Cara Mencangkok Pohon Jambu Biji Yang Benar

Diposting pada
4.2/5 - (11 votes)

Cara Mencangkok Pohon Jambu Biji Yang Benar

Cara Mencangkok Pohon Jambu Biji beserta gambar – Cara pembudidayaan tanaman jambu biji sangatlah beragam, seperti melalui biji, cangkok, melalui tunas akar atau dengan cara okulasi. Mencangkok adalah salah satu cara pembudidayaan yang banyak diminati di masyarakat, karena dengan mencangkok maka akan menghasilkan tanaman yang sama persis dengan induknya, akan cepat menghasilkan buah serta memiliki batang yang tidak tinggi.

Pada artikel ini, sobat akan dibantu secara lengkap mulai dari cara pencangkokan, pengobatan jika terkena hama, pemeliharan dan dosis pemberian pupuk.

Pupuk yang biasa digunakan petani, supaya tanaman jambu biji cepat berbuah seperti Supernasa, Poc Nasa, Hormonik dan Power Nutrition.

Bagaimana kelanjutan langkahnya ? simak artikelnya berikut ini.

Sekilas tentang Jambu Biji

Jambu biji merupakan salah satu jenis buah yang sudah familiar di telinga masyarakat. Jambu biji di beberapa daerah sering disebut dengan jambu batu, jambu klutuk, atau jambu saki.

Tanaman ini juga dapat tumbuh di daerah dengan ketinggian 0-1000 meter dpl, dan akan tumbuh dengan baik jika berada di tanah dengan kandungan air yang cukup serta pada tanah yang gembur. Buah jambu biji berbentuk bulat berwarna hijau muda dan kekuningan.

Sahabat tahukah kamu ?
Dari mana asal buah jambu biji ini ? Nah, berikut mimin bagikan info bahwa jambu biji merupakan tanaman yang berasal dari daerah tropis Brazil yang kemudian menyebar ke Indonesia melalui negara Thailand. Jauh sekali bukan ? 

Jambu biji memiliki batang yang keras sehingga dapat dicangkok serta memiliki ketinggian sekitar 10-20 meter bahkan bisa lebih tinggi lagi. Buah jambu biji ini masuk ke dalam keluarga Myrtaceae dan ordo Myrtales. Jambu biji termasuk tanaman tahunan berbentuk perdu dengan percabangan yang rendah.

Baca juga:

  1. Cara Mencangkok Pohon Jambu Air Yang Baik dan Benar
  2.  Cara Mencangkok Pohon Rambutan Yang Benar Beserta Gambar
  3. Cara Mencangkok Buah Putsa / Apel India

Manfaat Jambu Biji

Jambu biji memunyai  rasa yang manis dan masam, memiliki nilai ekonomis yang tinggi serta memiliki daging buah berwarna merah atau putih, serta kandungan vitamin C nya cukuplah tinggi. Tak hanya itu, manfaat buah jambu biji dipercaya dapat menyembuhkan penyakit demam berdarah.

Sebelum membahas tentang cara mencangkok buah bulat satu ini, berikut mimin sajikan terlebih dahulu klasifikasi buah jambu biji.

KingdomPlantae
Sub KingdomTracheobionta
Super DivisiSpermatophyta
DivisiMagnoliophyta
KelasMagnoliopsida
Sub KelasRosidae
OrdoMyrtales
FamiliMyrtaceae
GenusPsidium
SpesiesPsidium guajava L.

Cara mencangkok pohon jambu biji

cara mencangkok jambu air beserta gambar

Walaupun banyak keuntungan yang didapat, ada juga resiko pembudidayaan dengan cara cangkok ini yaitu tanaman hasil cangkok akan mudah roboh ketika ada angin yang kencang. Hal ini disebabkan karena perakaran hasil cangkokan bukanlah akar tunggang, melainkan akar serabut.

Jika memilih pembudidayaan dengan menggunakan biji, tentunya sangat lama untuk menunggu tanaman tersebut berbuah dan belum tentu sama persis dengan induk yang diambil bijinya itu. Namun, kelebihan dengan budidaya menggunakan biji yaitu batang tanaman akan kokok seperti induknya karena perakaran dengan biji menghasilkan akar tunggang yang kuat akan adanya angin kencang.

Berikut ini langkah-langkah pencangkokan;

  1. Pilihlah terlebih dahulu cabang yang akan dicangkok. Usahakan memilih cabang yang tidak terlalu tua ataupun muda.
  2. Setelah menemukan cabang yang cocok untuk dicangkok, selanjutnya kupas sekeliling kulit cabang tersebut dengan panjang sekitar 12 cm sampai terlihat kayunya (kambium). Kemudian, biarkan selama sehari supaya lendir yang menempel di kayu hilang.
  3. Setelah kambium tersebut kering, langkah selanjutnya adalah menutupnya menggunakan campuran tanah dan pupuk kompos dengan perbandingan 1:1, lalu bungkuslah dengan sabut kelapa atau plastik yang diikat dengan tali rapia.
  4. Agar cangkokan tidak kering, lakukan penyiraman secara rutin hingga keluar akar pada cangkokan.
  5. Setelah berumur 3-4 minggu dari proses pencangkokan, akan terlihat akar yang tumbuh. Tunggu hingga akar banyak pada cangkokan.
  6. Potong cabang di bagian bawah cangkokan setelah akar tumbuh banyak.
  7. Kemudian, cabang yang telah dipotong segera ditanam ke dalam media yang telah disiapkan. Semisal polybag.
  8. Lakukan penyiraman secara rutin dan beri pupuk secukupnya hingga tanaman terlihat subur dan kuat sebelum dipindahkan ke lahan yang lebih luas.
  9. Ketika tanaman dalam polybag sudah berumur 2-3 bulan, selanjutnya pindahkan tanaman ke lahan yang telah disiapkan.

Langkah penanaman jambu biji setelah dipindahkan dari polybag

  1. Terlebih dahulu, kita harus membuat lubang dengan ukuran 40cm x 40cm x 40cm dan jarak antar lubang sepanjang 4m x 4m.
  2. Sebelum menanam, usahakan dua minggu sebelumnya berikan pupuk kandang sebanyak 20kg pada lubang tanam.
  3. Setelah itu, bibit ditanam tepat di tengah lubang. Dan ingat buang pembungkusnya (plastik polybag).
  4. Timbun kembali lubang yang telah ditanami bibit dengan menggunakan campuran tanah dan pupuk kandang.

Proses pemeliharaan jambu biji dan pemberian pupuk

Pemeliharaan jambu biji tidaklah sulit. Lakukan penyiraman secara rutin setiap pagi dan sore hari jika pada musim kemarau. Selain melakukan penyiraman, lakukan pula penyiangan pada gulma di sekitar tanaman jambi biji yang dapat mengganggu proses pertumbuhan jambu biji.  Untuk memenuhi kebutuhan nutrisi jambu biji, perlu dilakukan pemupukan dengan menggunakan pupuk kandang atau organik, TSP, Urea dan ZK dengan cara ditabur-taburkan di sekeliling pohon jambu biji.

Untuk pemberian pupuk NPK ( kimia ) Urea, TSP, /SP-36, KCL dengan dosis 1,2,3 cukup berikan 3 kali dalam setahun.

Untuk pemupukan, Siapkan 2 sendok SUPERNASA + 5 sendok POWER NUTRITION dicampur 20 liter air diberikan keakar untuk pemupukan 10 pohon dengan interval 2 bulan sekali.

Untuk pemeliharaan, lakukan penyemprotan seminggu sekali pada pagi hari dari jam 07-10 pagi, dengan dosis dan takaran 5 tutup POC NASA + 1 tutup HORMONIK + 8 tutup PESTONA dan 1/2 tutup AERO 810 desemprotkan penyemprotan dilakukan .

Pemanenan Jambu Biji

Jambu biji akan berbuah ketika sudah berumur 6 bulan apabila pembudidayaan dilakukan dengan cara cangkok dan jambu biji akan mulai berbuah sekitar berumur 2-3 tahun jika pembudidayaannya menggunakan biji.

Sahabat, demikianlah ulasan tentang cara mencangkok pohon jambu biji. Sebagai tambahan mimin bagikan kembali informasi tentang jenis-jenis jambu biji.

Jenis-jenis jambu biji

  1. Jambu bangkok

Seperti namanya jambu bangkok, maka jambu biji ini tentunya memiliki ukuran yang paling besar di antara jambu biji lainnya. Jambu bangkok memiliki daging buah yang tebal bertekstur halus dan berwarna putih. Selain itu, daging buah jambu bangkok tidak berserat, empuk, dan tentunya rasanya manis.

  1. Jambu sukun

Jambu biji jenis ini adalah jambu yang tidak memiliki biji, meskipun memiliki biji mungkin hanya ada  beberapa yaitu sekitar 2-3 biji di bagian dagingnya. Jambu sukun memiliki daging buah berwarna putih kekuningan, tekstur daging buahnya keras, renyah, wangi, dan rasanya manis sedikit masam.

  1. Jambu kristal

Jambu jenis ini memiliki biji sekitar 3% dari bagian buahnya. Jambu kristal ini memiliki rasa yang manis dengan daging buah yang lembut dan renyah.

  1. Jambu tanjung barat

Jambu jenis ini memiliki warna kulit hijau dan kekuningan bila masak. Buah jenis ini berbentuk agak lonjong dengan ujung yang bulat serta meruncing di bagian pangkalnya. Jenis jambu ras lokal yang memiliki 2 varian yaitu jambu dengan daging buah putih dan buah dengan daging buah merah.

  1. Jambu biji getas merah

Jambu jenis ini memiliki daging buah berwarna hijau kekuningan dan isinya berwarna merah muda. Jambu jenis ini memiliki bentuk lonjong dengan rasa yang kauranga manis, namun jangan salah jambu jenis ini memiliki banyak manfaat.

  1. Jambu Australia

Jambu jenis ini merupakan jambu yang di introduksi dari Australia. Jambu jenis ini memiliki rasa yang tawar apabila belum masak dan akan terasa manis apabila sudah masak.

Demikianlah artikel Cara Mencangkok Pohon Jambu Biji Yang Benar. Semoga bermanfaat bagi pemnaca sekalian. Jangan lupa share yaa ! terima kasih banyak atas kunjungannya.

Kunjungi artikel terkait:

  1. Budidaya Bayam Organik [Step by Step]
  2. Cara Mencangkok Pohon Durian [Yang Benar dan Cepat Berbuah]
  3. Cara Mencangkok Pohon Mangga Agar Cepat Berbuah
  4. Cara Mencangkok Pohon Pepaya beserta Gambar
  5.  Cara Mudah Menanam Daun Sirih di Rumah Sendiri