Cara Pembibitan dan Menanam Lada Stek Satu Ruas

Diposting pada
3/5 - (3 votes)

cara menanam lada di polybag
Nuansa.web.id | Cara Pembibitan Lada Satu Ruas – 
Usaha memperbanyak pembibitan tanaman lada mulai banyak diminati oleh para petani karena dirasa menguntungkan. Usaha pembibitan lada ini dapat dipasarkan kepada petani lainnya atau bisa juga ditanam sendiri hingga menghasilkan lada yang siap untuk dijual.

Tanaman lada ini dapat diperbanyak melalui 2 cara yaitu pembibitan dengan biji (generatif) dan pembibitan dengan stek. Karena pembibitan lada dengan biji membutuhkan waktu yang relatif lama dan membutuhkan keterampilan khusus, maka cara pembibitan dengan menggunakan biji  banyak ditinggalkan oleh para petani lada.

Kemudian, para petani beralih untuk melakukan pembibitan lada dengan cara stek.

Cara Pembibitan Lada Satu Ruas

Perlu sahabat ketahui, bahwa pembuatan stek lada dapat dilakukan dengan dua cara yaitu dengan stek panjang dan stek pendek. Stek panjang yaitu dengan menggunakan tujuh ruas, sedangkan untuk stek pendek cukup dengan satu ruas saja seperti bahasan pokok di bawah ini.

Sahabat, perlu untuk kita ketahui bahwa terdapat beberapa hal yang harus kita perhatikan ketika akan melakukan stek pendek satu ruas, yaitu :

  1. Pilihlah bahan stek dari tanaman lada berusia 2 tahun atau lebih agar kita tidak harus menunggu terlalu lama untuk bibit lada untuk berbuah. Boleh saja kita menggunakan bahan stek dari tanaman berusia 1 tahun jika memang tidak ada pilihan lain.
  2. Pilihlah bahan stek dari tanaman yang sehat dan tidak terkena serangan penyakit agar bibit yang dihasilkan juga bebas dari infeksi penyakit.
  3. Pilih bahan stek dari sulur panjat yang melekat pada tiang panjat/tajar serta memiliki cabang buah dan bukan dari sulur cacing yang menjalar di tanah. Tujuannya adalah agar bibit lada dapat segera mengeluarkan akar dan memiliki sifat memanjat, jika menggunakan sulur cacing biasanya akar panjat lada agak lama untuk keluar.
  4. Waktu untuk pengambilan stek, direkomendasikan kepada sobat sekalian untuk mengambil bahan stek pada jam 06.30 atau jam 16.30 agar bahan stek tidak layu.

Langkah-langkah pembibitan lada satu ruas

Berikut langkah-langkah pembibitannya :

  1. Siapkan bahan stek, kemudian, langkah pertama yaitu memotong sulur menjadi pendek (satu ruas) dan diharapkan setiap masing-masing stek disisakan satu daun agar mempercepat pertumbuhan bibit lada, karena tanaman lada juga membutuhkan asupan makanan untuk pertumbuhannya.
  2. Setelah dipotong, segera masukkan di air yang telah dicampur dengan gula pasir, tapi bisa juga ditambah dengan bawang merah yang telah dihaluskan. Rendam selama 1 jam.
  3. Setelah itu, tanam stek ke dalam polybag atau media tanam yang telah disediakan, perhatikan “daun setiap stek harus mengarah kearah yang sama agar tidak mengganggu pertumbuhan pucuk stek yang satu dengan yang lain. cara pembibitan lada dengan biji
  • Agar mendapatkan hasil yang maksimal, buatlah sungkup sebagai tempat persemaian bibit. Lalu tutup tempat persemaian bibit tersebut dengan sungkup plastik transparan agar sinar matahari tetap bisa masuk untuk proses fotosintesis bibit. Selain itu berfungsi untuk memperoleh kelembapan yang tinggi serta suhu yang rendah. Kelembapan yang tinggi dan suhu yang rendah ini akan merangsang pertumbuhan stek.
  • cara membuat lada tiang beton
  • Di sarankan untuk melakukan pembibitan di bawah pohon yang tidak terlalu rimbun, agar kita tidak perlu membuat naungan.
  • Stek lada
    Setelah jangka waktu 21 hari atau 3 minggu, stek lada tersebut akan terlihat tumbuh tunas atau pucuk di batangnya. Apabila sudah mulai muncul tunas atau pucuk di beberapa bibit, kita akan tetap menyungkupnya  hingga umur bibit sekitar 1 bulan.
  • Lalu, ketika akan membuka sungkup dari depan ataupun dari belakang usahakan membuka sungkup tersebut dengan perlahan dan tidak sekaligus untuk mengadaptasikan suhu di luar dan di dalam sungkup agar pembibitan tidak gagal.
  • setelah pembukaan sungkup dan perkiraan umur bibit sekitar 2 bulan, selanjutnya adalah menanamkan tongkat bambu sebagai media untuk tempat memanjat bibit lada. Mengapa demikian ? karena lama kelamaan, tanaman lada akan menjadi sulur cacing jika tidak diberikan tempat memanjat.
  • Jangan lupa untuk membersihkan tanaman dari serangan gulma di sekitar tanaman lada yang dapat mengganggu proses pertumbuhan. Umur 3 bulan, bibit sudah siap di tanam di lahan.

Keuntungan pembibitan lada dengan stek pendek satu ruas 

  1. Kebutuhan bahan yang digunakan relatif sedikit (karena hanya satu ruas).
  2. resiko kematian yang lebih kecil pada stek satu ruas. Alasannya karena pada umumnya bibit yang berasal dari stek satu ruas sudah siap dipindahkan.
  3. Menghemat lahan.
  4. Mudah dalam pengangkutan.

Kelemahannya pembibitan lada dengan stek pendek satu ruas 

  1. Stek dengan satu ruas ini perlu disemaikan terlebih dahulu dan baru bisa ditanaman setelah stek berumur 4-5 bulan di persemaian. Pada umur ini keadaan tanaman telah berdaun sebanyak 4-5 helai dan tingginya telah mencapai 30-40 cm.
  2. Memerlukan biaya lebih untuk proses pembenihan lada.

Demikianlah artikel Cara Pembibitan Lada Satu Ruas, semoga bermanfaat bagi pembaca sekalian. Terima kasih banyak atas kunjungannya. Jangan lupa share yaa ! 🙂

Tinggalkan Balasan