Cara Mencangkok Pohon Jambu Air Yang Baik dan Benar

Diposting pada
2.8/5 - (37 votes)

cara mencangkok pohon jambu beserta gambarnya

Nuansa.web.id – Cara Mencangkok Pohon Jambu Air | Sahabat pembaca, ulasan kali ini yaitu tentang cara mencangkok jambu air. Jambu air sudahlah sangat familiar di telinga kita bukan ? Buah ini mudah kita temukan di lingkungan sekitar.

Jambu air termasuk tanaman yang berasal dari Indonesia, kemudian menyebar ke Malaysia serta pulau-pulau di samudra Pasifik. Buah jambu ini bisa dikonsumsi secara langsung atau bisa juga dijadikan olahan rujak dengan buah-buahan lainnya.

Water apple atau jambu air memiliki sifat yang adaptif terhadap lingkungan yang memiliki iklim tropis, dan dapat tumbuh dengan baik di dataran <1000 meter di bawah permukaan laut. Sebelum memulai pokok bahasan tentang cara mencangkok buah jambu, berikut klasifikasi jambu air yang perlu kita ketahui.

KingdomPlantae
DivisiSpermatophyta
Sub divisiAngiospermae
KelasDycotyledoneae
OrdoMyrtales
FamiliMyrtaceae
GenusSyzygium
SpesiesEguenia aquea

Cara Mencangkok Pohon Jambu Air

Sahabat pembaca, perlu kita ketahui bahwa mencangkok adalah salah satu cara pembudidayaan tanaman dengan memanfaatkan bagian batang atau cabang tanaman itu sendiri. Pohon jambu yang dikembangbiakkan dengan cara dicangkok tidak akan mempunyai akar tunggang, namun pohon jambu yang akan dihasilkan tidak terlalu tinggi dan kualitas buahnya akan sama seperti induknya. Selain itu, tanaman yang dapat dicangkok merupakan tanaman buah yang berkayu keras atau memiliki kambium.

Alat dan Bahan Cangkok Pohon Jambu Air

Baiklah sahabat, di sini akan dijelaskan cara mencangkok pohon jambu air. Sebelumnya alat-alat yang perlu kita siapkan seperti :

  1. Pisau yang tajam dan kuat
  2. Serabut dari kelapa atau plastik
  3. Tali atau rapia
  4. Paku panjang 10 cm
  5. Ember atau penampung air
  6. Kursi atau tangga, jika cabang yang kita pilih terlalu tinggi
  7. Campuran tanah subur yaitu campuran pupuk kandang dan serbuk gergaji dengan perbandingan 1 : 1

Langkah- langkah Mencangkok

pupuk jambu air cepat berbuah

  1. Pertama yaitu memastikan kalau pohon jambu induk yang kita pilih merupakan pohon dengan varietas unggul, hal ini bertujuan agar hasil cangkokan nanti menjadi bibit unggul juga.
  2. Selanjutnya, tentukan cabang pohon jambu yang lurus dan cukup besar supaya nanti pohon cukup kuat untuk mandiri. Usahakan cari cabang yang memiliki perbandingan 3 cm atau sebesar pergelangan tangan anak.
  3. Langkah selanjutnya yaitu kerat pangkal cabang menggunakan pisau. Lalu kerat sekali lagi dari keretan pertama dengan jarak 5 cm atau sekitar satu kepalan tangan.
  4. Kemudian, buanglah kuliat di antara keratan tadi.
  5. Setelah kulit kayu bersih, kerok atau bersihkan lendir/getah sampai bersih sehingga membuat kayu tidak licin lagi.
  6. Ambil serabut kelapa/plastik dan tutupkan di bagian kayu yang sudah dibersihkan, lalu ikat bagian bawah terdahulu.
  7. Bentuklah sedemikian rupa, kemudian isi dengan campuran tanah yang sudah disiapkan tadi. Isian haruslah padat dan untuk memadatkannya perlu ditekan.
  8. Setelah itu, ikat bagian atas serabut kelapa/plastik tersebut dengan tali atau rapia dan pastikan campuran tanah tertutup dengan rapat.
  9. Langkah terakhir yaitu siram cangkokan tersebut dengan air secukupnya. Jika kita menggunakan media plastik bukan serabut, harus dibuatkan lubang-lubang kecil untuk pembuangan air.

Perawatan Cangkok Pohon Jambu Air

Cangkokan dapat dipisahkan dari induknya setelah berumur 4-6 minggu. Nah, selama proses menunggu tentu harus kita rawat cangkokan tersebut agar tidak terjadi kegagalan. Salah satunya yaitu lakukan penyiraman secara teratur setiap pagi dan sore hari, serta cek apakah sudah keluar akar yang cukup banyak atau belum.

Biasanya akar yang tumbuh akan menembus serabut kelapa. Jika dalam kondisi seperti ini, menandakan bahwa cangkokan tersebut sudah dapat dipisahkan dari induknya yaitu dengan cara dipotong. Disarankan saat melakukan pemotongan ini menggunakan gergaji agar tidak merusak tanaman.

Pemeliharaan Bibit Cangkok Tanaman Jambu Air

Untuk memelihara bibit cangkok jambu air sebelum ditanam di kebun meliputi kegiatan sebagai berikut :

  1. Siapkan polybag atau pot atau keranjang berukuran besar, kemudian isikan media tanam yang berupa campuran tanah dan pupuk kandang dengan perbandingan 1 : 1 atau 2 : 1.
  2. Pindahkan bibit cangkokan yang telah dipotong tadi ke dalam polybag atau pot tadi sambil membuang sebagian daun dan rantingnya.
  3. Pelihara bibit cangkok di tempat pendederan selama 1 bulan agar bibit cukup kuat dan tunggu hingga bertunas.
  4. Lakukan penyiraman secara rutin.

Sahabat pembaca, itulah langkah-langkah mencangkok pohon jambu air, semoga dapat bermanfaat. Oh iya sahabat, perlu untuk diketahui bahwa mencangkok itu memiliki keuntungan dan kerugian nya lho. Berikut uraiannya.

Keuntungan Dari Mencangkok

  1. Tumbuhan hasil cangkokan akan lebih cepat menghasilkan buah dibandingkan dengan tumbuhan yang ditanam dengan biji.
  2. Tumbuhan yang dicangkok akan memiliki sifat yang sama persis dengan induknya.
  3. Produksi dan kualitas buah yang dihasilkan akan sama dengan tanaman induknya.
  4. Tanaman hasil cangkokan dapat ditanam di dalam pot besar karena pohon yang dihasilkan tidak tinggi dan besar.

Kerugian Dari Mencangkok

  1. Pada musim kemarau yang panjang, tanaman hasil cangkokan tidak tahan kering.
  2. Tanaman akan mudah roboh apabila ada angin yang kencang sebab akar yang dihasilkan bukan akar tunggang.
  3. Pohon induk tajuknya menjadi rusak sebab banyak cabang yang dipotong untuk dicangkok.
  4. Dalam satu pohon induk, hanya bisa mencangkok beberapa batang saja, sehingga perbanyakan tanaman dalam jumlah besar tidak bisa dilakukan dengan cara ini.

Itulah tadi tahap-tahap Cara Mencangkok Pohon Jambu Air Yang Baik dan Benar, semoga bermanfaat bagi pembaca dan terimakasih banyak atas kunjungannya. Jangan lupa share jika informasi ini bermanfaat.

Kunjungi artikel terkait:

  1. Cara Mencangkok Pohon Mangga Agar Cepat Berbuah
  2. Cara Mudah Menanam Bunga Matahari [Tumbuh dengan Baik]
  3. Cara Mudah Menanam Daun Sirih di Rumah Sendiri
  4. 5 Cara Menanam Timun Yang Baik
  5. Cara Menanam Anggur di Pot [Cepat Berbuah]

Tinggalkan Balasan