Cara Menanam Buah Tin Dari Biji Di Dalam Pot

Cara Menanam Buah Tin Dari Biji di Dalam Pot – Assalamualaikum wr.wb  Hai semua, semoga dalam keadaan sehat ya. Artikel ini akan menjawab rasa penasaran sobat dalam menanam buah tin dari biji. Tak hanya itu, disini juga akan dijelaskan seperti, bagaimana syarat tumbuh daun tin, cara perawatannya, berapa umur pohon tin sudah berbuah, bagaimana pemupukannya dan masih banyak yang lainnya. Semoga bermanfaat.  (Baca: “9 Langkah” Cara Membuat Teh Daun Tin dan Manfaatnya )

Buah Tin dan Manfaatnya

Tahukah kamu ?
Tin atau Figs atau juga Ara memiliki nama latin Ficus carica L. Pohon ini merupakan jenis tumbuhan yang menghasilkan buah-buahan yang dapat dimakan.

Pohon ini berasal dari Asia Barat. Ficus carica sama dong dengan Ficus benjamina?? Mungkin disini ada yang belum tahu Ficus benjamina. Ficus benjamina adalah pohon Beringin. Pohon Tin dengan Pohon Beringin ternyata masih saudara. Dapat kita lihat bahwa nama genus nya sama. 

Nama Buah Tin sudah tidak asing lagi bagi umat Muslim. Nama buah Tin ada di dalam Al-Qur’an surah At-Tin yang terdiri dari 8 ayat. Buah Tin yang biasa disebut  buah figs atau buah ara termasuk kedalam salah satu buah yang populer diseluruh dunia, dan terkenal akan banyak manfaat dan bukan hanya untuk orang biasa saja, bahkan buah Tin juga punya manfaat untuk hamil lohh.

Buah Tin banyak ditemukan di Asia bagian Barat yaitu mulai dari pantai Bahkan sampai ke daratan Afganistan dan tumbuhnya buah ini juga musiman. 

Baca juga:

  1. Cara Makan Buah Tin (Segar Dan Kering)
  2. 10 Manfaat Buah Tin Untuk Ibu Hamil
  3. 9 Manfaat Buah Tin untuk Kesehatan
  4. Cara Membuat Manisan Buah Tin

Kandungan buah Tin

Kandungan yang ada didalam buah Tin sangat banyak, yaitu : Vit B2, Vit B1, Zat Besi, Mangan, Kalsium, Fosfor, Klorin Natrium dan Kalium. Buah ini sangat kaya akan Kalium dan serat yang terkandung didalamnya.

Cara Menanam Pohon Tin

1. Menyiapkan benih Pohon Tin

Benih yang akan kita tanam diambil dari buah Tin yang sudah mulai mengering atau yang sudah tua. Kemudian buah yang telah dipilih, dibelah dan diambil bijinya, setelah itu dijemur sampai kering.

2. Penyemaian benih Pohon tin

media tanam buah tin

Siapkan lahan atau tempat atau media penyemaiaan untuk proses penyemaian seperti polybag. Kemudian diisi dengan tanah, pupuk kandang, dan pasir dengan perbandingan 2 : 2 : 1. Setelah itu didiamkan selama kurang lebih 2 hari.

Rendam buah Tin terlebih dahulu sebelum disemai atau dilakukan skarifikasi terhadap calon benih. Buanglah biji yang mengapung, karena kualitasnya jelek dan tidak akan kemungkinan untuk hidupnya sangat kecil dan simpalah biji yang tenggelam karena itu yang akan disemai.

Setelah 2 hari. Media atau tempat sudah bisa digunakan. Taburkan biji buah Tin ke media dan harus rata. Kemudian ditutup dengan tanah. Jangan terlalu padat dan banyak yak, cukup menutupi biji dan biji tidak terlihat. Karena jika terlalu padat tanahnya biji akan sangat sulit untuk tumbuh.

Jangan lupa untuk melakukan penyiraman secara rutin 2 kali sehari yaitu pagi dan sore, agar tanah tetap lembab. Tetapi jangan sampai tanah tergenang ya, dikhawatirkan biji akan busuk. Ketika buah Tin sudah berumur kurang lebih 3 – 5 minggu, maka buah Tin sudah mengeluarkan tunas.  Semai sudah dapat dipindahkan ke polybag kecil jika tunasnya sudah mencapai 15 cm tingginya.

3. Penanaman Tanaman Tin

Untuk melakukan penanam buah ini hal yang perlu disiapkan adalah media tanam yang lebih besar seperti pot yang ukurannya besar. Pot tersebut diisi dengan tanah yang telah dicampur dengan pupuk kandang yang perbandingannya 1 : 1. Sebaiknya tanah tersebut harus gembur. Pot yang telah terisi oleh tanah tersebut didiamkan selama 2 minggu.

Jika kalian ingin menanam buah Tin diperkarangan rumah, kalian bisa membuat lubang ukuran 50 x 50 cm dengan kedalaman kurang lebih 50 – 60 cm. Isi didalam lubang sama dengan isian didalam pot yaitu tanah yang dicampur dengan pupuk kandang tetapi ditambahkan dengan sekam padi. Kemudian diamkan selama 2 minggu. Usahakan lubang yang dibuat tersebut tidak ternaungi apapun.

Setelah semuanya siap, biji buah Tin yang sudah menjadi bibit di polybag dapat dipindahkan ke pot yang besar atau lubang. Masukkan bersama pasir – pasirnya. Agar sistem perakarannya tidak rusak yang bisa mengakibatkan bibit tersebut mati. Kemudian tutup dengan pasir dan dipadatkan secara perlahan.

4. Perawatan Tanaman Tin

umur buah tin berbuah

Perawatan untuk tanaman ini tidak susah. Cukup disiram sebanyak 2 x sehari yaitu pagi dan sore, tanaman ini dikatakan mudah dalam perawatan karena tanaman ini sudah beradaptasi terhadap iklim Indonesia, dan juga tanaman Tin sudah dapat disiram semenjak penanaman. Tetapi penyiraman jangan berlebih ditakutkan akar akan membusuk dan tanamannya akan mati.

Lakukan penyulaman jika sudah muncul gulma atau tanaman bawah yang tumbuh di sekitar tanaman utama. Lakukan pemupukan jika tanaman sudah berumur 4 bulan semenjak dipindahkan ke pot besar dengan pupuk NPK atau kompos.

5. Panen buah tin

Buah Tin sudah akan memunculkan buah kurang lebih jika sudah berumur 4 bulan  dan buahnya sudah dapat dipanen.

Nah itulah tadi beberapa Cara Menanam Buah Tin Dari Biji di Dalam Pot yang dapat Joann share di artikel kali ini. Semoga dapat bermanfaat buat kalian yang ingin mencoba peruntungan atau yang hanya ingin mencoba untuk menanamnya sendiri sampai menghasilkan buah tanpa harus membeli, bisa hemat.  Sekian dari Joann. Wassalamualaikum wr.wb.. Sayonaraa ^^)/

Kunjungi artikel terkait:

  1. Cara Menanam Sawi Hidroponik dengan Botol Bekas + Gambarnya
  2. Cara Menanam Cabe Merah Keriting Yang Benar
  3. Cara Menanam Cabe Hidroponik Dalam Botol + Gambar
  4. Cara Menanam Labu Air (Sukses Budidaya)
  5. Cara Menanam Seledri Hidroponik Sederhana