Cara Mencangkok Pohon Durian [Yang Benar dan Cepat Berbuah]

Diposting pada
4.1/5 - (14 votes)

cara menyetek durian

Cara Mencangkok Pohon Durian Yang Baik dan Benar – Pada umumnya pohon durian dapat tumbuh dengan baik di daerah tropis atau pada ketinggian 800 m dpl dan pada suhu 25 – 32 derajat celcius, dengan kelembapan udara sekitar 80 %.

Cara perawatan pohon durian agar bisa cepat berbuah dan tumbuh dengan baik menurut petani durian bisa dengan cara sambung sisip durian, cangkok sisip durian dan cara okulasi durian.

Untuk mendapatkan bibit durian yang baik, sobat bisa mendapatkannya di tempat penjualan bibit durian cangkokan atau bibit durian hasil stek.

Mengenal Durian

Durian atau yang dikenal juga dengan sebutan “King of fruit” merupakan salah satu buah yang banyak diminati oleh pecinta buah-buahan. Buah yang  rasanya manis ini dapat dikonsumsi secara langsung ataupun dapat diolah menjadi berbagai macam olahan terlebih dahulu, maka tak heran buah yang satu ini sering diburu pada saat musim panen rayanya.

Buah durian dapat diolah menjadi berbagai macam olahan seperti, dibuat dodol durian (biasa disebut lempok), menjadi campuran bahan kue-kue tradisional, seperti gelamai atau jenang, atau dapat juga difermentasikan menjadi tempoyak.

Pada zaman sekarang ini, durian juga dapat dimanfaatkan dalam berbagai olahan makanan, dalam hal ini aroma durian dapat dicampurkan ke dalam olahan permen, es krim, susu, dan berbagai jenis minuman/makanan kekinian lainnya.

Dengan melihat peluang yang ada tersebut, menjadikan  para petani berlomba – lomba untuk menghasilkan buah durian yang berkualitas dan juga berkuantitas tinggi.

Pohon durian tergolong ke dalam tanaman musiman (tahunan) yang dapat tumbuh tinggi dengan ketinggian mencapai 25–50 m tergantung spesiesnya. Kulit durian diselimuti duri yang cukup tajam, dengan bentuk runcing dan bagian bawah melebar.

Tahukah kamu ?

Daging buahnya memiliki warna yang berbeda , ada yang berwarna putih, kuning, krem, atau merah. Ukuran buah, rasa, tekstur, dan juga ketebalan daging durian berbeda – beda tergantung dengan jenis duriannya. 

Pada umumnya dalam usaha untuk meningkatkan kuantitas buah durian dapat dilakukan dengan cara memperbanyak tanaman. Untuk memperbanyak tanaman sendiri dapat dilakukan dengan 2 cara, yaitu memperbanyak tanaman dengan cara generatif (dengan menanam bijinya) dan memperbanyak tanaman dengan cara vegetatif (cangkok, stek, okulasi, dsb).

Pada kesempatan kali ini kita akan membahas bagaimana cara memperbanyak tanaman durian dengan cara vegetatif khususnya dengan cara mencangkok. Nah, untuk itu sebelumnya kita harus mengetahui lebih dulu mengenai apa yang dimaksud dengan “Mencangkok”.

“Mencangkok adalah salah satu cara memperbanyak tanaman dengan cara menanam batang atau dahan yang berakar terlebih dahulu sebelum dipotong untuk kemudian ditanam di tempat lain.”

Proes pencangkokan ini dilakukan untuk memperoleh bibit yang mempunyai kualitas mirip atau dapat dikatakan sama dengan induknya, bibit yang dihasilkan juga dapat lebih cepat berbuah dibandingkan dengan memperbanyak tanaman melalui biji (generatif).  Dibawah ini akan dijelaskan tahapan-tahapan yang dapat dilakukan dalam proses pencangkokan pohon durian.

Cara Mencangkok Pohon Durian

Adapun langkah-langkah yang harus dilakukan pada saat pencangkokan adalah sebagai berikut:

Alat dan bahan mencangkok pohon durian

Siapkan alat yang dibutuhkan, yaitu :

  • Pisau yang kuat dan tajam.
  • Pupuk kandang / kompos.
  • Tanah
  • Tali raffia.
  • Plastik transparan atau sabut kelapa.

Pemilihan pohon induk

Pilihlah pohon yang akan dijadikan induk dengan kriteria :

  1. Pastikan pohon yang akan dijadikan induk telah memasuki usia setidaknya 2 (dua) tahun dan telah memiliki banyak percabangan.
  2. Pilihlah tanaman yang selalu menghasilkan buah yang kuantitas dan kualitasnya terjamin, yang biasanya ditandai dengan buah yang berukuran besar, rasa buahnya enak, tidak busuk, tumbuh subur, bebas dari serangan hama, dsb.
  3. Jika pohon indukan yang kita gunakan seperti itu, maka bibit dari hasil cangkokan kita tentunya akan menjadi bibit yang berkualitas dan berkuantitas bagus pula.

Pelaksanaan Pencangkokan

Sebaiknya kita harus memperhatikan waktu yang tepat untuk melakukan proses pencangkokan, waktu yang baik itu adalah pada awal musim penghujan agar terhindar dari kekeringan.  Jika kita melakukan proses pencangkokan pada musim kemarau kita harus melakukan penyiraman secara rutin (2 kali sehari), pagi dan sore hari.

Cara mencangkok pohon durian yang baik:

cara mencangkok durian yang baik dan benar

cara mencangkok durian montong
Akar yang keluar dari batang pohon yang sudah kita cangkok.
  1. Pilihlah cabang atau dahan yang tidak terlalu tua ataupun terlalu muda.
  2. Stelah cabang sudah terpilih, kupas/kuliti cabang tersebut hingga bersih sepanjang 5-10 cm menggunakan pisau.
  3. Kerat kulit batang secara melingkar untuk membersihkan lapisan kambium/lendir yang masih menempel hingga benar benar bersih
  4. Biarkan batang yang terlah dikerat tersebut dengn cara diangin-anginkan agar kambium cepat mengering dan hilang dari batang.
  5. Selanjutnya jika sudah dipastikan lapisan kambium benar benar bersih dan kering, tutup /bungkuslah dengan tanah yang sudah diberi pupuk kandang.
  6. Kemudian bungkus dengan plastik transparant atau sabut kelapa, atau bisa juga menggunakan ijuk.
  7. Ikat pada kedua ujungnya seperti membungkus permen.
  8. Jika dibungkus menggunakan plastik, lubangi plastiknya terlebih dahulu agar ada sirkulasi udara dan air dapat masuk.
  9. Jaga kelembaban tanah dengan cara menyiramnya setiap hari.
  10. Biasanya dalam kurun waktu sekitar 2 – 5 bulan, akar akar cangkokan akan mulai tumbuh menembus pembungkus cangkokan. Jika akar dirasa sudah cukup banyak dan kuat, kita dapat memotong cangkokan tersebut untuk kemudian ditanam di dalam pot yang berisi media tanah yang subur. Setelah tanaman sudah cukup kuat dan terlihat baik pindahkan tanaman tersebut untuk ditanam di atas permukaan tanah.

Demikianlah tadi artikel tentang Cara Mencangkok Pohon Durian Yang baik agar Cepat Berbuah, semoga bisa bermanfaat bagi sobat pembaca. Terima kasih banyak atas kunjungannya.

Kunjungi artikel terkait:

  1. Cara Mencangkok Pohon Mangga Agar Cepat Berbuah
  2. Pengertian Salad, Contoh, Jenis dan Komposisinya
  3. 14 Manfaat Garam untuk Tanaman Cabai [Lengkap]
  4.  Cara Pemangkasan Tanaman Melon [Hasil Berkualitas]
  5.  Cara Menanam Seledri Hidroponik Sederhana

Tinggalkan Balasan