Manfaat + Kegunaan EM4 untuk Tanaman dan Kesuburan Tanah

Posted on

Manfaat EM4 untuk Kesuburan Tanah dan kandungannya

Nuansa.web.id | Manfaat dan kegunaan EM4 untuk Tanaman Kesuburan Tanah – Di dalam dunia pertanian, kita mengenal berbagai jenis cara untuk menyuburkan tanah demi mendapatkan hasil panen yang berkuantitas dan berkualitas tinggi diantaranya dengan penggunaan pupuk, baik pupuk organik maupun anorganik.

Untuk pupuk organik sendiri, kita dapat mendapatkannya berupa pupuk kering dari hasil fermentasi pembusukan dedaunan, ataupun hasil fermentasi dari kotoran hewan ternak. Sedangkan pupuk anorganik biasanya kita jumpai di pasaran, pupuk ini mengandung senyawa kimia tertentu sehingga penggunaannya dapat mengakibatkan pencemaran lingkungan.

Seperti yang kita ketahui bahwa penggunaan kedua pupuk tersebut telah dikenal sejak lama  untuk menyuburkan tanah, pupuk dapat digunakan untuk memenuhi unsur hara tertentu yang dibutuhkan tanaman.

Tahukah kamu ?

Apakah anda tahu, bahwa selain menggunakan pupuk kita juga dapat menggunakan larutan EM4 untuk menyuburkan tanah. Lalu sebenarnya apakah yang dimaksud dengan larutan EM4 ? 

Apa itu EM4 ? Apakah Manfaat EM4 untuk Kesuburan Tanah ?

EM4 merupakan singkatan dari Effective Microorganism-4, dimana larutan ini adalah suatu cairan berwarna coklat kekuning-kuningan dan berbau asam yang mengandung berbagai mikroorganisme (bakteri) yang menguntungkan serta bermanfaat bagi kesuburan tanah, dan pertumbuhan tanaman. Ciri ciri botol Larutan EM4 untuk pertanian bewarna kuning keemasan,  juga dapat berguna sebagai persediaan unsur hara di dalam tanah yang jumlahnya terbatas.

Manfaat EM4 

Berikut diuraikan, beberapa manfaat dari larutan EM4, yaitu:

  1. Dapat memperbaiki sifat tanah baik secara fisik, kimia maupun biologi.
  2. Sebagai penyedia unsur hara di dalam tanah yang dibutuhkan oleh tanaman.
  3. Dapat menekan populasi hama dan penyakit tanaman sehingga dapat meningkatkan kesuburan tanah secara efektif dan meningkatkan kesehatan pertumbuhan tanaman.
  4. Sangat berguna untuk mempercepat pertumbuhan dan perkembangan tanaman.
  5. Dapat menghasilkan hasil panen yang berkuantitas dan berkualitas secara optimal.
  6. Dapat menekan pertumbuhan jumlah mikroorganisme (pathogen) yang terdapat di dalam tanah.
  7. Dapat membuat proses penguraian bahan-bahan organik di dalam tanah menjadi lebih cepat.
  8. Dapat meningkatkan kadar klorofil apabila larutan EM4 disemprotkan di daun.
  9. Dapat mempercepat proses fotosintesis.
  10. Larutan EM4 juga dapat membuat tanah menjadi lebih gembur akibat adanya aktivitas bakteri yang menguntungkan di dalam tanah.
  11. Dapat menekan atau mengurangi bau limbah.
  12. Dapat berfungsi sebagai pengikat nitrogen di udara.
  13. Meningkatkan keragaman mikroba yang menguntungkan di dalam tanah.
  14. Penggunaan larutan EM4 lebih baik dari penggunaan pupuk anorganik karena lebih ramah lingkungan, sehingga tidak akan mengakibatkan pencemaran lingkungan.
  15. Dapat mengurangi penggunaan pestisida dan pupuk kimia.
  16. Larutan EM4 dapat digunakan untuk semua jenis tanah dan semua jenis tanaman.

Kandungan EM4 Pertanian

Adapun bakteri-bakteri yang terkandung dalam larutan EM4 diantaranya adalah ;Bakteri Fotosintetik (Rhodopseudomonas Sp), Bakteri Asam Laktat (Lactobacillus Sp), ragi/yeast (Saccharomyces Sp)  , Actinomycetes Sp, dan jamur pengurai selulose (Aspergillus dan Penicilium).

Berikut penjelasan lebih lanjut mengenai, kandungan EM4:

  1. Bakteri Fotosintetik (Rhodopseudomonas Sp)

merupakan bakteri pembentuk zat-zat yang bermanfaat, seperti ; asam amino, asam nukleat, zat bioaktif yang berasal dari gas berbahaya dan juga gula, dimana zat-zat tersebut berguna untuk mempercepat pertumbuhan dan perkembangan tanaman.

  1. Bakteri asam laktat (Lactobacillus Sp)

Bakteri ini berguna untuk menekan pertumbuhan jumlah mikroorganisme (pathogen) yang terdapat di dalam tanah atau pada tubuh tanaman; dan mempercepat proses perombakan bahan organik.

  1. Ragi / Yeast (Saccharomyces Sp)

Ragi berfungsi untuk membentuk zat anti bakteri; ragi juga dapat menghasilkan zat berupa asam-asam amino dan gula yang dikeluarkan oleh bakteri fotosintetik melalui proses fermentasi, zat tersebut bermanfaat bagi pertumbuhan dan perkembangan tanaman; ragi juga menghasilkan zat-zat bioaktif yang berguna untuk meningkatkan jumlah sel aktif dan perkembangan akar.

  1. Actinomycetes

Microorganisme ini dapat menghasilkan zat-zat anti mikroba dari asam amino yang dihasilkan bakteri fotosintetik. Zat-zat anti mikroba  yang dihasilkan ini terbukti dapat menekan laju pertumbuhan jamur atau bakteri serta dapat pula meningkatkan kualitas tanah dengan cara meningkatkan aktivitas anti mikroba tanah.

  1. Jamur Fermentasi (Aspergillus dan Penicilium)

Jamur fermentasi digunakan untuk memfermentasi bahan organik tanah secara cepat untuk menghasilkan senyawa organik yang mudah diserap oleh akar tanaman. Jamur ini juga dapat membantu menghilangkan bau busuk dan mencegah serangga atau ulat-ulat yang dapat merugikan dan merusak tanaman dengan cara menghilangkan persediaan makanannya.

Karena mengandung mikroorganisme yang baik itulah, larutan EM4 ini tidak beracun dan ramah lingkungan sehingga tidak akan menimbulkan pencemaran lingkungan yang dapat merugikan bagi organisme lain di sekitarnya.

Penggunaan Larutan EM4

Larutan EM4 ini dapat digunakan pada berbagai jenis tanaman seperti sayur-sayuran, buah-buahan,ataupun bunga-bungaan. 
  1. Penggunaannya yaitu pada saat pengolahan lahan sebarkan larutan EM4 dipermukaan tanah.
  2. Pada saat proses penanaman, benih yang akan ditanam dimasukkan ke dalam lubang tanam, untuk kemudian disiram dengan larutan EM4.
  3. Lalu seminggu setelah proses penanaman dilakukan, semprotkan kembali larutan EM4 pada tanah dan tubuh tanaman setiap 1-2 minggu sekali dengan takaran perbandingan 10 ml larutan EM4/1 liter air bersih.

Demikianlah informasi Manfaat EM4 untuk Kesuburan Tanah dan kandungannya. Semoga bermanfaat bagi pembaca sekalian. Terima kasih banyak atas kunjungannya.

Kunjungi artikel terkait:

  1. Manfaat Buah Sirsak Untuk Kolesterol dan Kesehatan
  2. Manfaat Susu Kedelai untuk Kesehatan dan Ibu Hamil [Terbukti]
  3. Manfaat Pisang Ambon Bagi Kesehatan Tubuh
  4. Cara Membuat Teh Rosella dan Manfaatnya
  5. Cara Membuat Teh Daun Kelor Sendiri dan Manfaatnya Bagi Kecantikan

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *