Media Tanam Bunga Anggrek dan Jenis-Jenis Anggrek

Posted on

Media tanam bunga anggrek dan jenis-jenis anggreknuansa.web.id | Kunci keberhasilan dalam menanam dan memelihara anggrek adalah pengalaman, pengetahuan, serta ketelatenan, dalam memelihara salah satu jenis bunga yang selalu dipuji keindahannya ini. Anggrek dianggap sebagai tanaman hias yang tidak ada matinya bahkan harganya juga relatif stabil.

Daya tarik utama dari anggrek adalah dari bentuk bunga dan warnanya. Disamping itu bunganya juga tahan lama atau tidak mudah rontok sehingga bisa dinikmati dalam jangka waktu yang lama.

Media Tanam Bunga Anggrek

Berikut ini adalah media tanam yang baik untuk anggrek diantaranya:

  1. Pecahan batu bata atau genteng

cara menanam dan merawat bunga anggrek
Menanam anggrek di media pecahan genteng.

Media pecahan bata dan genteng baik digunakan sebagai tempat melekatnya akar, tempat menyimpan air, serta larutan unsur hara dan sebagai pengatur kelembaban di sekitar akar. Sehingga media ini sangat cocok digunakan sebagai media tanaman bunga anggrek.

Disamping itu, media ini juga tidak mudah lapuk dan mempunyai drainase dan aerasi yang cukup baik.

Media ini ditempatkan pada dasar pot sampai mengisi 1/3 bagian pot. Dibandingkan genteng, pecahan batu bata berdaya serap lebih besar. Namun pecahan batu bata lebih cepat ditumbuhi lumut dibandingkan dengan pecahan genteng. Dan jika media sudah ditumbuhi lumut sebaiknya media tanam segera diganti dengan yang baru.

  1. Batang pakis

media tanam bunga anggrek yang baik

Media batang pakis termasuk media yang paling populer bagi penggemar anggrek. Pasalnya batang pakis bersifat tidak mudah lapuk, memiliki daya pengikat air yang baik dan mempunyai kemampuan aerasi dan drainase yang baik pula. Supaya dapat berfungsi sebagai media tanam anggrek yang baik, ada beberapa hal yang perlu diperhatikan seperti:

  1. Sebelum batang pakis digunakan rendam dengan larutan pupuk NPK.
  2. Pakis yang digunakan di pot sebaiknya berupa potongan atau cincangan yang tidak terlalu halus, sebab potongan yang terlalu halus menyebabkan kelembaban tinggi yang berakibat menimbulkan penyakit busuk akar.
  3. Untuk menghindari inokulum, celupkan media tanam ke dalam larutan fungisida sebelum dipergunakan.
  4. Untuk mengusir hama serangga (semut dan lainnya), sebaiknya media tanam direndam dalam larutan insektisida.
  5. Saat menyimpan media pakis sebaiknya diangin-anginkan atau digantung, artinya jangan ditumpuk untuk menghindari hama semut.
  1. Serutan atau potongan kayu

cara menanam bunga anggrek dengan arang

Media tanam ini banyak digunakan untuk jenis bunga anggrek terestrial atau jenis bunga anggrek tanah. Media tanam ini memiliki sedikit unsur nitrogen. Namun serutan atau potongan kayu memiliki aerasi dan drainase yang baik.

Karena proses pelapukan nya berlangsung lambat, sebaiknya rendam terlebih dahulu dengan larutan pupuk urea dan TSP sebelum menggunakan media serutan kayu. Untuk mencegah munculnya hama penyakit pada media tanam jenis ini, tambahkan larutan pestisida pada saat perendaman dengan pupuk. Media tanam serutan kayu bisa disimpan dalam karung atau pada tempat yang kering.

  1. Sabut kelapa

cara menanam anggrek dengan sabut kelapa

Sabut kelapa merupakan media tanam bunga anggrek yang mempunyai daya simpan air yang sangat baik, bahkan mengandung unsur hara yang diperlukan tanaman. Harga media tanaman ini cukup murah dan mudah diperoleh.

Jika sobat menginginkan sabut kelapa sebagai media tanaman bunga anggrek, usahakan pilih sabut kelapa yang sudah tua dan dipotong-potong sesuai dengan ukuran pot.

Hanya saja, kelemahan media sabut kelapa adalah mudah lapuk atau busuk. Jadi untuk menghindarinya, cukup rendam media sabut kelapa dengan larutan fungisida sebelum digunakan. Media ini sebaiknya disimpan di tempat yang kering dan sejuk.

  1. Arang kayu

media tanam bunga anggrek dengan arang

Media arang kayu memang tidak mudah lapuk atau ditumbuhi cendawan dan bakteri, namun harganya relatif mahal dan hanya sedikit kandungan unsur haranya.

Media arang kayu bersifat bufer, artinya meskipun kelebihan dosis pupuk namun masih bisa ditolerir.

Cara penggunaannya adalah, rendam terlebih dahulu dalam larutan pupuk NPK. Tambahkan larutan fungisida untuk menghambat tumbuhnya jamur pada media arang kayu. Cara penyimpanannya masukkan ke dalam wadah atau ditempat yang kering.

  1. Lumut

cara menanam dan merawat anggrek

Media tanam jenis lumut bersifat dapat mengatur kelembaban, sehingga akar tanaman bunga anggrek tidak mudah busuk. Lumut atau biasa disebut dengan moss termasuk awet karena bisa digunakan selama 1 tahun. Cara menggunakannya rendam dengan larutan fungisida untuk mencegah serangan penyakit, simpan pada wadah atau tempat yang kering.

Jenis-jenis bunga anggrek

  1. Jenis bunga anggrek hitam

jenis bunga anggrek hitam

Anggrek hitam memiliki nama ilmiah (coelogyne pandurata) adalah jenis anggrek yang banyak terdapat di Kalimantan dan Sumatera. Nama anggrek hitam disematkan karena jenis ini memiliki lidah atau labellum yang berwarna hitam dan sedikit berbulu.

  1. Anggrek jenis cattleya

Anggrek Jenis Cattleya

Bunga anggrek cattleya adalah anggrek yang bersifat epifit. Jenis bunga anggrek ini berasal dari Costa Rika, namun juga banyak ditemukan di Indonesia. Ciri khas anggrek jenis cattleya adalah, hanya membutuhkan sinar matahari selama 4 sampai 5 jam. Artinya anggrek cattleya tidak baik jika terkena sinar matahari langsung sepanjang hari.

  1. Anggrek selop

jenis bunga anggrek selop

Jenis anggrek selop adalah termasuk tanaman endemik di Jawa Timur. Nama latin anggrek selop yaitu paphiopedilum glaucophyllum yang bisa ditemukan di kawasan selatan Gunung Semeru Jawa Timur.

  1. Jenis anggrek bulan

jenis anggrek bulan

Jenis anggrek bulan dengan nama latin phalaenopsis amabilis tidak begitu menyukai sinar matahari, sehingga banyak diletakkan di dalam ruangan yang tidak terkena sinar matahari secara langsung.

Jenis anggrek bulan memiliki aroma yang sangat harum dan bunganya mekar lebih lama dibandingkan bunga anggrek yang lainnya.

5.Anggrek Monyet

jenis anggrek monyet

Saat kita melihat sekilas bunga anggrek monyet, kita sudah bisa langsung melihat keunikannya, yaitu bentuk bunganya yang mirip dengan rupa monyet. Habitat bunga anggrek monyet berada pada ketinggian 2000 meter dengan suhu 27 derajat celcius.

  1. Anggrek serat

jenis bunga anggrek serta

Bunga anggrek serat adalah bagian dari kehidupan flora di Indonesia tepatnya di Sulawesi Tenggara. Bunga anggrek serat memiliki nama ilmiah dendrobium utile dan dalam bahasa Sulawesi dinamakan anomi. Tumbuhan bunga anggrek serat memiliki umbi semu yang mengandung serat dan dimanfaatkan untuk menjadi bahan anyaman. Oleh karena itu dinamakan anggrek serat.

  1. Anggrek hartinah

jenis bunga anggrek hartinah soeharto

Bunga anggrek hartinah juga dikenal dengan sebutan anggrek Tien Soeharto. Bunga ini memiliki nama ilmiah cymbidium hartinahianum. Anggrek ini termasuk tumbuhan endemik Indonesia yang hanya bisa tumbuh pada wilayah tertentu saja, yaitu di Sumatera Utara.

  1. Jenis anggrek bulan bintang

jenis bunga anggrek bulan bintang

Anggrek bulan bintang memiliki nama ilmiah paraphalaenopsis denevei ,berasal dari daerah Kalimantan. Anggrek ini bisa ditemukan di pohon dekat aliran sungai atau pada dataran rendah.

  1. Anggrek sikat gigi

jenis anggrek sikat gigi

Anggrek sikat gigi memiliki nama ilmiah dendrobium secundum. Tumbuhan ini termasuk jenis anggrek yang ada di dataran rendah.

  1. Anggrek kebutan

jenis bunga anggrek kebutan

Bunga anggrek kebutan memiliki nama ilmiah ascocentrum miniatum adalah termasuk spesies anggrek yang bisa ditemukan di beberapa wilayah Asia Tenggara seperti Indonesia (Pulau Jawa, Sumatera), Laos, Malaysia dan Fhilipina.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *