Cara Mencangkok Pohon Pepaya beserta Gambar

Diposting pada
Berapa nilai post ini?

Cara Mencangkok Pohon Pepaya – Pohon pepaya atau dalam bahasa latin Carica papaya L. Atau betik adalah tumbuhan yang berasal dari Meksiko bagian selatan dan bagian utara dari Amerika Selatan, dan kini menyebar luas dan banyak ditanam di seluruh daerah tropis untuk diambil buahnya, termasuk di Indonesia lho.

Tahukah kamu ?
Tanaman pepaya yang sering kita jumpai pada umumnya dibudidayakan secara generatif yaitu dengan menyemaikan biji-bijinya. Ternyata tanaman pepaya ini dapat pula diperbanyak dengan cara vegetatif yaitu dengan pencangkokan. 

Cara Mencangkok Pohon Pepaya

Mencangkok adalah sebuah teknik perbanyak tanaman secara vegetatif yang mana tujuannya adalah sifat tanaman yang dihasilkan akan sama dengan tanaman induknya serta mempercepat hasil pembuahan tanaman. Teknik mencangkok ini biasa digunakan untuk mendapatkan tanaman pepaya yang tidak tinggi dan diharapkan dapat berbuah lebat.(Baca juga: Jenis Pupuk Pepaya Yang Bagus Agar berbuah lebat)

Perlu sahabat ketahui, di Thailand saat ini sedang populer mengembangbiakan pepaya dengan cara mencangkok. Dan hasil cangkokan pepaya ini memiliki keistimewaan tersendiri, yaitu cepat menghasilkan buah, pohonnya berbatang rendah, serta buah yang dihasilkannya  lebat dan manis sesuai induknya.

Sahabat, adapun keuntungan mencangkok pepaya antara lain :

  1. Tanaman hasil cangkokan mempunyai sifat yang sama dengan tanaman induknya,
  2. Lebih cepat berbuah,
  3. Tanaman berbatang pendek.

Baca juga:

  1. Cara Menanam Dan Merawat Pohon Pepaya California
  2. Manfaat + Kegunaan EM4 untuk Tanaman dan Kesuburan Tanah
  3.  Cara Mencangkok Pohon Mangga Agar Cepat Berbuah

Bagaimana teknik mencangkok pohon pepaya ?

Pada dasarnya teknik dalam melakukan pencangkokan pohon pepaya sama saja dengan tanaman yang memiliki kambium lainnya, seperti pohon mangga dan jambu. Yang perlu kita ingat bahwa dalam mencangkok, tanaman yang akan dicangkok adalah tanaman yang mempunyai kambium. Jika tanaman yang akan kita cangkok tidak memiliki kambium, sudah jelas tidak akan bisa dicangkok.

1. Siapkan alat dan bahan yang berupa, pisau, potongan kayu kecil atau plastik (lembaran kecil), tali rapia, dan kantong kresek. 

2. Cari pohon pepaya yang memiliki buah yang lebat dan manis serta sehat dan tidak terserang penyakit. Hal ini bertujuan agar nantinya buah yang dihasilkan lebat dan manis sama seperti induknya.

3. Silahkan pilih mau bagian batang utama atau batang cabang yang ingin di jadikan media cangkok.

vcara mencangkok pohon pepaya

4. Iris batang dari pinggir/tepi hingga ke tengah-tengah batang, dengan cara miring dari bawah ke atas. Irisan ini memiliki tujuan untuk menghasilkan tunas-tunas pepaya baru yang akan dicangkok.

5. Irisan pada batang selanjutnya dibatasi dengan menggunakan plastik lembaran kecil atau menggunakan potongan kayu supaya daging batang tidak menyatu kembali.

6. Tutup irisan tadi dengan tanah yang sudah bercampur pupuk dan bungkus tanah tersebut dengan menggunakan plastik atau sabut kelapa.

cara mencangkok pohon pepaya california

7. Biarkan beberapa bulan menunggu akar cangkokan tumbuh dan lakukan penyiraman dan pemupukan secara rutin, 3 kali dalam seminggu.

agar pohon pepaya cepat berbuah

8. Kurang lebih tiga minggu, cangkokan sudah bisa di pindah ke media tanam atau di lahan. Potong batang pada bagian bawah cangkokan dengan hati-hati, agar cangkokan tidak rusak.

cara mencangkok pohon pepaya agar cepat berbuah

Manfaat Buah Pepaya

Sahabat, manfaat buah pepaya yang paling ampuh adalah untuk melancarkan pencernaan dan BAB, namun sudah tahukah sahabat sekalian, bahwa pepaya itu menyimpan banyak kandungan gizi yang baik untuk tubuh dan tentunya memiliki banyak manfaat lainnya, seperti penjelasan di bawah ini.

  1. Buah pepaya dimakan dagingnya, baik ketika muda maupun sudah masak. Daging buah muda dimsak sebagai sayuran. Kemudian untuk daging buah pepaya yang sudah masak dapat dijadikan campuran es buah.
  2. Di beberapa tempat buah pepaya setengah matang dijadikan rujak dicampur dengan buah-buahan lainnya.
  3. Daun pepaya membantu dalam pencernaan protein dan berguna untuk mengobati gangguan pencernaan.
  4. Daun pepaya muda dimakan sebagai lalap dengan sambal terasi (setelah dilayukan dengan air panas)
  5. Oleh orang Manado, bunga pepaya diurap menjadi sayuran yang biasa dimakan. Di Lampung, bunga pepaya biasanya ditumis untuk dijadikan sayuran, namun harus dilayukan terlebih dahulu dengan air panas.
  6. Manfaat dari getah pepaya adalah untuk menghilangkan jerawat dan juga bekasnya. Cara mengaplikasikannya yaitu sebelum tidur malam hari. Hasil mulai tampak ketika setelah satu bulan pemakaian.
  7. Dapat mengobati tumit pecah-pacah

Kandungan dan khasiat pepaya

Daun pepaya

  1. Mengandung berbagai macam zat, antara lain vitamin A , vitamin B1, vitamin C protein, lemak, hidrat arang, kalsium, fosfor, besi.
  2. Daun pepaya juga berkhasiat sebagai obat tradisional
  3. Kandungan carposide pada daunnya berkhasiat sebagai obat cacing dan menambah nafsu makan.
  4. Berpotensi untuk mengobati demam dan kanker

Buah pepaya

  1. Banyak mengandung vitamin A ynag baik untuk kesehatan mata
  2. Buah pepaya ini memiliki fungsi untuk mengatasi masalah lambung dan gangguan pencernaan karena buah ini mempunyai kandungan enzim papain dan serat.
  3. Pada pengobatan herbal pepaya dapat mencegah kanker, sembelit, kesehatan mata

Akar dan getah pepaya

  1. Mengandung zat papayotin, karpain, kautsyuk, karposit, dan vitamin
  2. Getah pepaya mengandung enzim kimapapain yang merupakan kandungan paling banyak di getah pepaya dan memiliki fungsi untuk mengurangi peradangan dan membantu penyembuhan luka bakar.

Demikianlah Cara Mencangkok Pohon Pepaya beserta Gambar, Semoga berhasil dan dapat merawat pepaya nya sampai berbuah dan bisa di panen. Apabila terdapat saran atau pertanyaan, jangan ragu untuk mengirimkannya lewat kolom komentar.

Kunjungi artikel terkati:

  1.  Cara Membuat Teh Daun Kelor Sendiri dan Manfaatnya Bagi Kecantikan
  2.  “9 Langkah” Cara Membuat Teh Daun Tin dan Manfaatnya
  3.  Cara Menanam Cabe Merah Keriting Yang Benar
  4.  Cara Menanam Cabe Hidroponik Dalam Botol + Gambar
  5.  Penyebab Dan Cara Mengatasi Daun Cabai Keriting

Tinggalkan Balasan