Pupuk Untuk Pohon Mangga Agar Cepat Berbuah

Posted on
5.0
03

pupuk pohon mangga

Pupuk Untuk Pohon Mangga Agar Cepat Berbuah Ada beberapa rekomendasi pupuk untuk tanaman mangga, yang terbukti ampuh dalam mempercepat tumbuh bunga dan buah pada pohon mangga.

Pada artikel ini sobat akan mengetahui Pupuk apa saja yang cocok untuk pohon mangga, kemudian cara menakar dosis ZPT atau pupuk untuk pohon mangga yang pas itu seperti apa. Penasaran ? Yuk disimak..

Sebenarnya, pupuk tanaman mangga bisa berupa pupuk anorganik dan organik. Namun lebih diutamakan pemberian pupuk yang sesuai dosis akan membuat tumbuh tanaman semakin baik.

Jenis mangga yang paling terkenal adalah mangga madu, mangga harum manis, mangga apel, mangga Indramayu dan jenis mangga lainnya. Cara yang paling sering digunakan untuk menanam pohon mangga adalah dengan cara dicangkok, karena diyakini bahwa pohon akan cepat berbuah.

Cara Menanam Mangga Agar Cepat Berbuah

Dimulai dari persiapan bibit mangga yang bisa kalian temukan di toko – toko penjualan tanaman taman atau buahan yang ada disekitar rumah, atau bisa juga kalian mencangkoknya sendiri dengan mencari pohon – pohon yang kalian anggap bagus untuk dicangkok.

Setelah bibit ada maka siapkan tempat atau lahan dan lahan tersebut itu dibersihkan 5 dari tanaman bawah yang mengganggu dan di gemburkan.

Buat lubang tanam berbentuk segi empat yang ukuran setiap lubangnya itu 1 m tiap sisinya dan jarak tanam antar bibit 10 m. Kemudian, gali tanah dan dibagian bawahnya diberikan pupuk kandang atau kompos kemudian ditutup kembali lubangnya.

Ketika ingin menanam bibit mangga tersebut robek polybag dan masukan tanah beserta bibit kedalam lubang, kemudian di tutup kembali dengan tanah.

Pohon mangga setelah ditanam akan berbuah pada umur 1 hingga 1,5 tahun dari awal memindahkan bibit dari polybag ke tanah. Pohon mangga menyukai struktur tanah yang sedang dan tidak lembab. Jangan lupa untuk melakukan penyiraman pohon yang dilakukan sebanyak 2x sehari yaitu pagi dan sore hari.

Baca juga:

  1. Cara Mencangkok Pohon Mangga Agar Cepat Berbuah  
  2. Cara Pemangkasan pada Pohon Mangga
  3. Cara Budidaya Tabulampot Mangga Cepat Berbuah
  4. Manfaat Mangga Untuk Ibu Hamil

Cara Pengaplikasian Dosis Pupuk Perangsang Buah Mangga

Tidak hanya manusia, pohon juga memerlukan banyak nutrisi agar menghasilkan buah yang lebat. Pupuk yang dianjurkan untuk pohon mangga agar cepat berbuah adalah pupuk NPK dengan dosis 0,25 kg per pohonnya.

Selain pupuk NPK, kalian bisa menambahkan pupuk yang memiliki kandungan kalium dan fosfor untuk mencegah bakal buah mangga rontok dan merangsang tumbuhnya bunga.

ZPTpupuk pohon mangga harum manis

Jika tadi kita sudah mengaplikasikan pupuk NPK dan tidak berhasil, mungkin kalian juga harus mengaplikasikan ZPT (Zat Pengatur Tumbuh). Pengaplikasian pupuk ini bertujuan untuk merangsang pohon mangga agar cepat mengahasilkan bunga hingga berbuah lebat, meskipun belum masuk musimnya.

Untuk memunculkan bunga diluar musim kalian bisa menggunakan Potasium Klorat (KClO3), Auxin, NAA, dan Gibberelin.

  • Potasium Klorat (KClO3) pengaplikasian ini akan memicu tumbuhnya bunga jika diaplikasikan dalam takaran yang tepat.
  • Auxin, berfungsi untuk merangsang pembentukan bunga dan buah, pertumbuhan sel, mencegah gugur daun dan buah, dan merangsang pertumbuhan pada akar dan stek batang. Auksin sendiri sangat jarang kita temukan di pasaran dan juga harganya juga mahal.
  • NAA (Naphthyl Acetic Acid/Asam Naftali Asetat). ZPT jenis ini berfungsi untuk merangsang pembungaan yang tumbuhnya serempak pada pohon mangga. NAA dapat disemprotkan ke seluruh bagian tanaman terutama pada stomata daun.
  • Gibberelin, ZPT berfungsi membuat tanaman berbunga sebelum waktunya, mempercepat tumbuhnya biji dan tunas dan membuat buah berukuran besar tanpa biji. Sama halnya seperti auxin,  Gibberelin jarang ditemui dan harganya. Gibberelin dan Auksin cocok untuk tanaman semusim seperti tomat, cabe, melon, dan juga semangka.

Paklobutrazol

pupuk untuk pohon mangga agar cepat besar

ZPT jenis Paklobutrazol adalah hormon yang fungsinya untuk menghentikan pertumbuhan vegetatif  pada tanaman sehingga dapat merangsang pada pembungaan. Kondisi tanaman mangga yang hendak dikasih ZPT harus dalam kondisi yang baik dan sehat, sudah berproduksi dan tidak ada tumbuhnya tunas pada tanaman. Paklobutrazol ini zat yang berupa serbuk. Pengaplikasian ZPT Paklobutrazol adalah untuk merangsang pembuahan pada pohon mangga dapat dilakukan dengan cara disiram atau disemprotkan. Caranya adalah seperti berikut ini :

  1. Buatlah parit terlebih dahulu di sekeliling pohon mangga yang dalamnya 10 cm dan jarak parit sama pohon adalah 1 – 1,5 m.
  2. Sediakan air bersih untuk 1 pohon yaitu 3 hingga 4 liter.
  3. Kemudian masukkan 10 – 15 cc / liter Paklobutrazol kedalam air yang telah disiapkan.
  4. Setelah itu, siram atau semprotkan larutan Paklobutrazol ke parit yang dibuat hingga rata.
  5. Tutup kembali parit yang telah disiram atau disemprotkan oleh Paklobutrazol dengan tanah.

Baca juga:

  1. Cara Membuat Pupuk Kompos dari Daun Kering
  2. Cara Pemupukan Timun Yang Baik [Serta Dosis Pupuknya]
  3. Cara Budidaya Kacang Hijau + Pupuk Yang Baik dan Benar

KNO3

cara pemupukan pohon mangga agar cepat berbuah

ZPT jenis KNO3 sering digunakan untuk merangsang pembuahan pada jenis mangga arumanis. Caranya pengaplikasiannya  sebagai berikut:

  • 2 gram KNO3 dilarutkan kedalam 1 liter air.
  • Kemudian larutan tersebut disemprotkan ke seluruh bagian tanaman secara merata. Penyemprotan ini berfungsi untuk menginisiasi pembungaan.
  • Penyemprotan ZPT jenis KNO3 dilakukan setelah 1 bulan pengaplikasian ZPT jenis Paklobutrazol.

Terlepas dari ZPT tanaman mangga juga harus diberi pemupukan dan tetap dilakukan penyiraman karena proses penyiraman menjadi salah satu faktor yang paling penting untuk proses tumbuhnya tanaman.

Memberikan ZPT juga tetap harus dibatas wajar, jika diberikan secara berlebihan hanya untuk mendapatkan pohon mangga cepat berbuah dan ZPT diberikan dengan dosis yang sangat banyak, pada akhirnya tanaman mangga tersebut menjadi bantet dan pendek, sehingga pengaplikasian ZPT harus dibarengi dengan menggunakan Paklobutrazol.

