Cara Pemupukan Singkong

Posted on
Cara Pemupukan Singkong
5 (100%) 14 votes
cara pemupukan singkong
otcdigest.id

Nuansa.web.id | Cara Pemupukan Singkong – Assalamu’alaikum wr.wb sahabat pembaca. Bagaimana kabarnya untuk hari ini ? Semoga semua sahabat pembaca dalam keadaan sehat. Jangan lupa untuk bersyukur ya kepada Sang Pencipta (Tuhan Yang Maha Esa).

Sekilas Tentang Singkong

Sudah tidak asing bukan dengan tanaman singkong ini ? Setelah nantinya sahabat  pembaca membaca artikel ini, sahabat pembaca akan mendapatkan tambahan ilmu atau pengetahuan lagi tentang cara pemupukan singkong dengan baik dan benar beserta pupuk-pupuk apa saja yang tepat untuk digunakan.

Sahabat pembaca sebelum membahas cara memupuk singkong, tidak ada salahnya kita mengulas kembali tentang tanaman singkong.

Singkong atau biasa disebut ubi kayu merupakan salah satu jenis tanaman tropis yang biasa dimanfaatkan oleh masyarakat sebagai salah satu makanan cemilan. Singkong juga bisa dijadikan sebagai pengganti beras atau tiwul. Tanaman ini termasuk ke dalam jenis tanaman tropis sehingga dapat tumbuh subur di Indonesia.

Sahabat pembaca, singkong juga merupakan komoditas yang dinilai memiliki nilai ekonomi yang menjanjikan. Hal ini karena, singkong merupakan bahan baku utama pembuatan tepung tapioka. Singkong merupakan tanaman yang mudah untuk dibudidayakan, dan bisa ditanam di lahan yang kurang subur.

Selain mudah untuk dibudidayakan, resiko gagal panen sangat kecil dibanding komoditas lain. Seperti yang kita ketahui sahabat, tanaman singkong dikenal cukup rakus dalam penyerapan nutrisi terutama dalam proses pembuatan zat pati/sagu.

Hal ini tentu menyebabkan tanah menjadi tandus jika ditanami singkong secara terus-menerus. Untuk mengatasi hal ini, penting untuk menjaga tingkat kesuburan tanah, selain melakukan pengolahan tanah dan pemupukan, perlu juga melakukan pergantian dengan komoditas lain.

Baca juga:

  1. Pupuk Untuk Pohon Mangga Agar Cepat Berbuah
  2. Cara Membuat Pupuk Kompos dari Daun Kering
  3. Cara Membuat Arang Sekam Padi Sebagai Pupuk

Jenis pupuk untuk tanaman singkong

waktu pemupukan singkong yang tepat

Sahabat pembaca, jenis pupuk yang digunakan untuk tanaman singkong adalah jenis pupuk organik, seperti contohnya pupuk kandang, pupuk hijau, pupuk organik cair, maupun pupuk kompos. Fungsinya untuk memperbesar umbi singkong.

Penggunaan pupuk dari bahan organik ini berfungsi untuk menegmbalikan sifat tanah dan juga memperbaiki struktur tanah nantinya. Hal ini dikarenekan dalam praktek tanah secara terus menerus nantinya bisa mengurangi cadangan total karbon dan juga nitrogen dari dalam tanah.

Sementara untuk pupuk an-organik yang dibutuhkan oleh tanaman singkong ialah Urea, TSP, KCL dan juga NPK. Sementara itu untuk kapur dan juga Dolomit diberikan jika memang tanaman membutuhkan. Bagai lahan yang memiliki riwayat terserang jamur upas, maka perlu diberikan 3 ton dolomit untuk 1 hektar tanaman singkong.

Dosis Pupuk Tanaman Singkong dalam 1 Hektar

Untuk pemberian pupuk pada tanaman singkong ini tergantung dari tingkat kesuburan tanah yang digunakan untuk menanam. Untuk pupuk organik ini dalam 1 hektar membutuhkan sekitar 15-20 ton.

Sementara untuk pupuk kimia dalam 1 hektar lahan membutuhkan sekitar 200 kg – 500 kg. Sementara dosis kapur dolomit dalam 1 hektar lahan ini menyesuaikan kebutuhan saja. Berikut ini ricncian dosis pupuk tanaman singkong untuk lahan seluas 1 hektar.

  • Urea                : 120-300 kg/Ha
  • TSP                 : 30-75 kg/HA
  • KCL                : 50-125 kg/Ha

Jika menggunakan pupuk NPK Phonska:

  • NPK Phonska : 120-300 kg/Ha
  • Urea : 80-200 kg/Ha

Cara Pemupukan Dasar Tanaman Singkong

  1. Pupuk Dasar

Sahabat pembaca, jika kita ingin mendapatkan kualitas tanaman singkong yang lebih baik, maka harus memperhatikan waktu pemupukan singkong dan juga hal berikut ini cara pemupukan singkong sebagai pupuk dasar yang bisa kita lakukan :

  • Setelah lahan dibajak, silakan menaburkan kapur dolomit secara merata pada lahan yang telah disiapkan
  • Kemudian, susul dengan menaburkan pupuk kandang sebanyak 15-20 ton/Ha
  • Jika sudah sampai 7-10 hari, maka selanjutnya taburkan pupuk nonorganik, dengan dosis TSP dan 1/3 dosis Urea (40/100kg), KCL (16,6 – 41,6 kg), atau 1/3 dosis NPK Phonska dan Urea.
  • Selanjutnya, silakan bajak ulang lahan tanam tadi agar pupuk dapat tercampur secara rata sengan tanah. Tunggu 10-15 hari barulah tanaman singkong siap untuk ditanam.
  1. Dosis dan jenis pupuk susulan pertama untuk tanaman singkong

Untuk pemberian pupuk susulan pertama ini, dilakukan setelah tanaman singkong berumur 1 bulan, untuk pupuknya adalah KCL dengan dosis ½ dari pupuk yang tersisa tadi.

  • Ambil pupuk KCL dengan dosis 16,6 – 41,6 kg/Ha
  • Kemudian, taburkan pupuk ini dengan + jarak 30 cm dari batang tanaman
  1. Dosis dan jenis pupuk susulan kedua untuk tanaman singkong

Untuk pemberian pupuk susulan kedua ini setelah tanaman singkong berusia 3 bulan setelah tanam. Untuk pemberian pupuknya menggunakan KCL yang masih tersisa tadi.

  • Ambil pupuk KCL dengan dosis 16,6 – 41,6 kg/Ha
  • Taburkan pupuk dengan jarak + 40 cm dari batang singkong
  • Setelah itu, silakan lakukan pembubunan atau pendangiran
  • Jika lahan yang dimiliki rawan dengan jamur upas, maka beberapa hari setelah pembubunan silakan taburkan dolomit sebanyak 3 ton/ Ha
  1. Dosis dan jenis pupuk susulan ketiga untuk tanaman singkong

Untuk pemberian pupuk susulan ketiga ini dilakukan setelah tanaman singkong berukuran 5 bulan. Pupuk yang diberikan adalah Urea sebanyak 80 – 200 kg/Ha. Pupuk tersebut ditaburkan secara merata di sekitar batang singkong (tidak terlalu dekat).

Informasi tambahan

Pemberian ZPT untuk meningkatkan produksi singkong

Sahabat pembaca, ada cara untuk meningkatkan produksi singkong yakni dengan memanfaatkan ZPT. Cara menggunakannya pun cukup mudah, yaitu dengan merendam batang singkong sebelum ditanam dalam larutan ZPT yang dicampur dengan air bersih, untuk perbandingannya adalah 1:8.

Kemudian, rendam batang singkong selama 24 jam, lalu tiriskan dan diamkan hingga muncul calon akar setelah itu baru bibit singkong siap ditanam.

Note

Demikianlah tadi informasi tentang Cara Pemupukan Singkong  yang bisa kami berikan. Terimakasih atas kunjungannya. Jangan lupa share artikel ini supaya bisa bermanfaat juga bagi teman-teman kita. ?

Tinggalkan komentar sobat pada kolom yang sudah disediakan.

Artikel terkait:

  1. Cara Pemupukan Timun Yang Baik
  2. Cara Budidaya Kacang Hijau + Pupuk Yang Baik dan Benar
  3.  Jenis Pupuk Pepaya Yang Bagus Agar Berbuah Lebat 
  4. Manfaat dan Kegunaan EM4 Untuk Pupuk Tanaman Cabe 
  5. Cara Merawat Bunga Anggrek Bulan [Tanaman Hias]

One thought on “Cara Pemupukan Singkong

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *