Cara Pembuatan Kandang Bebek Petelur [Batrei, Ranch dan Postal]

Posted on
Cara Pembuatan Kandang Bebek Petelur [Batrei, Ranch dan Postal]
1 (20%) 1 vote

Nuansa.web.id | Cara membuat kandang bebek petelur modern dan sederhana – Sahabat setia pembaca, ulasan kali ini akan membantu sobat untuk mengetahui jenis kandang yang sesuai dengan keadaan lingkungan, bagaimana ukuran yang pas, dan cara pembuatannya.

Bebek petelur merupakan salah satu dari jenis unggas lainnya. Bebek petelur banyak dibudidayakan di masyarakat, karena bebek petelur ini dihitung sangat menguntungkan dengan telur-telur yang dihasilkannya.

Oh iya sahabat, sebelumnya mimin akan sedikit kasih info tentang jenis-jenis bebek terlebih dahulu. Nah berikut jenis-jenis bebek berdasarkan kegunaannya :

Bebek tipe petelur

  • Tubuh relatif kecil
  • Leher panjang
  • Berjalan tegak (kurang lebih sekitar 45°)
  • Umunya mulai bertelur sekitar berusia 6-7 bulan

Bebek tipe pedaging

  • Tubuh terlihat besar
  • Leher pendek dan berjalannya tidak begitu tegak
  • Membutuhkan asupan gizi yang tinggi (karena dimanfaatkan dagingnya)
  • Pertumbuhannya sangat cepat

Bebek tipe hias atau ornamental

  • Tubuh nya relatif sedang
  • Memiliki bulu yang halus dan indah
  • Induknya cenderung memiliki sifat mengerami telurnya sendiri
  • Pertumbuhannya sangat cepat

Sahabat pembaca, ingat bahwa pokok bahasan kali ini adalah tentang jenis-jenis kandang bebek petelur dan cara membuatnya ya.

Jenis kandang bebek, yaitu;

  1. Kandang Baterai

jenis kandang bebek batrei

Kandang jenis ini bisa disebut juga sebagai kandang kurungan atau kandang box. Kandang baterai ini dilihat dari segi bentuknya hampir mirip dengan kandang ayam petelur biasanya. Untuk diketahui bahwa ukuran kandang jenis baterai ini berukuran sekitar 50cm x 50cm x 45cm. Kandang baterai ini bisa dibuat dari bilah bambu atau bisa juga dari rangka kawat.

Berikut cara pembuatan secara rincinya.

Yang perlu disiapkan,

*Bahan konstruksi

Untuk pemilihan bahan konstruksi dapat menggunakan bahan dari kawat besi atau dari bambu, disesuaikan dengan jangka waktu penggunaannya.

*Ukuran kandang

Nah untuk ukuran kandang disesuaikan dengan lahan pemilik ternak. Namun untuk ukuran sekatnya sendiri biasanya menggunakan ukuran standar.

Yaitu ukurannya :

Panjang40 cm
Lebar40 cm
Tinggi depan37 cm
Tingi belakang37 cm

Dengan ukuran standar tersebut, maka lantai kandang akan memiliki kemiringan sebesar 15°. Fungsinya agar telur bebek langsung terkumpul dengan sendirinya. Nah dengan begini kita tidak perlu khawatir telur akan terinjak oleh bebek.

*Fasilitas tempat pakan dan minum

Untuk fasilitas ini kita dapat menggunakan kayu atau juga talang. Namun sekarang ini akan lebih mudah jika menggunakan pipa pvc yang dijual di toko-toko bangunan.

Selain mudah ditemukan, penggunaan pipa ini juga lebih mudah sebab bentuk dari pipa itu sendiri sudah lengkung atau setengah lingkaran. Begitu juga dengan tempat air minum nya.

Cara membuatnya yaitu dengan membelah pipa menjadi 2 bagian, sehingga pipa berbentuk lengkung atau setengah lingkaran.

Dan cara memasangnya yaitu dengan posisi pipa tempat air minum berada di atas pipa tempat pakan. Hal ini bertujuan supaya sisa-sisa pakan ynag terbuang tidak jatuh ke tempat minum sehingga tetap minum akan tetap bersih.

*Konstruksi kandang

Konstruksi kandang yang ideal adalah berbentuk tingkat menyerupai huruf A. Bisa 3 tingkat ataupun 4 tingkat. Namun yang ideal adalah 3 tingkat. 2 di kanan, 2 di kiri, dan 1 di atas.

Dengan model seperti ini, kotoran bebek yang berada di atas tidak akan jatuh ke dalam kandang di bawahnya, sehingga kebersihan kandang tetap terjaga.

Jarak kandang baterai yang posisnya di paling bawah adalah 1,25 meter atau 1,5 meter dari permukaan tanah. Ini bertujuan untuk memudahkan proses pembersihan kotorannya.

Perlu diperhatikan bahwa kandang dibuat ke arah Barat dan Timur agar kandang mendapatkan pencahayaan yang cukup.

Dan untuk atapnya bisa menggunakan genteng atau asbes.

  1. Kandang Postal

cara membuat kandang bebek sederhana

Kandang postal ini berbeda dengan kandang baterai, karena kandang ini dapat diisi lebih dari satu itik. Untuk satu kandang saja, populasi itik bisa sampai ratusan hingga ribuan ekor bebek tergantung luas kandang yang dibuat. Jenis kandang ini letak tempat makan dan minumnya berada di dalam kandang, sehingga dapat menghemat penggunaan tempat. Kandang postal ini memiliki tinggi lebih dari 2 meter, yang tujuannya yaitu untuk memudahkan saat pengambilan telur, membersihkan kandang dan pemberian makanan ternak.

Berikut cara pembuatannya.

*Bahan Pembuat Kandang

Gunakan balok kayu seperti batang pohon kelapa untuk dijadikan tiang penyangga kandang.

Kemudian, penyangga atapnya terbuat dari bilah bambu atau lembaran kayu. Serta untuk dindingnya dibuat dengan anyaman bambu dan sekat-sekat kandang dapat menggunakan bilah bambu, lembaran seng, atau triplek.

*Atap  Kandang

Untuk bagian atap kandang jenis ini dapat menggunakan genting, sebab dengan menggunakan genting akan terhindar dari kebocoran, bertahan lama, dan daya refleksi terhadap sinar matahari bagus.

Tak lupa agar atap ditata dengan kemiringan tertentu agar suhu kandang tidak terlalu panas.

*Dinding Kandang

Dinding kandang  ini dapat terbuat dari belahan-belahan bambu yang dianyam dan tak lupa untuk menyiadakan ventilasi udara, agar kebutuhan oksigen bebek terpenuhi.

*Tinggi Kandang

Tinggi kandang  yang akan dibua disesuaikan dengan besar dan luasnya kandang. Ketinggian standarnya yaitu  dari lantai hingga atap teratas sekitar 6-7 meter, dan dari lantai hingga atap terendah sekitar 3,5 hingga 4 meter.

*Ventilasi Kandang

Lubang-lubang ventilasi dibuat pada semua sisi dinding kandang, agar sirkulasi udara lancar.

*Arah Kandang

Untuk arah kandang, bisa menghadap ke timur dan barat agar kandang selalu mendapatkan sinar matahari yang cukup.

*Lantai Kandang

Biasanya kandang postal menggunakan system litter dengan lantai yang ditaburi sekam, serbuk gergaji maupun limbah jerami padi.

  1. Kandang Ranch

Kandang ranch atau biasa disebut kandang rak merupakan jenis kandang yang sering digunakan saat ini. Kandang ranch adalah hasil modifikasi dari kandang postal, yaitu dengan tambahan tempat umbaran atau tempat bermain. Dengan begitu kandang ranch ini disebut juga sebagai kandang umbaran. Selain itu, tipe kandang ini juga diberi kolam untuk tempat bebek membersihkan diri atau untuk mendinginkan diri saat siang hari dengan berendam.

Berikut cara pembuatannya.

*Membuat tempat bermain

Pagari area tempat bermain menggunakan bilah bambu. Untuk ukurannya bisa disesuaikan dengan banyak nya ternak. Selain itu, sediakan tempat makan dan minum ternak yang biasa terbuat dari bambu. Kemudian buatkan kolam untuk berendam bebek.

*Membuat tempat bertelur

Buatkan kandang istirahat atau berteduh bebek dengan beralaskan jerami.  Untuk atap bisa menggunakan genteng atau asbes. Kemudian, untuk penyangganya dibuat dari kayu atau bambu.

Setelah itu, buatkan pembatas dengan pagar bambu untuk membatasi tempat bermain dan tempat bertelur setinggi 50cm – 60cm.

Demikianlah Cara Pembuatan Kandang Bebek Petelur [Batrei, Ranch dan Postal]. Semoga bermanfaat bagi pembaca sekalian. Terima kasih banyak atas kunjungannya.

Kunjungi artikel terkati:

  1. Cara Budidaya Jamur Kancing Media Kardus di Rumah Sendiri
  2. Cara Membuat Briket dari Serbuk Kayu Gergaji (Peluang)
  3. Cara Fermentasi Kotoran Kambing Dengan EM4
  4. Umpan Pancing Lele (Mantap)
  5. Cara Membuat Tauge Tumbuh Cepat [Gemuk dan Putih]