Pemberian pupuk menjadi faktor yang sangat penting agar tanaman yang ditanam dapat berproduksi secara optimal karena proses produksi dan pertumbuhan tanaman tersebut sangat dipengaruhi oleh adanya unsur hara atau ketersediaan nutrisi yang sangat dibutuhkan oleh tanaman.

Pupuk yang dipakai yang memiliki kandungan unsur hara yang sesuai kebutuhan pada tanaman untuk fase generatif.

Berikut jenis – jenis pupuk dan cara penerapannya untuk merangsang pembuahan pada pohon mangga.

  1. Pupuk NPK, cara penerapannya dosis NPK yang dosisnya 2 kg bisa diterapkan dengan cara memberi pupuk tersebut ke pohon mangga saat bakal buah mangga tersebut masih sebesar biji kacang tanah.
  2. Pupuk KCl 0,5 kg, pupuk ZA 0,5 kg dan NPK 3 kg digabung menjadi 1, kemudian cara penerapannya adalah memberikan pupuk tersebut dengan cara menaburkan pupuk tersebut secara melingkar 1,5 m dari pohon mangga tersebut.
  3. Pupuk Kandang, cara penerapan pupuk ini dengan dosis sebesar 50 kg adalah dengan memberikannya kepada pohon mangga yang berumur 1 minggu setelah buah mangga dipanen.

Masuk ke tahap yang lain nih. Ada banyak cara nih sebenarnya jika tidak dapat membeli ZPT atau pupuk untuk pohon mangga, yaitu :

  1. Melakukan pruning atau pemangkasan pada daun, ranting atau cabang hingga hanya menyisakan beberapa saja di pohon. Pemangkasan ini bertujuan untuk mengurangi dahan yang menghalangi cahaya matahari sehingga nutrisi yang dihasilkan oleh tanaman dapat fokus dalam memproduksi bunga.
  2. Cara lainnya adalah dengan meluai kulit kayu, bisa dengan memaku, mengiris atau mengerok kulit kayu pohon mangga. Cara ini hampir sama dengan cara yang diatas.
  3. Membuat stressing Cara ini mungkin agak berisiko karena jika telat akan mengakibatnya tanaman mati. Stressing air adalah cara untuk tidak menyiram tanaman hingga mencapai titik layu permanen, setelah mencapai titik permanen kemudian dibuat penggenangan pada perakaran hingga pangkal batang dengan tiba – tiba sampai tanaman tersebut jenuh air dalam kurun waktu tertentu.
  4. Atau bisa dengan cara mengikat pohon dengan kawat, sehingga mengkibatkan adanya penumpukan di percabangan yang disebabkan oleh transpor hasil fotosintesa pembuluh floem terhambat. Akibatnya merangsang tumbuhnya bunga pada pohon mangga.
  5. Yang terakhir bisa dengan mengerat kulit pohon secara melingkar di sepanjang lingkaran pohon hingga terlihat kulit kayu pada pohon mangga. Cara ini berfungsi untuk menghambat pengangkutan pada zat makanan sehingga menyebabkan penumpukan zat makanan tersebut yang akan memicu tumbuhnya bunga.

Dari ke – 5 cara tersebut yang paling banyak digunakan adalah cara nomor pertama, karena cara tersebut terbukti dianggap paling mudah dan praktis. Cara pamangkasan juga bertujuan agar pohon dipenuhi cabang – cabang muda yang siap berproduksi.

Note

Demikianlah tadi informasi tentang Pupuk Untuk Pohon Mangga Agar Cepat Berbuah  yang bisa kami berikan. Terimakasih atas kunjungannya. Jangan lupa share artikel ini supaya bisa bermanfaat juga bagi teman-teman kita. 🙂

Tinggalkan komentar sobat pada kolom yang sudah disediakan. Wassalamualaikum wr.wb.

Kunjungi artikel terkait:

  1. Cara Menanam Melon Dari Biji
  2. Cara Menanam Daun Pandan Wangi
  3. Cara Pemupukan Cabe Sistem Kocor
  4. Cara Pemangkasan Tanaman Lada
  5. Cara Mencangkok Pohon Jeruk

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *