Cara Menanam Cabe Hidroponik Dalam Botol + Gambar

Posted on
Cara Menanam Cabe Hidroponik Dalam Botol + Gambar
5 (100%) 6 votes

cara menanam cabe hidroponik dalam botol

Cara menanam cabe hidroponik dalam botolnuansa.web.id | Metode hidroponik sangat cocok menjadi media untuk bercocok tanam bagi teman-teman yang punya hobi menanam tapi tidak punya banyak lahan.

Tak hanya itu, bahkan Hidroponik bisa dijadikan aktivitas yang santai juga menghasilkan loh. Sudah banyak yang membuktikan membudidayakan tanaman lewat metode hidroponik ini, disamping hemat lahan, hasilnya juga cukup menjanjikan, lumayan untuk nambah uang jajan hhe. Apalagi dalam jumlah besar, pasti akan lebih banyak meraup keuntungan, tak terkecuali pada tanaman cabe. (Baca: Cara pemupukan cabe sistem kocor)

Terlebih, cabe sudah menjadi kebutuhan pokok dalam dunia kuliner, yaitu sebagai campuran bumbu masakan, khususnya bagi masyarakat indonesia. Contoh lain adalah rumah makan atau restoran yang tidak pernah absen dari cabe.

Keunggulan cabe hidroponik dalam botol

Cabe merah atau cabe rawit juga bisa dibudidayakan dengan sistem hidroponik, bisa menggunakan  botol, paralon atau media lainnya. Keunggulan cabe hidroponik lebih menarik bagi restoran atau supermarket dengan berbagai alasan seperti:

  1. Hasil panen cabe hidroponik bebas dari kandungan pestisida.
  2. Lebih hemat air karena cabai jarang sekali kotor.
  3. Minim terkena serangan penyakit dan hama contohnya ulat yang menggerogoti kulit atau daun cabai.

Mengapa harus cabe ? lalu apa manfaatnya ? 

Cabe juga kerap digunakan sebagai bumbu instan pada beragam camilan ringan seperti keripik atau sambal kemasan. Cabai juga berpengaruh dalam roda bisnis seperti perindustrian jamu atau obat-obatan yang mempunyai manfaat kesehatan seperti :

  • Cabe dengan warna merah menandakan kandungan beta karoten atau provitamin a yang berfungsi meningkatkan sistem imun pada tubuh.
  • Dengan memberikan cabai ke dalam makanan secara teratur dipercaya dapat menurunkan resiko terkena diabetes tipe2 karena cabe memiliki kandungan peptida yang berfungsi untuk mengontrol tingkat insulin.
  • Bahkan ada penelitian medis yang menemukan beberapa jenis kandungan pada cabai yang berfungsi untuk mengoptimalkan pembakaran energi selama beberapa jam setelah mengkonsumsi cabai. Sehingga secara teknis membuat tubuh mengurangi jumlah kalori yang dampaknya terjadi penurunan berat badan.

Tahap -1 Mempersiapkan benih cabe

Hal yang pertama dilakukan adalah menyiapkan benih yang bagus dan berkualitas karena akan menentukan produktivitas cabe yang dihasilkan nantinya. Adapun ciri-ciri cabe yang berkualitas unggul diantaranya:

  1. Benih bebas dari penyakit.
  2. Benih dalam keadaan kering dan tidak lembab.
  3. Tidak ada kecacatan dalam benih cabe yang akan digunakan.
  4. Berasal dari bibit tanaman yang unggul dan berkualitas.

Tahap -2 Menyemai benih cabe

Pada tahap penyemaian benih cabe hidroponik dalam botol ini adalah menggunakan media berupa tanah, kompos dan sekam arang dengan perbandingan 1 : 1.

  1. Pertama letakkan benih cabe pada media persemaian.
  2. Atur jarak antar benih pada persemaian.
  3. Setelah itu tutup dengan media tanah yang halus.
  4. Lakukan pemeliharaan dengan tepat dengan cara penyiraman dan sanitasi secara teratur sampai tanaman mengeluarkan beberapa helai daun.
  5. Biasanya daun akan muncul pada 5 sampai 7 hari setelah proses penyemaian.

Tahap -3 Persiapan media tanam

Langkah selanjutnya adalah menyiapkan alat dan bahan untuk keperluan, media tanam cabe sistem hidroponik dengan botol, diantaranya adalah:

  1. Botol bekas air mineral
  2. Media tanam bisa menggunakan sekam dan coco peat. Perbandingannya adalah 1 banding 1 kemudian campur media tanam dengan merata.
  3. Kain flanel (Sumbu)
  4. Gunting, pisau/ cutter
  5. air sesuai kebutuhan

Tahap -4 Persiapan pot dan pemasangan sumbu

cara menanam cabe dengan metode hidroponik

Langkah selanjutnya adalah memotong botol bekas menjadi dua bagian yaitu bagian atas atau mulut botol digunakan sebagai pot dan bagian bawah sebagai tandon nutrisi. Potong botol bekas sepertiga bagian atas kemudian berlubang secukupnya pada sekitar leher botol.

Lubangi dinding botol tandon pada bagian atas dengan diameter -/+ 5 mm (sebesar pensil), tujuannya supaya bagian dalam botol tidak pengap dan akar cukup mendapatkan oksigen.

Untuk sumbu potong kain flanel dengan ukuran panjang 15 cm atau lebih dan lebar 2,5 sampai 3 cm. Sesuaikan kain flanel atau sumbu hingga menyentuh dasar botol tandon ketika dipasang. Agar lebih jelas perhatikan gambar dibawah ini:

Tahap -5 Proses penanaman bibit cabe

Setelah bibit berusia 25 sampai 30 hari dari setelah masa semai itu artinya bibit cabe dalam cara menanam cabe hidroponik dalam botol sudah layak untuk dipindahkan. Cabut bibit cabe pada media tanam secara perlahan dan supaya akar tidak rusak maka sebaiknya dibasahkan terlebih dahulu media tanamnya. Langkah selanjutnya letakkan bibit kedalam media atau botol yang telah disiapkan dan siram dengan air secukupnya.

Setelah proses penanaman selesai dilakukan pindahkan tanaman pada tempat yang sejuk, dan dalam beberapa hari letakkan tanaman cabe hidroponik pada tempat yang terpapar sinar matahari yang cukup ( tidak terlalu panas).

Bagaimana Perawatan cabe hidroponik dan pemberian nutrisi

Sambil menunggu kegiatan penyemaian benih, sebaiknya kita siapkan komponen lain seperti nutrisi tanaman yang akan menentukan keberhasilan pertumbuhan tanaman. Sebenarnya ada banyak nutrisi yang diperlukan oleh tanaman tetapi yang paling pokok adalah nitrogen kalium dan fosfor yang merupakan unsur hara makro nya. Disamping itu ada beberapa unsur hara mikro lain seperti oksigen agar tanaman bisa melakukan proses fotosintesis.

Nutrisi hidroponik untuk cabe bisa anda beli di toko pertanian karena sekarang sudah banyak tersedia nutrisi yang khusus untuk tanaman cabe hidroponik. Yang perlu dikontrol adalah dosis penggunaan nutrisi tersebut.

Kebutuhan unsur hara mikro pada tanaman cabe harus dipenuhi saat memasuki fase pertumbuhan vegetatif. Nutrisi yang baik berasal dari pupuk daun. Sedangkan pada saat memasuki fase pertumbuhan generatif anda bisa menggunakan larutan nutrisi dari bahan pupuk buah.

Nah itulah tadi berbagai macam informasi dan cara menanam cabe hidroponik dengan botol bekas dengan sistem sumbu. Selain menggunakan botol cabe hidroponik juga bisa ditanam dengan pipa paralon. Sekarang pilihan ada di tangan anda mau menggunakan sistem yang bagaimana. Yang terpenting adalah punya kemampuan dan kemauan serta sabar dalam belajar dan mempraktekkan teknik hidroponik supaya mendapatkan hasil yang optimal.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *