Cara Mencangkok Pohon Jeruk

Diposting pada
2.6/5 - (9 votes)

cara mencangkok pohon jeruk

Nuansa.web.id | Cara Mencangkok Pohon Jeruk – Jeruk, buah berwarna jingga yang kaya akan vitamin C ini adalah salah satu buah yang sudah tidak asing kita jumpai di Indonesia. Sejak dahulu jeruk sudah tumbuh di Indonesia baik secara alami atau dibudidayakan.

Buah dengan rasa asam yang menyegarkan atau banyak juga yang memiliki rasa manis ini tidak hanya kaya akan vitamin c tetapi juga mengandung banyak nutrisi di dalamnya seperti, kalori, protein, dan serat yang cukup banyak.

Jika sobat ingin melakoni budidaya jeruk, sobat bisa memilih berbagai varian jeruk yang terkenal seperti jeruk limo, jeruk purut, jeruk nipis, jeruk bali dan jeruk sunksist. Perolehan bibitnya bisa sobat dapatkan di toko tanaman, atau membuat bibit sendiri seperti mensetek jeruk,

Kandungan Gizi dan Manfaat Buah Jeruk

Manfaat lain yang ada pada buah jeruk antara lain :

  1. Buah jeruk dapat dimakan langsung dalam keadaan segar atau dijadikan makanan olahan terlebih dahulu seperti dijadikan jus atau minuman yang menyegarkan lainnya, dimana kandungan vitamin C yang ada pada jeruk tergolong tinggi.
  2. Minyak dari kulit dan biji jeruk telah diproduksi untuk bahan pembuat gula tetes, alkohol dan pektin dari buah jeruk yang terbuang. Minyak kulit jeruk juga dapat dipakai sebagai bahan untuk membuat minyak wangi, sabun, esens minuman dan untuk campuran kue.
  3. Beberapa jenis jeruk seperti jeruk nipis dapat dimanfaatkan sebagai obat tradisional, untuk penurun panas, pereda nyeri saluran napas bagian atas dan penyembuh radang mata.

Di Indonesia kita dapat menjumpai banyak sentra jeruk yang tersebar di beberapa wilayah, seperti: di Medan (Sumatera Utara), Garut (Jawa Barat), Batu (Jawa Timur), Tawangmangu (Jawa Tengah), Tejakula (Bali), Selayar (Sulawesi Selatan), dan Pontianak (Kalimantan Barat).

Tidak hanya dengan cara generatif (dengan menanam bijinya), proses perkembangbiakkan pada pohon jeruk juga dapat dilakukan dengan cara vegetatif, yaitu dengan bantuan manusia. Salah satu teknik yang paling sering digunakan adlah dengan cara mencangkok.

Mencangkok sendiri mempunyai kelebihan yaitu, bibit yang berasal dari proses pencangkokan akan mempunyai sifat yang sama seperti tanaman induknya dan juga dapat lebih cepat berbuah dibandingkan dengan memperbanyak tanaman melalui biji (generatif). Berikut akan dijelaskan mengenai tahapan – tahapan apa saja yang harus dilakukan dalam proses pencangkokan.

Baca juga:

  1. Cara Mencangkok Pohon Durian [Yang Benar dan Cepat Berbuah
  2. Cara Mencangkok Pohon Nangka Yang Benar
  3. Cara Mencangkok Buah Putsa / Apel India

Cara Mencangkok Pohon Jeruk

Adapun tahapan-tahapan yang harus dilakukan pada saat mencangkok pohon jeruk adalah sebagai berikut:

Tahap Persiapan Cangkok Pohon Jeruk

  1. Menyiapkan alat serta bahan yang akan digunakan, yaitu :
  • Pisau yang kuat dan tajam
  • Tali raffia
  • Plastik transparan atau sabut kelapa
  • Tanah  subur
  • Pupuk kandang / kompos
  • Tanaman  pohon  induk  jeruk  yang berkualitas
  1. Pemilihan pohon induk

Untuk  mencangkok  pohon jeruk  pilihlah pohon yang berkualitas, yang selalu menghasilkan buah  dengan  kualitas yang baik, buahnya banyak, tanamannya tumbuh dengan subur, dan bebas dari serangan hama.

  1. Pemilihan Cabang Yang Akan Dicangkok

Sebaiknya cabang yang hendak dipilih berusia tidak terlalu tua ataupun tidak terlalu muda, diameternya kira-kira sebesar pergelangan tangan anak-anak atau berdiameter 3 cm, batangnya berbentuk lurus, sehat, kuat, mulus, berkayu, dan pernah menghasilkan buah.

Tahap Cangkok Pohon Jeruk

Langkah awal kita mulai dengan menguliti cabang atau ranting yang telah terpilih kemudian dikelupas secara melingkar sepanjang  5-10 cm hingga bersih menggunakan pisau.

cara stek jeruk manis

Setelah semua lapisan kulit kayu sudah dikelupas, bersihkan lapisan lendir/kambium hingga benar benar bersih dan permukaan kayu tidak licin.

cara mencangkok jeruk sunkist

Selanjutnya jika sudah dipastikan lapisan kambium benar benar bersih dan kering, bungkus cabang yang telah dibersihkan tadi menggunakan sabut kelapa/plastik transparan. Mulailah dengan mengikatkan bagian bawah plastik terlebih dahulu.

cara mencangkok pohon jeruk manis

Atur sedemikian rupa agar plastik tersebut dapat menampung campuran tanah dan pupuk kompos, masukkan campuran tanah dan pupuk kompos tersebut ke dalam plastik dan pastikan isiannya harus cukup padat.

cara menyetek jeruk nipis

Kemudian, ikatlah plastik yang telah berisi campuran tanah dan pupuk tadi menggunakan tali rafia dengan kuat. Pastikan campuran tanah dan pupuk tadi telah menutupi seluruh bagian cabang yang telah dikerat lapisan kulitnya.

cara mencangkok pohon jeruk bali

Lalu beri lubang kecil-kecil pada plastik dengan menusuknya menggunakan paku agar udara dan air dapat masuk ke dalam tanah yang telah dibungkus.

Tahap Perawatan Cangkokan Pohon Jeruk

Perawatan cangkokan dapat dilakukan dengan menyiraminya seminggu sekali agar medianya tetap lembab. Sebaiknya lakukan penyiraman secukupnya, jangan terlalu banyak karena media yang terlalu basah dapat membuat calon akar yang tumbuh menjadi busuk sehingga menyebabkan cangkokan tersebut gagal.

Perhatikan juga jika sedang turun hujan, kita tidak perlu menyirami cangkokan tersebut lagi.

Pada umumnya proses pencangkokan memerlukan waktu selama kurang lebih 4-6 minggu. Untuk memastikan apakah cangkokan tersebut sudah berhasil atau belum, periksalah secara rutin apakah akar yang tumbuh dari cabang sudah cukup banyak atau malah tidak tumbuh akar sama sekali.

Cangkokan yang berhasil biasanya akan tumbuh banyak akar hingga menembus lapisan plastik penutupnya.

Tahap Memotong Cangkokan Pohon Jeruk

Jika akar sudah banyak yang tumbuh bahkan hingga menembus lapisan plastik penutupnya, kita dapat melakukan pemotongan pada cabang tersebut dari tanaman induknya.

Sebaiknya pemotongan dilakukan menggunakan gergaji agar bibit tersebut tidak rusak. Setelah dipotong, lakukan pemangkasan pada sebagian daun dan ranting bibit untuk mengurangi tingkat penguapan. Barulah kemudian bibit jeruk tersebut dapat dipindahkan/ditanam ke polybag, pot, atau langsung di lahan.

 

Tinggalkan Balasan