Cara Membuat Tauge Tumbuh Cepat [Gemuk dan Putih]

Posted on

cara menanam tauge gemuk 1

Cara menanam tauge gemuk – Apasih tauge itu ? Tauge atau biasa disebut kecambah yang berasal dari tanaman kacang hijau, tidak hanya dari kacang hijau saja loh tetapi ada juga yang terbuat dari kacang kedelai.

Tahukah sobat?

Tauge sangat mudah ditanam dan termasuk tanaman yang tahan terhadap kondisi iklim apapun. Untuk budidaya tumbuhan ini, bisa didapatkan dengan menanam biji kacang hijau dalam media hidroponik seperti gabus, kapas, atau gabah. Para petani tauge pada umumnya menggunakan nutrisi sumo 8 untuk mempercepat pertumbuhan tauge.

Touge memiliki bentuk panjang dengan kepala di ujungnya. Kepala tersebut adalah biji kacang hijau yang membelah.

Cara mendapatkan tauge ini sangat gampang, yang pertama adalah dengan mencari dan membelinya dipasar atau bisa dengan cara lainnya yaitu dengan cara  menanam tauge itu sendiri.

Khasiat dan Manfaat Tauge

Touge dari kacang hijau lebih banyak di sukai oleh semua kalangan, manfaat tauge dirasa sangat baik untuk menambah kesuburan.

Rasa tauge yang manis dan kaya manfaat bagi kesehatan,  sehingga tauge sering digunakan dalam masakan sehari-hari. Sebelum kita membahas cara menanam atau membuat tauge, ada baiknya kita mengetahui beberapa khasiat dan fungsi dari tauge itu sendiri.

Berbagai manfaat tauge yang perlu sobat nuansa ketahui diantaranya adalah:

  • Tauge memiliki kandungan anti oksidan, Vit A, Vit C, Vit E, Kalsium, Zat besi dan Magnesium. Banyak sekali bukan vitamin yang terkadung dalam tauge?
  • Tauge berfungsi untuk menjaga kesehatan kulit.
  • Tauge dapat membantu menyuburkan dan menyehatkan  kandungan loh. Jadi, bagi pasangan suami istri yang ingin memiliki momongan, ada baiknya untuk mengkonsumsi tauge.
  • Tauge mampu menangkal radikal bebas dari polusi dan radiasi.
  • Tauge mampu meningkatkan kepadatan tulang. Bagi yang tidak mau terkena pengeroposan tulang nih, ada baiknya sering mengkonsumsi tauge, karena  agar terhindar dari penyakit Osteoporosis.
  • Tauge mampu menurunkan Kolestrol sehingga dapat memelihara kesehatan jantung dan syaraf. Alami bukan hanya mengkonsumsi tauge bias menurunkan kolestrol, tidak perlu memakan obat.
  • Tauge dapat mencegah kanker, karena proses menjadi tauge ini sendiri telah menguraikan 90% rantai olisakarida menjadi karbohidrat yang sederhaa, sehingga senyawa tersebut mudah diserap oleh tubuh tanpa menghasilkan gas
  • Tauge dapat melancarkan BAB karena tauge mengandung serat yang membantu pengurasan kotoran dalam usus besar. Bagi yang suka sembelit mungkin ada baiknya jika kalian mencampurkan tauge dengan makanan yang akan kalian makan, tetapi harus diikuti dengan buah – buahan ya kawan.
  • Yang terakhir adalah tauge dapat meningkatkan kekebalan tubuh.

Baca: 

  1. Cara Pembibitan dan Menanam Lada Stek Satu Ruas
  2. Cara Menanam Seledri Hidroponik Sederhana
  3. Cara Menanam Cabe Merah Keriting Yang Benar

Cara Membuat Tauge Gemuk 

Membuat tauge itu sendiri tidak sesulit yang kita bayangkan saat ini dan memerlukan peralatan yang banyak dan ribet. Alat dan bahan yang dibutuhkan sangat mudah dicari.

Sekarang saya akan berbagi cara pembuatan touge yang gemuk dan besar, dan semoga prosesnya nanti mampu di terapkan oleh kalian semua dengan baik. Yukk langsung disimak proses pembuatannya.

1. Alat dan bahan menanam tauge

membuat tauge agar cepat tumbuh 1

Alat dan bahan yang diperlukan adalah :

  • Kacang hijau
  • Air dingin
  • Wadah plastik
  • Saringan
  • Jaring kawat
  • Plastik warna hitam
  • Ember
  • Kain lap

2. Langkah – Langkah Pembuatan Touge

manfaat tauge bagi kesehatan 1

  1. Pertama – tama masukkan kacang hijau yang telah siapkan tadi kedalam wadah plastik secukupnya, kemudian masukkan air dingin dan rendam selama kurang lebih 12 jam atau setengah hari dan tidak boleh lebih.
  2. Buat susunan bertingkat di dalam bejana yang telah di isi dengan air didalamnya, lalu atasnya di beri kawat agar kacang hijau  tidak menempel pada air.
  3. Setelah proses perendaman selesai, anda dapat membilas kacang hijau tadi dengan air yang mengalir sampai bersih.
  4. Letakkan kain sebagai ganjal pada lapisan yang berikutnya, lalu beri kain strimin atau kain saringan.
  5. Langkah selanjutnya adalah menyiram kembali kacang hijau yang telah ditiriskan tadi memakai air dingin secukupnya.
  6. Kacang hijau yang sudah di rendam tadi di taurkan pada lapisan atasnya, lalu tutup dengan kain strimin dan taburkan lagi di atasnya kacang hijau, buat susunan menyerupai itu hingga 4-7 tingkatan di dalam ember.
  7. Pada tingkatan terahir beri kain strimin dan di atasnya di beri kain dan berikutnya bejana mampu di tutup ember.Letakkan bungkusan yang berisi kacang hijau ini di tempat yang lembab. Misalnya seperti di kamar mandi, bawah meja, dan sebagainya.
  8. Agar biji kacang hijau bisa tumbuh menjadi kecambah perlu dilakukan penyiraman secara teratur. Frekuensi penyiraman benih kacang hijau yang ideal adalah setiap 4 jam sekali. Hal ini berarti harus menyiram biji kacang hijau tersebut sebanyak 6 x per hari.
  9. Jika berhasil, biji kacang hijau sudah berubah menjadi tauge yang subur dan gemuk hanya dalam waktu 4 hari saja, waktu yang cepat bukan ?
  10. Saat untuk melakukan pemanenan, usahakan tauge yang akan dipanen jangan sampai terkena air karena dapat menyebabkan tauge – tauge tadi cepat membusuk.

Mudah bukan cara membuatnya? Perlu diingat lagi bahwa jangan terlalu lama dalam merendam kacang hijau dan ketika dipanen diusahakan tauge – tauge tersebut tidak terkena air agar tidak membusuk.

Sungguh banyak bukan khasiat dari sikecil touge yang menghasikan banyak manfaat bagi kesehatan tubuh kita. Nah itulah tadi cara menanam tauge agar mendapatkan hasil yang gemuk, besar dan bagus. Semoga bermanfaat, dan terimakasih banyak atas kunjungannya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *