Cara Mencangkok Buah Putsa / Apel India

Diposting pada
Berapa nilai post ini?

cara mencangkok apel india

Cara Mencangkok Buah Putsa / Apel India – Mungkin banyak dari kita yang masih asing dengan buah yang satu ini, Buah Putsa atau orang lebih mengenalnya dengan sebutan apel India. Kenapa disebut apel India ? Karena dari negara India-lah buah yang satu ini berasal, di India buah putsa dibudidayakan secara modern dalam skala besar.

Tentang Buah Putsa/Apel India

Buah dengan nama ilmiah Ziziphus Mauritiana Lam ini tergolong ke dalam tanaman perdu semak dengan tingginya yang dapat mencapai 15 meter, dengan ciri-ciri buah berbentuk oval, berwarna hijau, dan bertekstur halus, yang jika kita lihat sepintas mirip dengan buah tomat yang belum matang (masih muda).

Tahukah kamu ?
Dari segi fisik, perbedaan putsa dengan apel pada umumnya adalah mempunyai ukuran yang lebih kecil (diameter 5 cm), daging buahnya berwarna putih, dan tidak mempunyai lekukan di bagian pangkal tangkai buah.

Sedangkan dari rasa buahnya, putsa memiliki rasa yang segar, lebih manis tanpa ada rasa asam, teksturnya renyah, dan lebih juicy atau berair. 

Akhir – akhir ini buah putsa sudah cukup banyak dibudidayakan di Indonesia, ada yang membudidayakannya dalam skala besar sebagai perkebunan, atau ada yang hanya sekedar menanam tanaman ini di pot di pekarangan rumah.

Alasannya karena tanaman ini mudah beradaptasi, tidak memerlukan perlakukan khusus, dan dapat berbuah dengan lebat sepanjang tahun tanpa henti (tidak mengenal musim). Selain itu buah putsa juga memiliki manfaat dalam bidang kesehatan seperti mengurangi resiko kangker usus, kanker prostat, dan kanker paru-paru.

Hal yang harus diperhatikan dalam merawat tanaman ini agar dapat menghasilkan buah yang banyak dan berkualitas adalah:

  1. Pastikan tanaman mendapatkan sinar matahari yang cukup
  2. Lakukan penjarangan pada daun dan buah
  3. Berikan pupuk yang tepat dengan rutin
  4. serta lingkungan yang kering. Walaupun tanaman ini menyukai lingkungan yang kering, tetap membutuhkan air yang cukup pada saat pembuahan, dan jika terlalu kering juga dapat menyebabkan daun – daunnya menjadi rontok. Oleh karena itu, lakukanlah penyiraman sebanyak dua kali dalam sehari (pagi dan sore).

Baca juga:

  1.  14 Manfaat Garam untuk Tanaman Cabai [Lengkap]
  2.  Cara Pemangkasan Tanaman Melon [Hasil Berkualitas]
  3. Cara Mencangkok Pohon Pepaya beserta Gambar

Keuntungan Cangkok Buah putsa / Apel India

Nah, bagi anda yang ingin memulai untuk budidaya tanaman yang satu ini, pada kesempatan kali ini kan dibahas mengenai memperbanyak bibit putsa dengan cara mencangkoknya.

“Mencangkok adalah suatu usaha memperbanyak bibit tanaman dengan cara mengusakahan tumbuhnya akar pada bagian batang / cabang  dari suatu tanaman, yang nantinya bagian itu dapat ditanam sebagai bibit / tanaman baru.”

Keuntungan dari dilakukannya pencangkokan sendiri adalah, tanaman menjadi lebih cepat berbuah, sifat buah yang sama dengan induknya, sehingga keunggulan sifat induk dapat dipertahankan dan Sifat-sifat yang diinginkan dapat digabung.

Cara Mencangkok Buah Putsa / Apel India

cara mencangkok apel putsa

  1. Siapkan peralatan yang dibutuhkan yaitu:
  • Pisau / cutter untuk mengupas kulit
  • Tali raffia untuk mengikat
  • Plastik trasparan  (plastik ukuran 1 kg untuk gula) untuk membungkus media pada batang yang telah dikupas
  • Setaples untuk menyatukan kembali plastik yang telah dibelah
  • Tisue untuk membersihkan kambium
  • Media yang merupakan campuran tanah dan pupuk kompos (kandang) dengan perbandingan 1 : 2.
  1. Pilihlah pohon induk yang sesuai dengan sifat-sifat yang kita inginkan
  2. Kemudian pilihlah cabang pada pohon induk yang akan di cangkok, untuk cabang (batang) yang ingin dicangkok, pilih yang jangan terlalu tua atau terlalu muda, ukuran minimlanyanya sebesar jari kelingking. Biasanya batang yang warnanya masih agak cerah.
  3. Cabang yang sudah terpilih lalu dikupas kulitnya secara melingkar kira-kira 4 cm dengan menggunakan pisau/cutter.cara membuahkan apel putsa
  4. Bersihkan lapisan kambium/lendir yang masih menempel hingga benar benar bersih menggunakan tisue
  5. Selanjutnya keringkan kambium dengan mendiamkan batang yang sudah di kupas kulitnya tadi selama minimal satu hari satu malam
  6. Setelah dapat dipastikan lapisan kambium pada batang yang telah dikupas benar benar bersih dan kering, lapisi bagian tersebut  menggunakan plastik transparan lalu rekatkan menggunakan setaples.
  7. Kemudian ikatlah bagian bawah plastik menggunakan tali rafia.cara memperbanyak pohon bidara
  8. Setelah itu isi plastik dengan media berupa tanah yang telah dicampur dengan pupuk kompos (kandang) yg telah dibasahi atau dengan menggunakan media MOS.harga bibit apel india
  9. Tahap terakhir, ikatlah juga bagian atas plastik menggunakan tali rafia,
  10. Jika sudah selesai, tunggu sampai akarnya mulai tumbuh. Biasanya pencangkokan yang berhasil, setelah 2 minggu akarnya akan mulai keluar, kemudian setelah 1-2 bulan akar sudah tumbuh dengan lebat dan tanaman dapat dipindah tanam.budidaya tanaman putsa

Itu tadi sekilas tentang Cara mencangkok buah putsa/apel india, semoga bermanfaat bagi anda sekalian. Dan terimakasih atas kunjungannya.

Kunjungi artikel lainnya:

  1. Manfaat + Kegunaan EM4 untuk Tanaman dan Kesuburan Tanah
  2. “9 Langkah” Cara Membuat Teh Daun Tin dan Manfaatnya
  3.  Cara Menanam Cabe Merah Keriting Yang Benar
  4.  Cara Menanam Cabe Hidroponik Dalam Botol + Gambar
  5.  Penyebab Dan Cara Mengatasi Daun Cabai Keriting

Tinggalkan Balasan