Cara Menanam Jeruk Lemon Agar Cepat Berbuah

Posted on
Cara Menanam Jeruk Lemon Agar Cepat Berbuah
5 (100%) 6 votes
Cara Menanam Jeruk Lemon Agar Cepat Berbuah

Buah lemon merupakan salah satu buah yang dimanfaatkan dalam kehidupan sehari – hari. Tidak heran bahwa banyak orang untuk memulai menanam dan membudidayakan tanaman ini.  Berikut ini penjelasan mengenai cara menanam buah lemon agar cepat berbuah dan lainnya.

Mengenal Tanaman Buah Lemon

Buah lemon atau disebu juga dengan sitrun merupakan salah satu jenis jeruk yang kerap kali ditemukan di daerah tropis dan subtropis yang memiliki ketinggian mencapai 6 meter. Buah ini mengandung manfaat bagi kehidupan dan kesehatan tubuh.  Tak heran buah ini sering digunakan sebagai penyedap dan penyegar makanan dan minuman. Buh lemon sendiri mengandung vitamin C yang tinggi, kalium,  natrium dn lainnya.

Karena dari mafaatnya buah lemon ini,  banyak orang sudah memulai untuk menanam di rumah maupun membudidayakan tanaman buah ini karen memng dibutuhkan dalam kehidupan sehari – hari.

Manfaat Buah Lemon

Mengkonsumsi lemon secara rutin terdapat manfaat yang begitu banyak bagi kesehatan tubuh. Untuk sebagian orang mungkin untuk mengkonsumsi buah lemon mungkin tidak kuat karena rasanya yang asam, namun buah ini dapat di nikmati dengan cara lain yaitu menkosumsinya dengan capuran ait. Berikut beberapa manfaat menkonsumsi secure rutin jeruk lemon.

  • Meningkatkan sistem kekebalan tubuh
  • Menjaga pH tubuh agar tetap seimbang
  • Menurunkan risiko kanker,  karena pada lemon terdapat senyawa limonoids yang terbukti membantu melawan mulut,  kulit, paru – paru,  payudara,  perut dan usus besar.
  • Meningkatkan mood dan fokus
  • Mengurangi kecemasan dan depresi
  • Memperlancar pencernaan
  • Membantu mrnurunkan berat badan

Cara Menanam Tanaman Buah Lemon di dalam Pot

Menanam tanaman buah lemonbis dikatakan cukuo sederhana. Berikut ini penjelasan cara menanam tanaman buah lemon.

Cara Menanam Jeruk Lemon Agar Cepat Berbuah
  • Persiapan Bibit Lemon

Terdapat dua cara untuk persiapn bibit lemon yaitu dengan cara generatif (biji) dan vegetatif (cangkok dan sambung). Namun disarankan untuk menggunakan cara vegetatif karena akan mewariai sifat unggul tanaman dan akanclebih singkat waktu panennya.

  • Persiapan Media Tambulampot Buah Lemon

Perisapan media tanam dilakukan 3 – 6 hari sebelum penanaman bibjt lemon dilakukan. Media tanam diisi dengan campuran tanah top soil dengan pupuk kandang (pupuk kompos) perbandingannya 2 : 1. Kemudian, letakkan bibi pada media tanam tersebut lalu letakkan di tempat yang terbuka.

  • Penanaman Tanaman Buah Jeruk di dalam Pot

Setelah bibit yang di tanam di media tanam sudah berusia 4 – 5 bulan,  pindahkan tanaman ke dalam tempat yang lebih besar seperti pot yang lebih besar. Pemindahan tanaman dilakukan dengan cara hati – hati, letakkan di dalam pott kemudian timbun dan padatkan.  Setelah itu lakukan penyiraman sevukupnya dan secara rutin.

Tips Agar Tanaman Buah Lemon Cepat Berbuah

Cara Menanam Jeruk Lemon Agar Cepat Berbuah

Setelah mengetahui bagaimana cara menanam tanaman buah lemon yang benar, ada baiknya untuk mengetahui cara perawatan atau tips agar tanaman buah lemon cepat berbuah. Pada umumnya tanaman buah lemon akan berbuah sekitar usia 1 – 2 tahun. Berikut ini beberapa tips agar tanaman buah lemin cepat berbuah.

  • Pemangkasan

Pada tanaman buah lemon terdapat banyak ranting dan cabang pohon. Tidak semua ranting dan cabang pohon tersebut akan menghasilkan buah, ada juga ranting dan cabang pohon yang hanya mengandung air yang hanya akan menghabisi energi tanaman.

Ranting dan cabang pohon yang tidak berguna tersebut,  ada baiknya untuk di pangkas agar tidak mengganggu pertumbuhan tanaman. Rantin dan cabang tersebut biasanya terletak di tengah – tengah atau di bawah batang. Pemangkasan ranting dan cabang inu juga bermanfaat untuk keindahan tanaman.

  • Pemanfaatan Pupuk

Salah satu tips agar tanaman buah teteap tumbuh dan dapat berbuah yaitu dengan pemberian pupuk. Pupuk yang dianjurkan untuk tanaman buah lemon yaitu pupuk yang mengandung kadar fosfor yang tinggi. Pupuk yang mengandung fosfor yng tinggi yaitu pupuk TSP atau pupuk majemuk NPK.

Pemberian pupuk bisa dilakukan dengan cara membuat lubang Melingkar di sekitar batang, lalu masukan pupuk dan timbun kembali dengan tanah. Kemudian siram agar pupuk dapat larut dan meresap ke tanah dan akar batang.

  • Stress air

Tahap untuj melakukan stress air, yaitu:

  • Dua minggu sebelum melakukan stress air, berikan pupuk pada tanaman buah lemon.
    • Dua minggu setelah di pupuk, letakkan tanaman di tempat yang terbuka langsung terkena sinar matahari.
    • Biarkan tanaman untuk tidak di siram selama 1 – 2 minggu, sampai tanaman layu dan stress namun tidak sampai mati.
    • Setelah tanaman mengalami stress, siram tanaman secara teratur bila perlu di cuca yang panas siram sampai tiga kali sehari.
    • Dalam waktu 2 – 3 minggu setelah mengalami stress air,  tanaman akan memunculkan tunas – tunas baru bersamaan dengan kuncup bunga.
  • Melukai Batang Pohon

Cara melukai batang pohon yaitu dengan mengikat erat dengan kawan hingga kulit terluka dan menembus batang kayu. Cara lainnya yaitu dengan mengelupas kulit tanaman hingga terlihat kambiumnya.

Cara tersebut bermanfaat untuk menghambat proses pengiriman karbohidrat tanaman ke akar, sehingga karbohidrat akan tetimbun pada batang, ranting dan daun. Penimbunan karbohidrat tersebut akan mengakibatkan munculnya bunga dan buah.

Faktor Tanaman Buah Lemon Tidak Berbuah

Beberapa faktor yang dapat mempengaruhi tanaman buah lemon tidak dapat berbuah, yaitu:

  • Tidak terjadinya penyerbukan pada bunga. Menanam tanaman buh lemon di tempat tertutup seperti rumah kaca mengakibatkan terhambatnya angina dan serangga, karena angina dan serangga yang membantu peyerbukan ke putik bunga yang memicu pembuahan.
  • Tanaman buah lemon yang belum mencukupi umur. Ada baiknya untuk mencari tahu terlebih dahulu jenis lemon yang akan di tanam dan berapa lama dapat berbuah.
  • Kurangnya perwatana, seperti tidak mendapat asupan air dan nutrisi yang cukup serta kurangnya pemangkasan.
  • Kurangnya sinar matahari, karena untuk melakukan fotosintesis yang normal setiap tumbuhan harus mendapatkan sinar matahari.
  • Suhu yang terlalu dingin,  karena dapat mematikan kuncup bunga yang muncul.

Demikian penjelasan  cara menanam tanaman buah lemon. Dari mengenali bagaimana tanaman buah lemon cepat berbuah, semoga pembaca tertarik untuk menanam di rumah maupun untuk membudidayakannya. Terimakasih.